Penyebab Kulit Kusam


Meski tidak selalu, namun kulit wajah yang kusam biasanya sering dikeluhkan oleh orang-orang yang memiliki jenis kulit wajah yang berminyak.

Alhasil kulit wajah yang kusam akan semakin membuat kepercayaan diri di depan umum menjadi berkurang karena penampilan Anda tidak sesuai dengan harapan Anda.

Dengan mengenali terlebih dahulu penyebab kulit kusam maka akan semakin baik karena dengan demikian Anda jadi bisa lebih cepat menanggulanginya apabila kulit wajah Anda sewaktu-waktu terlihat kusam.

Berikut ini merupakan Penyebab Kulit Kusam, diantaranya : Penyebab Kulit Kusam

 

1. Kurang Minum Air Putih

Salah satu fungsi air bagi tubuh adalah mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan menjaga kelembaban kulit.

Walaupun pelembab memiliki manfaat yang baik untuk kulit, namun tetap saja kebutuhan cairan tubuh harus tetap menjadi prioritas utama.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mengutamakan perawatan dengan menggunakan pelembab kulit.

Ada banyak resiko kesehatan yang bisa mengancam Anda apabila kekurangan cairan tubuh, misalnya kulit terlihat kusam.

Pada umumnya kebutuhan cairan tubuh orang dewasa adalah 8 gelas per hari.

 

2. Faktor Genetik

Selain disebabkan oleh kekurangan cairan tubuh, kulit yang terlihat kusam juga bisa disebabkan oleh faktor gen atau faktor keturunan

Bisa saja kulit Anda yang terlihat kusam berasal dari kakek, nenek, ayah ataupun ibu.

Bilamana memang benar demikian adanya maka ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengutamakan untuk mengatasi kulit yang berminyak, baru setelah itu berusaha mengatasi kulit yang terlihat kusam.

 

3. Stres

Pria atau wanita memiliki resiko yang sama untuk mengalami stres dimana kondisi ini bisa memberikan pengaruh terhadap kondisi kulit.

Stres bukan hanya bisa memberikan pengaruh terhadap kondisi kesehatan kulit namun juga memberikan pengaruh pada produktivitas kerja.

 

4. Kurang Tidur

Biasanya seseorang yang sering bekerja lembur hingga malam, begadang ataupun kurang tidur/istirahat cenderung memiliki kondisi kesehatan kulit yang kurang baik atau kusam.

Kebiasaan buruk tersebut sebaiknya segera dihentikan kecuali jika memang terkait dengan pekerjaan.

Terlalu sering begadang jika dibiarkan bisa menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang beraneka ragam seperti pucat, kusam, berminyak dan terlihat lesu.

Maka dari itu aturlah waktu Anda supaya Anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, yaitu setidaknya 8 jam per hari.

 

5. Efek Paparan Sinar Matahari kulit kusam

Sebenarnya sinar matahari bisa memberikan vitamin D bagi tubuh, lebih tepatnya bisa memberikan manfaat bagi tulang dan kulit.

Namun apabila tubuh mendapatkan terlalu banyak paparan sinar matahari pada siang hari maka hal ini akan mengganggu Anda, bahkan kulit Anda akan terancam terbakar.

Maka dari itu terlalu sering mendapatkan paparan sinar matahari pada siang hari bisa menyebabkan kulit terlihat kusam dan bahkan pada sebagian orang bisa menimbulkan bintik-bintik hitam pada kulit.

 

6. Faktor Cuaca

Kulit yang terlihat kusam bisa jadi disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, dimana hal ini akan membuat kulit memproduksi minyak dengan berlebihan dan hasilnya akan membuat kulit terlihat kusam.

Maka dari itu di musim panas, kulit akan lebih beresiko untuk terlihat kusam jika dibandingkan dengan musim yang lain.

 

7. Penggunaan Kosmetik yang Kurang Tepat

Bisa jadi kulit yang terlihat kusam juga disebabkan oleh penggunaan kosmetik yang kurang tepat dengan jenis kulit pengguna.

Sebagian besar dari produk kosmetik menggunakan bahan kimia dimana penggunaannya biasanya bisa memberikan efek samping yang membuat kulit terlihat kusam.

Bisa jadi produk kosmetik yang Anda gunakan bisa memicu kulit Anda untuk memproduksi minyak dengan berlebihan, sehingga dampaknya kulit Anda akan terlihat lebih kusam setelah Anda menggunakan produk kosmetik tertentu.

 

8. Pola Makan Tak Sehat wajah kusam

Ternyata kulit yang terlihat kusam juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat.

Namun sayangnya hal ini biasanya dianggap tidak terlalu penting, padahal dari makanan yang dikonsumsi biasanya lemak dan minyak adalah faktor yang bisa membuat tubuh memproduksi minyak dengan berlebihan sehingga akan terlihat kusam.

Makanan berlemak dan berminyak tinggi bukan hanya bisa menyebabkan kolesterol tinggi serta penyakit jantung, namun juga bisa merusak kesehatan kulit.

Dari berbagai jenis makanan tersebut, kandungan lemak di dalamnya bakal tertimbun di dalam tubuh sehingga produktivitas minyak pada kulit secara otomatis akan semakin banyak.

Pada akhirnya kulit akan menjadi terlihat lebih kusam dan kurang menarik jika tampil di depan umum.

Kulit kusam terjadi akibat konsumsi makanan yang kaya akan gula juga, jadi perbanyaklah asupan serat, makanan berantioksidan, berasam lemak esensial tinggi, serta berkadar protein banyak.

Berbagai makanan yang mengandung vitamin C, bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit dan tubuh.

 

9. Kurang Bersih saat Mencuci Wajah

Setiap hari membersihkan wajah dengan mandi sebanyak 2 kali sebenarnya tidaklah cukup karena tubuh dan kulit Anda butuh untuk terkena air secara rutin.

Pada saat air membersihkan kulit maka sel-sel kulit mati akan terangkat, dimana hal ini secara tidak langsung akan mengatasi masalah kulit kusam.

Exfoliation atau pengelupasan kulit juga krusial, apalagi kalau kulit yang kusam disebabkan oleh kulit yang mengalami ekstra kekeringan.

Ketika melakukan pengelupasan kulit atau mengangkat sel-sel mati, ini bakal membuat wajah kelihat lebih segar dan cerah.

Meski demikian sebaiknya berhati-hatilah ketika melakukan exfoliation karena kalau tidak malah bisa menyebabkan inflamasi atau iritasi kulit.

 

10. Merokok 

berhenti merokok

berhenti merokok

Bila Anda memiliki kebiasaan merokok maka dalam jangka waktu yang lama biasanya Anda akan memiiki kondisi kesehatan jantung yang buruk serta kulit yang terlihat pucat dan kusam.

Merokok juga bisa menyebabkan penuaan dini dimana pada kulit akan terlihat mulai bermunculan kerutan halus serta kulit kusam.

 

11. Kekurangan Vitamin A dan B

Meskipun pada umumnya sumber vitamin yang baik untuk kulit adalah vitamin C dan E, namun vitamin A dan B juga tidak kalah penting.

Mencukupi kebutuhan vitamin A dan B juga bisa membantu Anda untuk mengatasi kulit kusam.

 

12. Paparan Polusi

Bukan hanya paparan sinar matahari yang bisa membuat kulit terlihat kusam, namun juga paparan polusi seperti asap kendaraan dan debu.

Maka dari itu usahakan pada saat berada di jalanan yang panas, macet dan berdebu, Anda mengenakan pakaian lengan panjang atau jaket, topi, masker atau kacamata.

Pada saat menjaga kesehatan kulit, pastikan bahwa Anda mencukupi kebutuhan vitamin A, B, C, E, dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat.

Selain itu mencukupi kebutuhan air dan memiliki kualitas tidur yang baik juga tidak kalah penting.