Penyebab Dan Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

tubuh kurus

tubuh kurus

Manusia memang mahluk yang kompleks. Tidak sedikit orang yang ingin memiliki tubuh kurus karena merasa susah untuk menurunkan berat badannya. Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang kurus yang justru ingin memiliki tubuh yang gemuk.

Menurut beberapa ahli kesehatan dan ahli gizi, sama seperti cara menurunkan berat badan, menaikkan berat badan juga harus dilakukan dengan baik dan benar agar orang yang bertubuh kurus bisa memiliki tubuh yang gemuk dan menjadi lebih sehat.

Menaikkan berat badan dari kurus menjadi gemuk, sebenarnya sama susahnya dengan menurunkan berat badan dari gemuk ke kurus. Cara yang paling baik agar orang kurus bisa menjadi gemuk secara alami adalah dengan menambah jumlah kalori dalam asupan makanan yang dikonsumsi.

Orang yang kurus bisa menjadi gemuk hanya dengan mengasup makanan yang tinggi kalori. Namun tetap memiliki nilai gizi yang baik untuk kesehatan.

Makanan yang tinggi kalori dengan banyak gula maupun lemak merupakan kalori kosong yang berbahaya sehingga perlu untuk dihindari. Jenis makanan tinggi kalori namun kosong nutrisi, seperti minuman bersoda, keripik serta permen. Makanan seperti itu jutru akan membahayakan kesehatan.

Nilai gizi dalam makanan yang dikonsumsi akan memberikan perbedaan yang signifikan dalam usaha menaikkan berat badan. Jadi, perbanyak asupan makanan yang mengandung kalori serta mengandung vitamin, mineral dan berbagai nutrisi penting lainnya yang baik untuk tubuh.

Memiliki tubuh yang ideal, tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus, tentunya merupakan impian semua orang. Dengan tubuh yang ideal, maka kita akan merasa lebih percaya diri dalam pergaulan maupun dalam bersosialisasi.

Berat badan yang ideal, seharunya diseuaikan dengan tinggi badan anda. Banyak orang yang memiliki malasah dengan berat badan. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal, selain menambah asupan kalori juga perlu meningkatkan massa otot. Bukan meningkatkan lemak tubuh.

Ada beberapa penyebab mengapa orang yang kurus tidak bia gemuk:

  • Genetika
orang yang bertubuh kurus

orang yang bertubuh kurus

Genetika atau keturunan juga ikut berperan dalam berat badan seseorang. Bila anggota keluarga anda banyak yang bertubuh kurus, bisa jadi penyebab anda kurus adalah faktor genetika. Namun, hal seperti biasanya akan berubah dengan sendirinya. Anda masih bisa gemuk suatu saat nanti.

  • Gangguan metabolisme

Orang yang kurus memiliki proses metabolisme tubuh yang cenderung cepat. Apapun yang dimakan akan langung dibakar dan diubah menjadi energi. Gangguan metabolisme bisa diatasi dengan cara konsultasi dengan dokter maupun ahli gizi serta mengkonsumsi obat maupun suplemen untuk mengurangi cepatnya proses metabolisme tubuh.

  • Terlalu banyak racun

Terlalu banyak racun dalam tubuh juga bisa menyebabkan kurus dan tidak bisa gemuk. Racun masuk ke dalam tubuh melalui makanan dan mengendap dalam usus. Makanan-makanan yang tidak sehat mengandung banyak racun yang nantinya menghambat naiknya berat badan, karena adanya hambatan pada proses penyerapan vitamin, mineral dan berbagai nutrisi lainnya yang penting bagi tubuh kita.

Bila ada penyebabnya maka pasti ada juga cara untuk mengatasinya.  Ada banyak cara untuk menggemukkan badan secara alami.

Berbagai cara untuk mendapatkan tubuh yang gemuk secara alami, meliputi:

  • Menambahkan porsi makan

Perbanyak porsi makan anda. Tentunya makanlah makanan yang menyehatkan untuk menggemukkan tubuh anda. Bila anda termasuk orang yang memiliki nafsu makan rendah, sebaiknya perbanyak jumlah asupan makan anda. Misalnya, bila dalam sehari anda makan sebanyak 3 kali, maka cobalah makan sebanyak 4 atau 5 kali dalam sehari.

  • Menambah kalori

Perbanyak jumlah konsumsi makanan sehat yang banyak mengandung kalori, seperti telur, keju, kacang dan lain sebagainya.

  • Konsumsi salad tinggi kalori
biji bunga matahari

biji bunga matahari

Untuk mendapatkan tubuh yang gemuk secara alami, cobalah untuk mengkonsumsi salad yang mengandung banyak kalori. Buatlah salad dari sayuran atau dari buah-buahan dan campur dengan minyak zaitun serta berbagai topping yang berkalori, seperti kacang-kacangan, biji bunga matahari maupun potongan buah alpukat. Selain memiliki banyak kalori, makanan seperti ini akan memberikan banyak nutrisi yang baik untuk tubuh anda.

  • Perbanyak minum air putih

Air putih memiliki banyak manfaat bagi kehidupan kita. elain mencegah terjadinya dehidrasi, air putih juga dapat membuat tubuh kita menjadi gemuk secara alami. Biasakan untuk minum air putih, terutama saat kita bangun pagi. Kebiaaan baik seperti ini akan meningkatkan proses detoks untuk menggelontor semua carun yang ada di dalam tubuh kita. Bila tubuh kita jauh dari racun maka proses penyerapan berbagai nutrisi yang penting bagi tubuh kita akan tetap terjaga.

  • Tidur yang cukup

Tidur yang cukup akan sangat berguna bagi kesehatan, dan juga dapat menggemukkan badan secara alami.Tubuh kita perlu untuk beristirahat. Istirahat cukup akan membuat tubuh kita bertambah sehat. Dengan tubuh yang sehat maka dengan sendirinya tubuh yang kurus akan menjadi gemuk secara alami.

  • Makan teratur

Makan teratur akan membuat tubuh anda semakin sehat dan gemuk secara alami. Lakukan sarapan, makan siang serta makan malam secara teratur. Diantara jam makan tersebut pastinya ada makanan selingan. Pilihlah menu makanan yang menyehatkan serta makanan selingan yang juga baik untuk tubuh.

  • Minum susu
minum susu

minum susu

Kebiaaan minum susu akan menambah berat badan anda dari kurus menjadi gemuk secara alami. Minumlah susu full cream sebanyak dua kali dalam sehari secara rutin. elain dapat menggemukkan tubuh yang terlalu kurus, susu akan memberikan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang kita.

  • Kurangi atau hentikan kebiasaan buruk

Kurangi atau jika bisa hentikanlah kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan, seperti merokok dan minum minuman beralkohol. Rokok dan minuman beralkohol dapat merusak proses metabolime tubuh. elain itu kebiasaan buruk tersebut sangat berbahaya, baik bagi anda sendiri maupun bagi orang lain.

  • Olahraga secara teratur

Olahraga akan membuat seseorang yang bertubuh kurus menjadi gemuk secara alami. Orang gemuk tidak bisa kurus karena jarang olahraga, orang kurus juga tidak bisa gemuk karena jarang olahraga. Olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Meskipun anda sudah mengkonsumsi makanan sehat, mencukupi aktu istirahat namun jarang olahraga, maka apa yang anda lakukan tidak akan memberikan hasil yang signifikan. Lakukan olahraga ringan setiap hari, seperti lari pagi maupun bersepeda. Olahraga secara teratur akan meningkatkan massa otot sehingga orang yang kurus akan menjadi gemuk.

1 comment for “Penyebab Dan Cara Menggemukkan Badan Secara Alami

  1. Pingback: todd

Comments are closed.