Penyebab Dan Gejala Batuk Kering


Sebenarnya batuk merupakan bentuk dari reaksi tubuh yang terjadi secara alami yang biasanya menunjukkan bahwa bagian dari sistem saluran pernapasan sedang mengalami gangguan dari luar tubuh.

Batuk mengakibatkan tubuh mengeluarkan lendir yang berfungsi sebagai penyebab iritasi yang ada di dalam paru-paru atau tubuh untuk segera keluar dari tubuh.

Jenis batuk yang sering muncul di masyarakat biasanya adalah jenis batuk berdahak (batuk produktif) dan jenis batuk tidak berdahak (batuk non produktif).

Gejala Batuk Kering

Adapun gejala dari batuk kering biasanya ditunjukkan dengan tenggorokan yang terasa gatal sehingga seseorang akan mengalami batuk.

Kondisi ini biasanya mudah terjadi apabila seseorang terkena paparan bahan iritan atau mengalami masa-masa akhir dari kondisi pilek pada tubuhnya.

Ada juga gejala lain dari batuk kering yang terjadi yang dikenal dengan istilah “Batuk Alergi” yang ditunjukkan dengan flu yang disertai batuk (kering ataupun berdahak).

Meski gejala “Batuk Alergi” ini memiliki kemungkinan yang kecil, namun tetap saja penderita akan mengalami kesusahan ketika mengalami kondisi ini.

 

Jenis Batuk Kering penyebab batuk kering

Berikut ini merupakan jenis batuk kering , diantaranya :

  • Batuk kering biasa

Biasanya disebabkan oleh virus atau bakteri yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya setelah melewati 1-2 minggu.

 

  • Batuk menggonggong

Suara jenis batuk ini membuat penderitanya mirip dengan suara anjing.

Pada saat pasien bernafas biasanya sering mengalami kondisi tenggorokan atau saluran pernafasan yang terasa sakit pada saat bernafas.

 

  • Batuk rejan (batuk 100 hari)

Biasanya jenis batuk kering ini disebabkan oleh bakteri dan kondisi dimana daerah penderita dari penyakit ini belum mendapatkan program imunisasi dari pemerintah.
Jenis batuk kering ini biasanya sering terjadi di suatu daerah yang tertinggal.

 

Penyebab Batuk Kering Penyebab Dan Gejala Batuk Kering

Pengidap dari batuk kering sebagian besar disebabkan dari infeksi saluran pernapasan akibat virus, tapi bisa juga disebabkan oleh hal lain seperti asma yang merupakan salah satu jenis penyakit yang berkambuh dan berjangka waktu lama.

Berikut ini merupakan penyebab batuk kering, diantaranya :

  • Infeksi saluran pernafasan

Batuk kering bisa disebabkan oleh Infeksi pada saluran pernafasan yang biasanya terjadi setelah penderita tersedak atau pada saat bagian dari sistem alat pernafasan terkena asap polusi atau virus.

Saluran pernafasan termasuk sensitif setelah terkena serangan yang masuk dari luar tubuh, maka dari itu perlu dijaga dengan baik.

Apalagi penderita yang mengalami kondisi Infeksi saluran pernafasan bisa menjadikan pernafasannya mengalami kondisi sesak maka akibatnya penderita akan mengalami kesulitan yang akan dilakukannya pada berbagai hal atau kegiatan yang dilakukan dalam kehidupannya sehari-hari.

 

  • Alergi

Dari sekian banyak jenis masalah atau penyakit, alergi juga bisa menjadi gejala lain dari batuk kering.

Banyak kasus batuk yang bermunculan pada saat perubahan musim tiba, seperti dari musim panas menuju musim dingin.

 

  • Asma

Asma juga bisa menjadi penyebab lain dari batuk kering dimana dengan terjadinya kondisi asma maka batuk kering juga bisa muncul begitu saja.

Asma biasanya disebabkan oleh debu, kotoran atau paru-paru penderita memang yang sudah kotor.

 

  • Tersedak

Tersedak juga bisa menjadi penyebab lain dari Gejala Batuk Kering yang bisa terjadi kapan saja dan menimpa siapa saja entah itu orang dewasa atau anak-anak.

Misalnya saja Anda sedang menikmati suatu makanan di rumah, dalam waktu yang bersamaan kemudian Anda tersedak.

Maka dari itu nikmatilah makanan dan hindari kebiasaan atau hal-hal yang bisa menjadi penyebab tersedak yang bisa memicu terjadinya batuk kering.

 

  • Rokok perokok pasif

Selain memang tidak baik bagi kesehatan tubuh, kebiasaan menghisap rokok juga sering dibahas di berbagai media bahwa perokok pasif juga bisa mengalami dampak negatif dari asap rokok meski dirinya tidak bermaksud menghisap rokok.

Kebiasaan merokok sebenarnya merupakan gaya hidup yang tidak baik bagi kesehatan.

Sering menghirup asap rokok bisa menyebabkan berbagai hal yang tidak baik bagi kesehatan tubuh, termasuk dengan batuk kering.

 

  • Makanan Gorengan

Ada banyak jenis makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi dan bisa mengakibatkan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh, salah satunya adalah makanan jenis gorengan yang jika dikonsumsi terlalu banyak bisa memicu terjadinya batuk kering.

Kalaupun Anda masih ingin bisa mengonsumsi gorengan secara aman, maka Anda masih bisa mengakalinya kok misalnya dengan membatasi jumlah porsinya, pastikan gorengan dikonsumsi dengan minyak goreng yang bersih dan aman serta kualitas minyak goreng yang memang layak untuk digunakan.

 

  • Debu

Ada banyak hal-hal kecil dan tidak terlihat oleh mata di dalam kehidupan sekitar kita yang biasanya disebut dengan nama Debu.

Debu ini bisa masuk ke dalam saluran pernafasan yang jika dibiarkan hingga jadi menumpuk bisa membuat tubuh rentan mengalami kondisi batuk kering.

Maka dari itu jika Anda masih ingin beraktifitas di lingkungan yang kotor dan berdebu, pastikan bahwa Anda menggunakan masker pada wajah demi keamanan dan kenyamanan.

 

  • TBC

TBC bisa menyebabkan terjadinya batuk kering dimana jenis penyakit ini pada dasarnya memang berhubungan langsung dengan organ paru-paru.

Sedangkan TBC biasanya disebabkan oleh kondisi dimana paru-paru diserang bakteri dan virus.

 

  • Virus Flu

Jika Anda mengalami kondisi batuk dan batuk tersebut akhirnya hilang dengan sendirinya sebelum melewati masa lebih dari 20 hari, maka kondisi tersebut masih termasuk aman.

Tapi apabila Anda mengalami kondisi batuk kering dan tidak kunjung hilang meski telah melewati masa lebih dari 3 minggu maka bisa jadi batuk tersebut disebabkan oleh virus flu.

Sedangkan sebagian diantaranya biasanya menemukan adanya lendir bening pada batuk kering yang dialaminya.

Virus mengiritasi ujung saraf di saluran napas sehingga saluran ini menjadi sensitif selama beberapa waktu.

 

  • Postnasal drip

Jika Anda mengalami batuk (basah atau kering) yang telah berlangsung selama lebih dari 2 bulan maka bisa jadi kondisi yang sedang Anda alami tersebut merupakan postnasal drip kronis.

Postnasal drip merupakan kondisi di mana lendir terakumulasi di dalam sinus lalu masuk menuju bagian belakang tenggorokan, sedangkan batuk yang akhirnya muncul adalah reaksi yang terjadi akibat terciptanya sensasi menggelitik.

Tidak ada tes yang bisa dilakukan untuk memastikan kondisi postnasal drip.