Penyebab Mata Minus

Bila mata anda minus maka anda harus mengetahui bahwa mata anda minus karena kelengkungan kornea mata anda cenderung lebih pendek sedangkan sumbu bola mata cendrung terlalu panjang.

Bisa juga mata anda minus dikarenakan anda memiliki aktivitas yang terlalu sering membuat mata anda menjadi lelah seperti membaca buku atau terlalu lama bekerja di depan komputer.

Penyakit ini bisa terus tumbuh pada seseorang terutama jika memasuki masa pertumbuhan.

Tubuh yang terus bertambah tinggi juga bisa menambah minus pada mata karena makin bertambah panjangnya sumbu bola mata.

mata minus

Berikut ini adalah penyebab mata minus diantaranya :

  • Asupan Makanan Sehat Minim

Seseorang yang kurang mendapatkan nutrisi yang lengkap atau 4 sehat 5 sempurna pada makanannya biasanya akan mengalami gangguan pada beberapa fungsi organ tubuh, termasuk pada mata.

Maka dari itu pastikan supaya anda makan makanan dengan gizi yang lengkap dan seimbang supaya tidak mengalami gangguan kesehatan.

 

  • Kebiasaan Buruk membaca sambil tidur

Mata minus serta gangguan lain pada mata bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tidak kita sadari yang membuat mata menjadi lelah karena otot pada mata bekerja dengan berlebihan.

Contoh yang paling sederhana adalah kebiasaan buruk membaca di ruangan yang gelap, membaca dalam posisi tidur, membaca dengan jarak baca yang terlalu dekat dengan mata dna berbagai kebiasaan buruk yang lain.

 

  • Berada di Ruangan yang Tidak Sehat

Tanpa anda sadari berada di lingkungan yang terdapat kualitas udara, air, dan makanan yang buruk bisa memberikan pengaruh yang buruk bagi kesehatan mata.

Jika anda sering menghabiskan waktu di jalanan maka mata anda akan lebih sering terkena sinar terik matahari, paparan debu dan asap knalpot yang dalam jangka waktu yang lama bisa menjadikan mata anda minus.

Selain itu penggunaan bahan kimia yang berbahaya pada makanan seperti bahan pengawet dan bahan pewarna bisa membuat mata menjadi minus jika anda mengonsumsi makanan yang terdapat bahan kimia berbahaya tersebut.

 

  • Asupan Gula Berlebihan

Mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu manis ternyata bisa menyebabkan mata menjadi minus.

Maka dari itu ubahlah gaya hidup anda dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dengan gizi yang lengkap dan seimbang untuk menjaga kesehatan mata anda.

 

  • Jarang dapat Sinar Ultra Violet

Di awal tulisan telah disebutkan bahwa kesehatan mata bisa dipengaruhi oleh paparan sinar matahari akan tetapi hal itu baru bisa terjadi jika dalam jumlah yang sering karena organ mata rentang terhadap sinar matahari yang secara langsung atau terlalu terik.

Maka untuk mendapatkan paparan sinar matahari yang dibutuhkan ada baiknya jika tiap pagi hari anda melakukan olahraga ringan misalnya jalan santai atau lari pagi sambil menikmati pemandangan taman untuk mendapatkan cahaya alami yang dibutuhkan oleh mata serta vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang.

Namun jika pada suatu hari anda berada di luar ruangan rumah dan keadaan sekitar sedang panas terik maka disarankan untuk menggunakan kacamata hitam untuk mencegah silau serta mencegah gejala mata minus.

 

  • Terlalu Sering di Depan Layar Kaca resiko-kesehatan-akibat-terlalu-lama-nonton-tv

Mata yang minus bisa disebabkan oleh kebiasaan terlalu lama berada di depan layar kaca misalnya seperti menonton televisi atau menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini bisa terjadi karena pada saat mata menatap monitor atau televisi, maka mata akan lebih fokus dan jarang berkedip ketika mata sedang memperhatikan layar yang memancarkan sinar radiasi tersebut.

Kebiasaan menatap layar monitor dalam waktu yang lama bisa membuat kinerja retina menjadi tidak normal dan mata menjadi lebih cepat kering dimana hal ini bisa menyebabkan mata menjadi minus atau plus.

Untuk anak-anak hingga remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan biasanya cenderung mengalami mata minus, sedangkan untuk orang dewasa atau orang tua cenderung mengalami mata plus.

penyebab mata minus

Penyebab Mata Minus anak-anak

Jumlah kasus anak-anak yang mengalami mata minus atau rabun jauh lebih banyak ditemukan di wilayah perkotaan jika dibandingkan dengan anak-anak yang berada di wilayah desa.

Hal ini bisa terjadi karena anak-anak yang berada di wilayah perkotaan jarang menghabiskan waktu di luar rumah, selain ditentukan oleh faktor genetis juga.

Berikut ini adalah penyebab mata minus pada anak-anak diantaranya :

  • Teknologi

Penyebab utama dari mata minus pada anak-anak biasanya terjadi karena penggunaan teknologi yang dilakukan secara berlebihan.

Sudah merupakan hal yang umum terjadi bahwa anak-anak sering mengabaikan perintah orang tua untuk membaca buku di ruangan yang gelap, menonton televisi atau membaca buku sambil tiduran, padahal kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa memberikan pengaruh yang buruk pada kesehatan mata.

Apalagi belakangan ini anak-anak mulai terjangkit wabah teknologi pada handphone seperti BBM atau aplikasi media sosial yang membuat anak menghabiskan waktu luangnya untuk bersantai sambil tiduran untuk berselancar di dunia maya.

Belum ditambah biasanya anak-anak mulai kecanduan main game yang ada pada handphone sehingga ada kalanya anak-anak menikmati permainan game di handphone sambil tiduran, padahal mata yang terlalu fokus pada handphone dalam waktu yang lama bisa membuat mata menjadi cepat lelah.

 

  • Kebiasaan Buruk

Mata yang menjadi minus bukan langsung terjadi dalam waktu hitungan menit atau jam, namun karena akumulasi dari kebiasaan-kebiasan buruk yang sering dilakukan yang bisa merusak kesehatan mata termasuk dengan mata minus.

 

  • Hal Sepele Yang Diabaikan

Ada kalanya mata yang minus bisa disebabkan oleh hal yang sepele misalnya seperti kurang mendapatkan asupan makanan yang mengandung vitamin A, membaca tulisan di ruangan yang gelap atau dengan lampu yang terlalu terang atau terlalu sering berada di ruangan yang banyak terdapat debu.

Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa anak-anak yang banyak menghabiskan waktu bermain di luar rumah cenderung memiliki mata yang lebih sehat jika dibandingkan dengan anak-anak yang menghabiskan waktu bermainnya dengan bermain video game di rumah.

Untuk mengurangi bertambahnya mata minus anda bisa mencegahnya dengan menjaga kesehatan mata anda, misalnya dengan menggunakan lensa kontak atau kacamata dengan ukuran yang sesuai kebutuhan dan yang tidak kalah penting hindari kebiasaan membaca atau berada di depan monitor dalam waktu yang lama.

Biasanya pada usia mendekati 30 tahunan mata minus akan berhenti dan ketika memasuki usia 40 tahunan mata minus akan cenderung turun.