Penyebab Dan Gejala Batuk Berdahak




Batuk berdahak bisa membuat penderitanya merasa tersiksa karena saluran pernapasan biasanya akan terasa sulit akibat tersumbat oleh dahak dan dada terasa sakit.

Batuk berdahak biasanya akan mengakibatkan suara menjadi parau dan tenggorokan penderita terasa seperti ada cairan lengket seperti lem.

Hal ini disebabkan posisi dari pita suara yang berada di dekat tenggorokan yang terdapat banyak dahak.

Apalagi pada malam hari dimana batuk berdahak bisa menyebabkan penderitanya lebih merasa tersiksa karena frekuensi batuk yang lebih semakin sering.

Bilamana dahak yang masih menempel pada tenggorokan masih belum encer dan masih kental, maka dahak akan makin sulit untuk dikeluarkan.

Penyebab Batuk Berdahak Penyebab Dan Gejala Batuk Berdahak

Berikut ini merupakan penyebab batuk berdahak, diantaranya :

  • Alergi

Alergi, termasuk dengan alergi dingin bisa menyebabkan seseorang mengalami flu dan batuk.

Ada baiknya jika Anda melakukan deteksi dini terhadap alergi untuk mengetahui apakah Anda memiliki alergi atau tidak.

 

  • Terkena Debu

Ada kalanya debu bisa masuk ke dalam saluran pernapasan kemudian menyebabkan batuk berdahak.

 

  • Asap Kimia

Ada kalanya asap bisa masuk ke dalam paru-paru kemudian membuat kinerja paru-paru menjadi terganggu dimana paru-paru yang semestinya berisi udara akhirnya terisi dengan asap, dan pada akhirnya batuk berdahak pun muncul.

 

  • Pneumonia

Pneumonia bisa menyebabkan munculnya batuk berdahak, baik pada bayi ataupun orang dewasa.

Pneumonia adalah kondisi dimana paru-paru mengalami peradangan, dan peradangan ini bisa terjadi pada salah satu atau kedua paru-paru secara bersamaan.

Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya akan merasa sesak napas dan batuk berdahak.

 

  • Virus

Penyebab terbanyak dari kasus batuk berdahak adalah virus, dimana virus ini biasanya akan menyebabkan batuk berdahak dan pilek secara bersamaan.

Lendir yang berada pada hidung biasanya sering tidak sengaja terhisap, kemudian masuk ke dalam tenggorokan.

 

  • Asam lambung Tinggi

Penyebab batuk berdahak yang lain adalah refluks asam yang terjadi akibat naik dan tingginya asam lambung.

Asam lambung ini naik menuju ke kerongkongan kemudian memicu munculnya batuk berdahak.

Penderita biasanya akan mengalami rasa perih pada bagian lambungnya, maka dari itu disarankan bagi penderita asam lambung untuk menghindari mengonsumsi makanan yang bisa memicu naiknya asam lambung.

 

  • Asma

Gejala dari penyakit asma hampir sama dengan alergi debu dan alergi dingin, hanya saja bedanya adalah saluran pernafasan akan mengalami penyempitan atau terganggu, serta flu dan batuk.

Seseorang yang mengalami kondisi ini biasanya akan sulit untuk tidur nyenyak pada malam hari karena tenggorokan dan dada akan terasa berat dan lengket.

 

  • Batuk Rejan

Batuk rejan merupakan salah satu jenis batuk yang paling buruk dimana jenis batuk ini bisa meyebabkan saluran pernafasan mengalami gangguan, dan jenis batuk ini bisa menyerang anak-anak hingga orang dewasa.

Namun jenis batuk ini lebih sering menyerang anak-anak balita terutama yang tidak melakukan vaksinasi untuk mencegah terjadinya batuk rejan.

Imunisasi DPT bisa diberikan kepada bayi sebagai vaksin untuk mencegah bayi terkena batuk rejan.

 

  • Sakit Flek

Jika bayi atau anak Anda sering mengalami batuk berdahak dalam waktu yang lama maka waspadalah karena biasanya hal tersebut disebabkan oleh sakit flek.

Salah satu gejala dari sakit flek adalah berat badan bayi atau anak selama 3 bulan tidak mengalami kenaikan.

Sebenarnya flek adalah gejala dari penyakit TBC pada anak, maka dari itu untuk mengatasi masalah ini Anda harus rutin melakukan pengobatan serta melakukan pemeriksaan dengan menggunakan rontgen paru-paru pada anak Anda.

 

  • TBC batuk berdarah

Orang dewasa yang mengalami TBC bisa saja mengalami batuk berdahak walaupun pada dasarnya orang dewasa memiliki sistem imun yang cenderung stabil.

TBC adalah penyakit radang paru-paru dan bisa dibedakan menjadi 3 tingkatan mulai dari yang ringan sampai berat.

Karena TBC mudah menular maka penderita penyakit ini harus mendapatkan perawatan khusus.

Pada penderita TBC yang parah biasanya akan sering mengalami batuk yang disertai dengan keluarnya darah.

Dengan keluarnya darah ini berarti menunjukkan bahwa paru-paru penderita telah terkena infeksi.

 

  • ISPA (Infeksi saluran pernafasan akut)

ISPA atau Infeksi saluran pernafasan akut bisa membuat seseorang terkena batuk berdahak.

Seseorang yang memiliki dahak pada penyakit ISPA akan diteliti untuk mengetahui seberapa parah tingkat infeksi yang ada di dalam tubuh orang tersebut.

Infeksi tersebut diberi istilah infeksi akut sebab infeksi tersebut bisa ditemukan pada beberapa organ tubuh misalnya saja tenggorokan, sinus, saluran pernafasan dan juga infeksi di saluran paru-paru.

Jangan pernah meremehkan ISPA karena ada berbagai macam dampak negatif bagi kesehatan yang disebabkan oleh ISPA yang jika tidak segera diatasi bisa menyebabkan kematian.

 

  • Penyakit Jantung

Penyakit jantung juga bisa menyebabkan batuk berdahak yang sangat parah.

Ada kalanya organ jantung tidak bisa memompa darah bersama oksigen pada seluruh tubuh termasuk dengan organ paru-paru padahal organ paru-paru sangat membutuhkan pasokan oksigen supaya bisa berfungsi dengan baik.

Bilamana organ paru-paru tidak bisa berfungsi dengan normal maka akan terjadi penumpukan lendir pada organ paru-paru dimana hal inilah yang pada akhirnya akan menyebabkan seseorang mengalami batuk berdahak.

 

  • Rokok 

    kebiasaan merokok

    kebiasaan merokok

Tidak bisa dipungkiri bahwa rokok memiliki banyak dampak negatif bagi kesehatan termasuk dengan kesehatan paru-paru atau pernapasan.

Dampak negatif rokok bukan hanya bisa dirasakan oleh perokok aktif namun juga dirasakan oleh perokok pasif termasuk dengan bayi dan anak-anak.

.

  • Kanker Paru-Paru

Penyebab batuk berdahak yang terparah disebabkan oleh kanker paru-paru yang ditandai dengan fungsi paru-paru yang mengalami kerusakan yang diakibatkan oleh munculnya sel abnormal di dalam paru-paru yang menghambat fungsi dan kinerja paru-paru.

Ciri yang paling mudah dikenali yaitu batuk berdahak yang terjadi dalam waktu yang lama, batuk disertai dengan pendarahan, bagian dada terasa nyeri, tubuh semakin kurus dan mengalami nafas sesak.

 

Gejala Batuk Berdahak batuk berdahak

Gejala batuk berdahak yang paling mudah dikenali adalah adanya dahak atau sputum yang menyertai batuk, baik dahak itu bisa dikeluarkan ataupun tertahan dalam saluran pernafasan.

Bila diamati melalui suara batuk, maka pada saat batuk berbunyi grok.. grok.. kasar yang menandakan banyaknya dahak di tenggorokan dan saluran nafas.

Berbeda dengan batuk kering yang suaranya cenderung nyaring.

Sekedar info tambahan, bahwa dahak biasanya mengandung lendir yang mengandung bakteri, debris atau jaringan yang mati, dan sel pertahanan tubuh.

Gejala lain yang menyertai termasuk:

  • Rasa berat di dada
  • Terasa sesak atau berat saat menarik nafas
  • Demam
  • Ingusan
  • Aliran lendir ke dalam tenggorokan