Penyebab Lain Dari Penyakit Maag

Gambaran Helicobacter Pylori

Gambaran Helicobacter Pylori

Selain karena pola makan yang tidak baik, penyebab lain dari sakit maag maupun penyakit lambung adalah bakteri. Bakteri yang dapat menyebabkan maag maupun sakit pada lambung bernama Helicobacter Pylori.

Bakteri Helicobacter Pylori berbentuk seperti kapsul dengan posisi yang agak melengkung. Salah satu kutub tubuhnya terdapat flagella yang berfungsi sebagai penggerak. Helicobacter Pylori memiliki sifat yang sangat kompleks, sehingga mampu untuk bertahan dan tetap hidup dalam lingkungan yang penuh dengan asam seperti organ lambung.

Bakteri helicobacter Pylori mampu merubah lingkungan mikro disekitarnya menjadi sedikit basa, sehingga bakteri ini mampu hidup dan berkembang biak dalam kelompok kecil dalam lapisan lendir mukosa lambung.

Bakteri Helicobacter Pylori dilengkapi dengan flagella yang selain sebagai alat penggerak, juga bisa digunakan sebagai bor untuk melubangi mukosa lambung, sehingga dia mampu memasuki bagian dasar kripta atau cekungan mukosa serta menetap dan berkembang biak disana.

Bakteri ini juga mampu mempengaruhi system imunitas tubuh kita sehingga system imunitas tubuh kita menganggap bahwa bakteri tersebut adalah bagian dari jaringan lambung itu sendiri. Karena system imunitas tubuh kita tidak dapat mengenali bakteri ini maka bakteri helicobacter Pylori mampu bertahan dalam waktu yang lama dalam tubuh khususnya lambung kita.

Sebenarnya bakteri Helicobacter pylori merupakan salah satu jenis bakteri yang membutuhkan oksigen untuk dapat bertahan hidup. Namun kadar oksigen yang dia butuhkan lebih rendah daripada kadar oksigen yang ada di atmosfir bumi.

Bakteri helicobacter pylori ditemukan oleh dua orang dokter peraih Nobel dari Australia yang bernama BarryMarshall serta Robin Warre. Dua orang doter tersebut yang menemukan adanya bakteri yang masih hidup di dalam lambung manusia.

koloni helicobacter pylori dalam lambung

koloni helicobacter pylori dalam lambung

Penemuan ini kemudian merubah cara pandang para ahli kesehatan tentang penyebab dari penyakit lambung serta cara pengobatan penyakit lambung. Dan sekarang telah terbukti bahwa infeksi yang disebabkan oleh helicobacter pylori pada lambung dapat menyebakan terjadinya peradangan pada mukosa lambung yang disebut dengan nama gastritis. Proses ini akan terus berlanjut hingga membentuk luka atau biasa disebut tukak lambung dan semakin parah menjadi kanker lambung.

Helicobacter pylori juga dapat menyebabkan penyakit yang gejalanya menyerupai sakit maag, yaitu kembung, mual serta nyeri pada lambung. Infeksi bakteri helicobacter pylori kemungkinan besar ditularkan melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh bakteri maupun melalui kontak langsung dari manusia ke manusia yang lain. Selain itu bisa juga ditularkan melalui penggunaan sendok, gelas maupun piring makan yang kurang bersih.

Infeksi bakteri helicobacter pylori merupakan salah satu infeksi lambung yang paling sering terjadi. Sekitar 2/3 dari populasi manusia di seluruh dunia membawa bakteri ini di dalam perutnya. Sekitar 4 dari 5 orang yang memiliki bakteri helicobacter dalam perutnya telah mengalami infeksi, dimana sebagian kecil lainnya tetap tidak menampakkan gejala yang signifikan selama masa hidupnya.

Namun ada pula sebagian masyarakat yang mengalami berbagai gangguan khususnya pada bagian perut, seperti adanya radang ringan di sepanjang lapisan lambung sampai pembentukan ulkus atau luka di bagian lambung maupun usus duodenum.

Meskipun kasusnya tidak begitu banyak, namun infeksi bakteri helicobacter pylori mampu menyebabkan kondisi yang sangat fatal serta mengancam nyawa, seperti munculnya penyakit kanker lambung.

Bakteri helicobacter pylori sangat sulit dideteksi oleh system imunitas tubuh, sehingga bakteri ini akan terus berkembang dan membentuk tukak lambung, dysplasia, adenoma  yang akhirnya akan membentuk kanker lambung yang sangat berbahaya.

penyakit yang disebabkan oleh helicobacter pylori

penyakit yang disebabkan oleh helicobacter pylori

Infeksi helicobacter pylori lebih sering terjadi di tempat yang penuh sesak dan kebersihan yang buruk. Di negara-negara yang kebersihannya buruk, 90% dari populasi orang dewasa dapat terinfeksi bakteri helicobacter.

Orang yang telah terinfeksi umumnya akan membawa infeksi tersebut terus menerus sehingga mereka harus dirawat dengan penggunaan obat-obatan pembasmi bakteri. 1 dari 7 orang pengidap infeksi helicobacter akan menyebangkan luka pada lambung serta usus dua belas jari. Selain berhubungan dengan kanker lambung, helicobacter juga dapat mengembangkan suatu tipe tumor lymphocytic di bagian perut yang disebut MALT lymphoma. Namun kasus ini jarang sekali terjadi.

Semuanya bisa dicegah dengan melakukan pola hidup sehat serta selalu menjaga kebersihan. Pola makan yang sehat serta kebersihan umum yang memadai akan menghindarkan kita dari serangan maupun masuknya bakteri helicobacter pylori dalam tubuh kita.

Prosedur pengobatan standar yang pertama dilakukan adalah dengan menghilangkan atau memusnahkan bakteri helicobacter pylori dari lambung, lalu dilanjutkan dengan menangani gejala-gejala yang ada.

Bila sudah terjadi luka pada lambung maupun usus dua belas jari, maka cara penanganannya adalah dengan cara mengatur pola makan serta pemberian obat antibiotic yang sesuai untuk membunuh bakteri helicobacter pylori.

Pemberian obat dilakukan bertujuan untuk mengurangi produksi asam lambung untuk menyembuhkan luka pada lambung dan disertai dengan pemberian obat antibiotic seperti amoksisilin, metronidazole maupun klaritomisin, untuk membasmi bakterinya. Obat-obatan yang diberikan dalam hal mengatur produksi asam lambung, meliputi pantoprazole, lansoprazole, omeprazole, serta rabeprazol.

kimchi

kimchi

Bila seseorang yang mengalami infeksi bakteri helicobacter termasuk orang yang resisten terhadap obat antibiotika tertentu, kemungkinan akan diberi tambahan antibiotic yang lain yang tentunya sesuai dan cocok untuk membasi bakteri.

Memasukkan brokoli ke dalam menu makanan sehari-hari dipercaya mampu mengurangi koloni bakteri helicobacter pylori dalam lambung secara signifikan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan Korea, seperti Kimchi yang terbuat dari kol yang telah difermentasi juga dipercaya mengandung bakteri yang efektif untuk melawan bakteri Helicobacter pylori.