Penyebab Dan Pengobatan Panu

Penyakit panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit dan bisa menyerang siapa saja tidak peduli pria atau wanita, anak-anak atau orang dewasa.

Pada umumnya penyakit panu disebabkan oleh jenis jamur Pityrosporum ovale dan penyakit panu bisa menular dari satu orang ke orang lain.

Sebenarnya panu termasuk jenis penyakit yang berbahaya namun jika dibiarkan maka biasanya akan mengganggu penampilan penderita dan bisa merusak kepercayaan diri.

Tentunya penyakit kulit panu merupakan musuh utama bagi mereka yang selalu ingin terlihat sempurna di depan umum.

Ciri khas penyakit panu biasanya ditunjukkan dengan adanya bercak-bercak putih, merah atau coklat dengan bentuk pola yang tak beraturan pada kulit. panu

Jika tubuh penderita sedang dalam kondisi berkeringat maka biasanya bagian kulit yang terdapat panu akan terasa sangat gatal hingga ada keinginan yang kuat untuk menggaruknya.

Ada kalanya anda tidak akan mengetahui bahwa terdapat panu di tubuh anda terutama pada bagian tubuh yang sulit terlihat seperti punggung.

Gejala yang biasa dirasakan jika terdapat panu pada tubuh adalah jika tubuh berkeringat maka biasanya tubuh akan terasa gatal dan ada perubahan warna pada sebagian kulit menjadi merah, putih atau coklat tergantung dari pigmen si penderita.

Bahkan terkadang terdapat sisik halus yang menutupi bagian kulit yang terdapat jamur atau panu.

Berikut ini merupakan bagian tubuh yang rentan terkena panu diantaranya

  • Lipatan lengan
  • Kulit kepala
  • Kulit wajah
  • Kulit leher
  • Sepanjang lengan tangan
  • Punggung

 

Pengobatan Panu

Anda bisa melakukan pengobatan panu dengan cara tradisional yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Cara tradisional yang mudah dan murah ini sudah terbukti efektif untuk menghilangkan panu dan telah digunakan sejak dahulu oleh nenek moyang kita.

  • Lengkuas lengkuas

Lengkuas termasuk jenis bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dimana ternyata bahan ini juga bermanfaat untuk menghilangkan panu.

Caranya cukup mudah yakni siapkan beberapa ruas lengkuas setelah itu bersihkan dengan air lalu kupas dan basuh kembali dengan air.

Kemudian tumbuk atau parut lengkuas tersebut hingga menjadi lembut, setelah itu campur dengan sedikit minyak tanah.

Oleskan ramuan ini dua kali sehari yaitu pada saat setelah mandi pagi hari dan setelah mandi sore hari.

Sebelum mengoleskan ramuan tersebut anda harus memastikan bahwa kondisi tubuh anda telah kering dan tidak ada sedikitpun keringat.

Lakukan perawatan ini secara teratur hingga penyakit panu benar-benar hilang dan kulit tubuh anda terlihat normal kembali.

 

  • Bawang Putih

    bawang putih

    bawang putih

Bawang putih yang biasanya sering dijadikan sebagai salah satu bahan bumbu merupakan jenis bahan dapur yang mudah diperoleh di pasar.

Siapa sangka bahwa anda bisa memanfaatkan bawang putih untuk menghilangkan panu yang terdapat di tubuh anda.

Cara menggunakannya yaitu siapkan 1 siung bawang putih lalu gunakan pisau untuk memotongnya menjadi 2 bagian.

Setelah itu ambil potongan bawang putih tersebut untuk dioleskan ke bagian tubuh yang terdapat panu.

Bagian bawang putih yang terpotong tersebut mengandung getah dan getah inilah yang berkhasiat untuk menghilangkan panu.

Lakukan perawatan ini secara teratur pada saat selesai mandi pagi dan pada saat selesai mandi sore.

 

  • Jeruk Nipis jeruk-nipis

Jeruk nipis merupakan salah satu jenis buah yang sering digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan dan anda bisa memanfaatkannya untuk menghilangkan panu.

Caranya siapkan 1 buah jeruk nipis kemudian gunakan pisau untuk memotongnya menjadi 2 bagian.

Kemudian siapkan belerang yang telah ditumbuk hingga menjadi halus, lalu ambil potongan jeruk nipis dan oleskan ke belerang kemudian oleskan jeruk nipis tersebut ke bagian kulit yang terdapat panu.

Lakukan perawatan ini secara teratur dua kali dalam sehari dan lakukan secara rutin hingga penyakit panu hilang.

 

  • Daun Pare daun pare

Pare merupakan salah satu jenis bahan yang dikenal memiliki rasa pahit yang biasanya digunakan sebagai bahan campuran masakan.

Anda bisa menggunakan daun pare untuk menghilangkan panu yakni dengan menyiapkan beberapa daun pare lalu tumbuk hingga halus kemudian campur dengan daun sirih.

Gunakan ramuan tersebut dengan cara dioleskan ke bagian tubuh yang terdapat panu dan lakukan perawatan ini secara teratur yang dilakukan dua kali sehari pada pagi dan sore hari.

 

  • Jahe Merah jahe merah

Jahe merah telah lama digunakan oleh nenek moyang kita untuk mengobati berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah untuk menghilangkan panu.

Namun pengobatan panu dengan menggunakan jahe merah tidak disarankan jika anda tidak kuat menahan rasa perih dan sakit selama masa pengobatan.

Jahe merah mengandung zat aktif yang bermanfaat untuk mengusir panu dan berbagai jenis penyakit kulit yang lain.

Cara penggunaannya cukup mudah yakni anda hanya cukup memotong 1 ruas jahe kemudian balurkan potongan jahe merah tersebut ke bagian kulit yang terkena panu.

Dengan perawatan yang dilakukan secara rutin maka tidak lama kemudian keluhan panu pasti akan hilang.

 

  • Belimbing Wuluh belimbing wuluh

Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan panu, caranya cukup mudah yakni siapkan beberapa buah belimbing wuluh dan beberapa kapur sirih yang telah dilembutkan.

Kemudian campur dua bahan tersebut hingga menjadi krim kemudian anda bisa mengoleskan krim tersebut ke bagian kulit yang terdapat panu kemudian diamkan dan biarkan mengering.

Tunggu beberapa saat kemudian bersihkan sisa krim yang telah dioleskan tadi dengan menggunakan air bersih.

Cara Mencegah Penyakit Panu

Pada dasarnya penyakit panu tidak terlalu berbahaya namun dengan adanya penyakit ini maka penderita biasanya akan merasa tidak percaya diri.

Apalagi dengan adanya penyakit ini biasanya bagian tubuh yang terkena panu akan mengalami gatal-gatal jika badan mulai berkeringat, tentunya hal ini akan terasa sangat tidak nyaman dan mengganggu bagi si penderita.

Penyebab Dan Pengobatan Panu

Berikut ini merupakan tips mencegah penyakit panu diantaranya :

  1. Mandi setidaknya 3 kali dalam sehari yang dilakukan dengan teratur
  2. Senantiasa menjaga kebersihan pakaian yang dikenakan sehari-hari
  3. Usahakan untuk sering mengenakan pakaian dengan bahan yang bisa menyerap keringat dengan baik
  4. Usahakan untuk menjaga kebersihan dari handuk yang anda gunakan karena handuk adalah alat yang sering anda gunakan setiap hari dan biasanya sering dalam keadaan yang lembab dan hal ini biasanya luput dari perhatian.