Penyebab Ketombe

Apa itu Ketombe ?

Ketika anda menyisir rambut lalu terlihat adanya serpihan yang berwarna putih kekuningan berjatuhan dari rambut anda maka itu adalah ketombe.

Ketombe merupakan sel-sel kulit mati yang mengalami kerontokan, dan ciri seseorang yang memiliki ketombe biasanya ditandai dengan adanya sisik pada kulit kepala yang berwarna kemerahan dan terkadang terasa gatal.

ketombe

 

Apakah Karena Perawatan Rambut Anda salah ?

Rambut yang berketombe bukan berarti menunjukkan bahwa rambut anda kotor, melainkan hal itu terjadi karena produk perawatan rambut yang anda gunakan ataupun cara anda memperlakukan rambut anda bisa membuat kulit kepala anda mengelupas.

Sebagian produk perawatan rambut ada kalanya tidak cocok digunakan oleh beberapa jenis rambut dan bisa meninggalkan serpihan atau residu yang bisa menjadikan kulit kepala mengelupas dan terlihat seperti ketombe.

Ketombe anda bisa menjadi lebih parah atau menumpuk jika sebelumnya rambut anda memang sudah berketombe dan jarang membersihkan rambut.

 

Ketombe Bisa Muncul di Tempat Selain Kepala

Ternyata ketombe bukan hanya berasal dari kulit kepala karena bagian tubuh yang lain juga bisa menghasilkan ketombe, misalnya seperti alis, bulu mata, dahi dan telinga.

Jika pada bagian tubuh yang terdapat rambut mengalami pengelupasan kulit maka bisa jadi hal itu merupakan gejala ketombe, sedangkan dalam tahap yang lebih parah kulit akan terlihat kemerahan dan sedikit berminyak dimana jika hal ini terjadi pada anda maka sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Walaupun ketombe tidak menimbulkan efek samping kesehatan yang serius namun tetap saja jika tidak segera diatasi maka ketombe bisa mengganggu kepercayaan diri seseorang.

 

Penyebab Ketombe

Berikut ini merupakan beberapa penyebab ketombe diantaranya :

  • Kulit kering

Ketombe biasanya sering terjadi karena kulit yang kering, dan hal ini bisa anda lihat melalui tanda kulit kering pada bagian tubuh lain selain kulit kepala misalnya seperti kulit tangan dan kaki.

 

  • Iritasi dan Dermatitis seboroik (kulit berminyak)

Munculnya ketombe pada rambut bisa disebabkan oleh Iritasi dan dermatitis seboroik (kulit berminyak) dimana gejalanya bisa dilihat melalui munculnya sisik berwarna kekuningan atau putih dan kulit yang berminyak.

Kulit berminyak juga bisa memberikan pengaruh pada kelenjar minyak pada bagian tubuh yang lain seperti tulang dada, hidung, alis mata dan ketiak.

 

  • Jarang Keramas

Sel dan minyak kulit kepala bisa menumpuk bila anda jarang membersihkan rambut dan hal ini jika sering terjadi maka bisa memicu munculnya ketombe.

 

  • Eksema

Eksema merupakan kondisi dimana kulit mengalami peradangan kronis dan bisa menyebabkan kulit kepala terasa gatal dan bisa menimbulkan serpihan ketombe.

Orang dewasa, anak-anak, baik wanita maupun pria bisa mengalami eksema, namun anak-anak memiliki resiko yang lebih tinggi daripada orang dewasa.

 

  • Psoriasis

Psoriasis merupakan kondisi di mana kulit bersisik akibat menumpuknya sel kulit mati yang kasar dan kering dimana kondisi ini terjadi pada saat sel kulit terpicu untuk tumbuh ke semua bagian tubuh termasuk kepala oleh sistem kekebalan tubuh.

 

  • Infeksi Jamur Malassezia

Meskipun jamur Malassezia hidup di kulit kepala namun jamur ini tidak akan menimbulkan penyakit lain namun bila terus dibiarkan maka jamur ini akan terus berkembang dan bisa menyebabkan kulit kepala mengalami iritasi.

Iritasi pada kulit kepala bisa membuat sel kulit bisa tumbuh dengan lebih cepat dari biasanya sedangkan sel kulit yang mati secara berlebihan akan menempel pada rambut dan jatuh sebagai ketombe ke pakaian.

Sebenarnya selain beberapa faktor yang disebutkan di atas munculnya ketombe juga bisa disebabkan oleh alergi akibat penggunaan pewarna rambut atau pemakaian produk perawatan rambut tertentu.

Dari sekian banyak bahan yang terdapat di dalam produk perawatan rambut paraphenylenediamine merupakan salah satu bahan yang biasanya bisa memicu berkembangnya ketombe di kulit kepala.

penyebab-ketombe

 

Faktor Lain Pemicu Tumbuhnya Ketombe

Berikut ini adalah faktor-faktor lain yang bisa memicu tumbuhnya ketombe diantaranya :

  • Munculnya ketombe yang disebabkan oleh stres
  • Faktor makanan juga bisa memicu munculnya ketombe dimana jika tubuh anda kekurangan asupan vitamin B, lemak dan seng maka ketombe rentan muncul di kulit kepala
  • Cuaca yang terlalu ekstrim seperti terlalu panas atau dingin juga bisa memicu tumbuhnya ketombe
  • Kondisi kesehatan seperti eksim, jerawat dan psoriasis juga bisa menimbulkan ketombe
  • Kondisi kesehatan yang serius seperti HIV, parkinson dan epilepsi ternyata juga bisa memicu tumbuhnya ketombe
  • Seseorang yang baru saja sembuh dari serangan jantung, stroke dan cedera pada kepala juga memiliki resiko yang tinggi untuk berketombe

 

Kondisi Yang Mirip Ketombe

Ada kalanya sesuatu yang terlihat mirip dengan ketombe belum tentu merupakan ketombe yang sebenarnya.

Hal ini bisa terjadi jika ada kutu kepala yang bertelur dimana telurnya akan terlihat mirip dengan ketombe dimana telur kutu juga sulit untuk rontok atau lepas dari kulit kepala.

Atau bisa saja kulit kepala anda terasa gatal yang biasanya merupakan gejala dari ketombe padahal bisa saja sebenarnya terdapat kurap yang juga bisa menghasilkan serpihan mirip ketombe dan bersisik di kulit kepala.

 

Bayi dan Cradle Cap

Jika bayi anda mempunyai dermatitis seboroik maka hal ini disebut sebagai cradle cap dimana bintik berwarna kuning kecoklatan yang terkadang terasa gatal.

Bagian tubuh yang terdapat cradle cap biasanya ditemukan pada area hidung, selangkangan, kelopak mata dan kulit kepala bayi.

Tidak usah panik karena seiring dengan berjalannya waktu cradle cap akan hilang dengan sendirinya biasanya terjadi pada saat bayi menginjak usia 8 bulan sampai 1 tahun.

Kalaupun anda ingin mengobatinya maka anda bisa menggunakan minyak sayur kemudian oleskan secukupnya pada kulit kepala bayi selama 10 menit kemudian cuci dengan menggunakan shampoo bayi.

Namun jika masalah tidak kunjung hilang setelah diobati maka ada baiknya jika anda segera berkonsultasi dengan dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.

cradle-crap

 

Apakah ketombe berbahaya ?

Sebenarnya ketombe bukanlah masalah yang berbahaya namun ada kalanya penderita akan merasa malu terhadap orang-orang di sekitarnya.

Memiliki ketombe bukan berarti menunjukkan bahwa seseorang tersebut hidupnya kurang bersih.

Ketombe tidak bisa menular ke orang lain jadi anda tidak usah takut jika anda merasa minder karena khawatir jika ketombe anda menular ke orang terdekat anda.

Ketombe tidak bisa menyebabkan masalah kerontokan rambut namun jika penderita sering menggaruk kulit kepala maka rambut akan mudah rontok.