Penyebab Dan Gejala Wajah Pucat

Wajah merupakan bagian dari tubuh yang sangat penting dimana wajah bisa menjadi cerminan kesehatan serta kecantikan wanita.

Tentunya dengan peranannya yang sangat penting wajah selalu memiliki masalah yang kompleks misalnya wajah yang kusam, kulit wajah yang kurang cerah, kulit wajah yang berminyak, bekas jerawat yang susah hilang, kulit wajah yang kemerahan, kulit kering dan wajah yang pucat.

Hampir setiap wanita mendambakan ingin memiliki kulit wajah yang terlihat putih berseri.

Namun jika kulit wajah terlihat putih secara berlebihan maka akan membuat kulit wajah terlihat pucat dan hal ini justru bisa menimbulkan masalah baru. Penyebab Dan Gejala Wajah Pucat

Ada banyak penyebab yang bisa menjadikan kulit wajah terlihat pucat seperti tubuh kurang mendapat asupan vitamin dan mineral yang cukup dari buah-buahan dan sayuran, tubuh kurang mendapatkan asupan air putih, karena efek penyakit anemia, dan juga bisa disebabkan oleh teknik make up yang kurang tepat.

Tentunya penampilan anda bisa menjadi berubah drastis jika terlihat pucat yang mungkin disebabkan oleh hal yang sepele.

Kulit wajah yang terlihat pucat identik dengan penampilan seseorang yang terlihat kurang semangat, lemah, letih dan lesu.

Sebenarnya setiap orang memiliki berbagai karakter wajah yang berbeda dimana pada jenis kulit tertentu bisa membuat seseorang mudah terlihat pucat.

 

Lalu apa saja penyebab dan gejala wajah yang pucat ??

Penyebab utama dari wajah yang pucat biasanya disebabkan oleh terlalu sering kerja lembur sampai dini hari, kurang istirahat atau tidur, terlalu banyak aktivitas yang menyita energi dan pikiran, dan wajah yang pucat identik dengan gejala yang menunjukkan bahwa dirinya dalam kondisi yang tidak sehat atau dalam kondisi sedang sakit.

Wajah yang pucat sendiri disebabkan oleh darah yang kekurangan kadar HB dan inilah yang menjadi penyebab kenapa wajah terlihat kurang cerah atau pucat.

Tubuh yang kekurangan cairan juga bisa membuat kulit wajah terlihat pucat maka dari itu usahakan untuk memenuhi standar asupan air putih harian yaitu sekitar 8 gelas per hari.

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan gizi juga bisa menjadi salah satu penyebab wajah terlihat pucat maka dari itu usahakan untuk menambah buah dan sayuran ke dalam menu makan harian anda.

Wajah yang terlihat kusam dan pucat bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga bila ada seseorang yang memiliki wajah yang pucat maka tidak akan bisa diketahui penyebabnya kecuali jika terlebih dahulu menelusuri riwayat kesehatannya .

Banyak pihak yang menyebutkan bahwa perawatan wajah dengan cara yang kurang tepat bisa menyebabkan kulit wajah menjadi pucat dan kusam.

Padahal perawatan wajah yang kurang tepat biasanya hanya akan menambah masalah baru misalnya jerawat.

Seseorang yang jarang mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan juga beresiko tinggi untuk memiliki wajah pucat karena kedua bahan makanan tersebut mengandung karetenoid yang merupakan pigmen yang nantinya akan masuk ke dalam tubuh dan bisa membuat kulit tidak terlihat pucat dan terlihat lebih bercahaya.

Di sisi lain wajah seseorang yang terlihat pucat juga bisa menunjukkan gejala bahwa dirinya sedang dalam kondisi sakit misalnya seperti anemia.

Wajah yang terlihat pucat juga bisa disebabkan oleh kandungan minyak yang berlebihan pada wajah, dengan demikian faktor lingkungan dan tingkah laku dari seseorang juga memiliki andil terhadap penyebab dari wajah yang pucat.

Berikut ini merupakan penyebab lain dari wajah yang pucat diantaranya :

  • Jarang membersihkan wajah

Jarang membersihkan wajah dengan teratur juga bisa menyebabkan wajah jadi kurang terawat dan salah satu efeknya tentu saja wajah akan terlihat menjadi pucat.

 

  • Faktor keturunan

Faktor keturunan juga memiliki andil yang kuat dimana orang tua yang memiliki wajah yang pucat dan kusam maka akan cenderung memiliki anak yang juga mempunyai wajah yang pucat dan kusam.

 

  • Stres

    stres karena pekerjaan

    stres karena pekerjaan

Faktor stres juga bisa menjadi penyebab dari masalah wajah yang pucat dimana seseorang yang mengalami stres cenderung memiliki wajah yang kusam, pucat dan terlihat murung.

 

  • Sinar matahari

Sinar matahari sebenarnya baik untuk kesehatan kulit, namun jika tubuh dan wajah terlalu sering terkena sinar matahari maka tentu saja malah akan menimbulkan efek yang negatif dan salah satu efek negatif tersebut tentu saja wajah yang pucat dan memicu flek hitam pada wajah.

 

  • Kurang istirahat Insomnia

Disarankan untuk tidur secara teratur yaitu tidur sejak pukul 22.00 dan bangun pada pukul 06.00 karena di waktu itu merupakan masa terbaik dimana sel bisa melakukan regenerasi secara optimal.

Kurang istirahat dan jam tidur yang tidak teratur tentu saja akan memicu resiko munculnya wajah yang kusam, pucat dan lesu.

 

  • Gaya hidup

Gaya hidup yang tidak sehat seperti jarang bergerak, terlalu sering bermalas-malasan dan jarang mandi akan membuat kulit wajah terlihat kusam dan terlihat pucat.

 

  • Tubuh kekurangan cairan

Semua cadangan air yang ada di dalam tubuh akan digunakan jika tubuh anda sedang kekurangan cairan, dan jika masalah tubuh kekurangan cairan ini tidak segera diatasi maka tentu saja dampaknya adalah kulit wajah anda akan terlihat pucat karena kekurangan cairan.

 

  • Penggunaan produk kosmetik yang kurang tepat

Menggunakan produk kosmetik pada dasarnya memang bisa mempercantik diri, namun jika produk tersebut tidak cocok dengan kulit anda maka tentu saja dampaknya akan fatal terhadap kesehatan kulit anda.

Iritasi kulit dan wajah menjadi pucat merupakan salah satu indikasi atau tanda bahwa produk kosmetik yang anda gunakan tidak cocok dengan jenis kulit anda.

 

  • Polusi

Pada dasarnya kulit wajah yang terlihat kusam terjadi karena pori-pori kulit wajah tertutup oleh debu dan ketika kondisi ini terjadi maka secara alami kulit wajah anda akan mengeluarkan minyak untuk membersihkan kotoran yang menutupi kulit wajah.

 

  • Konsumsi makanan tidak sehat

    konsumsi junkfood

    konsumsi junkfood

Jenis makanan yang sarat akan minyak dan santan serta jenis makanan fast food jika dikonsumsi maka dampaknya akan membuat tubuh anda memproduksi minyak dengan berlebihan, maka hasilnya tentu saja anda akan beresiko tinggi untuk memiliki wajah yang berminyak, pucat dan munculnya jerawat.

 

  • Anemia

Anemia atau kondisi dimana tubuh sedang mengalami kekurangan sel darah merah yang bisa memberikan pengaruh dengan menurunnya pasokan oksigen ke seluruh sel tubuh.

Dengan demikian maka seseorang yang mengalami anemia akan cenderung mengalami kondisi tubuh yang lemah, letih dan lesu.

Selain itu pada beberapa kasus juga ditemukan jantung yang mudah berdebar, wajah yang pucat, sulit berkonsentrasi, mudah capek ketika sedang berolahraga, mengalami kesemutan, mudah kedinginan atau menggigil dan sulit tidur.