Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Perut Mulas

Perut mulas merupakan kondisi dimana kondisi perut sedang dalam kondisi yang tidak nyaman yaitu nyeri dan rasa sakit yang seolah perut dalam kondisi terlilit.

Pada dasarnya perut mulas bisa terjadi karena bertambahnya ukuran perut dari dalam dimana kondisi ini bisa membuat ruang bebas yang ada di dalam perut semakin mengecil sehingga hal ini bisa menambah tekanan dalam perut.

Perut mulas merupakan reaksi yang normal dimana kondisi ini menunjukkan adanya rangsangan untuk segera BAB (buang air besar), buang air kecil, kentut (buang angin) atau bersendawa. Penyebab, Gejala Dan Pengobatan Perut Mulas

Maka dari itu jika perut anda menunjukkan gejala sakit perut atau perut mulas maka usahakan untuk terlebih dahulu mengenali apa penyebab dari perut mulas tersebut.

 

Gejala Perut Mulas

Berikut ini merupakan gejala perut mules diantaranya :

  • Anda akan cenderung susah berkonsentrasi dimana kondisi ini bisa terjadi karena anda menahan rasa sakit dari perut yang mulas
  • Perut yang mulas biasanya akan membuat kondisi tubuh penderitanya terasa tidak nyaman karena perut terasa berat dan tertekan
  • Pada umumnya penderita perut mulas secara refleks akan menunjukkan gerakan tubuh agak membungkuk sambil memegang perut yang sedang dalam kondisi sakit bagai terlilit
  • Perut yang mulas biasanya terasa seperti ditusuk atau ditekan
  • Ada kalanya perut yang mulas akan disertai dengan gejala yang lain seperti perut kembung atau perut begah
  • Dalam beberapa kasus biasanya penderita perut mulas akan mengalami kondisi dimana rasa mulas bisa naik dari perut hingga ke bagian dada, hingga terkadang akan menimbulkan gejala maag atau meningkatkan rangsangan untuk bersendawa
  • Jika gejala perut mulas dibiarkan dan tidak segera diatasi maka bisa saja rasa sakit akan terasa lebih nyeri

 

Penyebab Perut Mulas

Maka dari itu disarankan untuk terlebih dahulu mengenali apa penyebab dari perut mulas yang terjadi pada anda karena bisa jadi perut mulas yang anda alami bukan sekedar perut mulas yang normal namun bisa saja menunjukkan bahwa kondisi tersebut merupakan gejala lain dari penyakit yang lebih berbahaya.

Dengan mengetahui penyebab dari perut mulas maka penanganan untuk mengatasi masalah tersebut bisa lebih mudah untuk dilakukan.

Berikut ini merupakan penyebab perut mulas diantaranya :

  • Kembung

Kondisi perut yang kembung bisa terjadi jika jumlah kadar gas atau udara dalam perut berlebihan.

Biasanya jika seseorang mengalami perut kembung maka dirinya akan mudah atau sering bersendawa atau kentut.

Pemicu dari produksi gas berlebihan dalam perut yang bisa menyebabkan perut kembung biasanya disebabkan oleh faktor makanan yaitu terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti produk olahan susu laktosa, taoge, buncis, brokoli, dan kacang-kacangan.

 

  • Sembelit sembelit

Sembelit atau biasa disebut dengan konstipasi merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan dalam hal buang air besar.

Tentunya kondisi sembelit juga bisa menimbulkan rasa mulas yang terasa menyakitkan pada perutnya.

Pada umumnya biasanya sembelit bisa terjadi karena 2 hal yaitu kurang mengonsumsi makanan yang mengandung serat dan asupan harian air putih kurang dari 8 gelas per hari.

 

  • Diare

Diare merupakan kondisi dimana kondisi kotoran seseorang pada saat buang air besar dalam kondisi yang lembek atau terlalu cair.

Biasanya kondisi diare akan membuat perut penderita akan menjadi terasa sakit bagaikan isi perut sedang diaduk atau terlilit yang juga disertai adanya tekanan besar untuk segera buang air besar.

Diare jika dibiarkan bisa membuat penderitanya mengalami dehidrasi karena pada saat buang kotoran, kotoran akan mengeluarkan banyak cairan.

Penyebab utama dari diare biasanya disebabkan oleh infeksi kuman maka dari itu biasakan untuk mencuci tangan sebelum makan.

 

  • Asam lambung tinggi

Meningkatnya asam lambung pada penyakit maag bisa memicu munculnya rasa sakit pada perut yang merupakan gejala dari perut mulas yang terjadi pada daerah sekitar ulu hati.

Ada kalanya perut mulas yang terjadi juga disertai dengan perut mulas yang terasa seperti panas terbakar yang terjadi di daerah sekitar dada dimana kondisi ini disebut dengan istilah heartburn.

Heartburn bisa terjadi karena asam lambung yang naik kembali hingga ke kerongkongan penderitanya.

Seseorang yang mengalami heartburn biasanya akan mengalami rasa nyeri yang panas pada daerah sekitar dada karena asam lambung yang menyebabkan iritasi pada daerah kerongkongan.

 

  • Nyeri haid

Wanita yang sedang dalam kondisi haid pada umumnya akan merasakan bahwa perutnya terasa seperti melilit dan mules.

 

Pengobatan Perut Mulas

Berikut ini merupakan pengobatan perut mulas yang bisa anda pilih berdasarkan dari penyebabnya diantaranya :

  • Karena kembung

Jika perut anda terasa mules karena disebabkan oleh kembung maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat simetikon yang bisa melarutkan gelembung udara.

 

  • Karena sembelit

Jika perut anda terasa mulas karena disebabkan oleh sembelit maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi bisacodil yang merupakan obat  pencahar dimana obat ini berfungsi merangsang untuk segera buang air besar.

 

  • Karena diare

Jika perut anda terasa mulas karena disebabkan oleh diare maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi loperamid yang merupakan obat antidiare dimana obat ini berfungsi untuk mengurangi pergerakan saluran pencernaan.

 

  • Karena asam lambung tinggi

Jika perut anda terasa mulas karena disebabkan oleh asam lambung tinggi maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi jenis obat yang bisa mengurangi produksi asam lambung seperti obat proton pump inhibitor, histamin blocker dan antasida.

 

  • Karena haid jamu kunyit asam jawa

Jika perut anda terasa mulas karena disebabkan oleh haid maka anda bisa mengatasinya dengan mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri seperti asam mefenamat.

Alternatif lain anda bisa mengonsumsi jamu yang menggunakan bahan kunyit dan asam jawa, atau bisa juga dengan mengompres perut dengan menggunakan air hangat.

Karena di masa haid anda akan kehilangan banyak nutrisi yang hilang bersama keluarnya haid maka disarankan untuk memperbanyak asupan makanan yang tinggi akan kandungan zat besi dan magnesium.

 

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan bilamana perut anda masih saja terasa mulas padahal telah mencoba semua tips yang telah disebutkan di atas maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat.