Penyebab Dan Pengobatan Kram Tangan

Pada dasarnya kram tangan merupakan kondisi dimana tangan tidak bisa digerakkan dengan lancar selama beberapa waktu, bisa sekitar beberapa menit namun juga bisa terjadi selama 15 menit.

Namun jika tangan anda mengalami kram selama 15 menit atau lebih maka ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter terdekat karena ada sesuatu yang salah dengan kondisi kesehatan anda.

penyebab-dan-pengobatan-kram-tangan

Penyebab Kram Tangan

Berikut ini adalah penyebab kram tangan diantaranya :

  • Jarang olahraga

Penyebab utama tangan yang mengalami kram adalah karena jarang berolahraga dan tubuh jarang bergerak, ibarat mesin yang jarang digunakan maka bukan hal yang aneh jika fungsi mesin tidak bisa bekerja dengan baik.

 

  • Berdiam Diri

Jika anda kerja di kantor dan sering menghabiskan waktu dengan duduk atau berada dalam posisi statis di meja kerja maka anda beresiko tinggi untuk mengalami kram tangan.

Buat posisi tubuh anda menjadi senyaman mungkin untuk mencegah terjadinya kram tangan seperti posisi duduk dan posisi berdiri.

 

  • Mengangkat Beban Terlalu Berat

Tangan yang kram bisa disebabkan oleh tangan yang mengangkat beban terlalu berat dimana fungsi tangan memang untuk membawa barang bawaan, namun jika dipaksakan untuk membawa barang yang terlalu berat maka hal ini bisa memicu resiko kram tangan.

Untuk mencegah terjadinya kram tangan maka anda bisa mengurangi kegiatan yang mengharuskan anda untuk mengangkat beban yang terlalu berat, namun jika kondisi mengharuskan anda mengangkat beban yang berat maka ada baiknya jika anda melakukan peregangan otot terlebih dahulu sebelum mengangkat beban.

Beban yang terlalu berat biasanya adalah besi konstruksi, barbel atau beban latihan angkat berat, mengangkat tabung gas LPG, mengangkat karung beras atau mendorong mobil mogok.

 

  • Keseleo

Keseleo atau biasa disebut dengan salah otot bisa jadi merupakan salah satu penyebab kram tangan, dimana keseleo juga bisa terjadi akibat mengangkat beban yang terlalu berat.

Keseleo biasanya terjadi karena beberapa hal seperti mengangkat beban yang terlalu berat, posisi tangan yang salah ketika mengangkat beban, tidak melakukan peregangan sebelum mengangkat beban dan kondisi badan tidak siap ketika mengangkat beban.

 

  • Stres dan Depresi Stress Man

Dari hasil penelitian yang terbaru menyebutkan bahwa ternyata ada kalanya penyakit yang kita alami bisa berasal dari kondisi psikologis kita sendiri.

Ada hubungan antara tubuh dan pikiran sehingga kondisi tubuh bisa memberikan pengaruh pada psikologis, begitu pula sebaliknya kondisi psikologis bisa memberikan pengaruh pada kondisi tubuh.

Jika anda mengalami kram tangan bisa saja itu karena anda sedang stres karena pekerjaan yang menumpuk dan harus diselesaikan dalam waktu seketika, atau bisa juga karena anda sedang cemas memikirkan sesuatu hal.

Untuk meminimalisasi resiko kram tangan akibat stres dan depresi maka cobalah untuk merubah pola pikir anda menjadi lebih positif, mencoba bersikap tenang dan tidak mudah terganggu.

 

  • Peredaran Darah yang Tidak Lancar

Peredaran darah yang tidak lancar bisa memicu tangan untuk mengalami kram, termasuk dengan bagian tubuh yang lainnya karena tubuh tidak mendapatkan pasokan darah yang dibutuhkan sehingga tubuh menjadi kaku dan mengalami kram.

Selain itu peredaran darah yang tidak lancar juga bisa membuat tubuh anda menjadi lemas dan tidak bertenaga sehingga aktifitas anda pun akan menjadi terganggu.

Kekurangan zat besi bisa menyebabkan peredaran darah menjadi terganggu, padahal zat besi adalah salah satu zat penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

 

  • Memiliki Suatu Jenis Penyakit Tertentu

Ada kalanya tangan yang kram menunjukkan bahwa anda memiliki suatu jenis penyakit tertentu misalnya seperti memiliki kolesterol yang tinggi, mengonsumsi junk food terlalu banyak, gejala stroke, memiliki gangguan atau cedera syaraf, memiliki kelainan genetika, memiliki penyakit autoimun, dan sebagainya.

Maka dari itu jika tangan anda sering mengalami kram terutama dalam jangka waktu yang lama lebih dari 15 menit maka ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

 

Pengobatan Kram Tangan

Cara Mengatasi Tangan Kram dan Kaku

Ada banyak cara ataupun aktifitas menyehatkan yang bisa anda lakukan untuk mengatasi tangan kram dan kaku.

Berikut ini adalah cara mengatasi tangan kram dan kaku diantaranya :

  • Melakukan Olahraga

    olahraga jalan kaki

    olahraga jalan kaki

Cara paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kram tangan adalah dengan melakukan olahraga. Tidak harus dengan melakukan olahraga yang berat, namun anda bisa melakukan olahraga yang bersifat ringan seperti jalan kaki santai, menggerakkan pergelangan tangan, dan melakukan gerakan pemanasan santai pada tangan anda.

 

  • Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi maka anda sudah melakukan upaya pencegahan kram tangan, misalnya dengan mengonsumsi sayur-sayuran hijau, buah-buahan segar dan kacang-kacangan.

 

  • Posisi Tangan Dalam Kondisi Nyaman

Hal yang paling penting dalam mengatasi tangan kram adalah dengan memperhatikan kebiasaan posisi tubuh yang membuat diri anda tidak nyaman, contohnya adalah kursi dimana ada suatu jenis kursi yang didesain untuk duduk santai, duduk sebentar ataupun duduk lama.

Sesuaikan posisi tangan anda supaya berada dalam posisi yang nyaman misalnya pada saat anda menulis dengan menggunakan bolpen, memegang ponsel, dan sebagainya sehingga anda terhindar dari resiko kram tangan.