Penyebab Ngompol Pada Orang Dewasa

Ngompol adalah kondisi dimana air kencing atau urine keluar secara tidak disengaja pada saat seseorang sedang tidur.

Namun bisa saja seseorang mengalami kondisi ngompol pada saat dirinya sedang dalam kondisi tertentu seperti merasa ketakutan.

Ngompol bukan hanya bisa dilakukan oleh anak kecil atau bayi karena orang dewasa juga bisa ngompol.

Penyebab Ngompol Pada Orang Dewasa

Tentu saja orang dewasa yang memiliki kebiasaan ngompol pada saat tidur akan merahasiakan kebiasaan ini karena dianggap tabu atau memalukan.

Meskipun kasus ngompol yang terjadi pada orang dewasa termasuk kecil yakni sekitar 2% dari seluruh populasi manusia namun kondisi ini bisa menimpa siapa saja baik pria atau wanita dewasa.

Dalam keadaan sadar seseorang ketika seseorang mengalami ketakutan yang luar biasa maka secara tidak sadar dirinya akan ngompol pada saat itu juga dan biasanya dirinya baru akan sadar ketika rasa takut itu hilang dan celananya terasa basah karena ngompol.

Dengan demikian ngompol bukan hanya dimonopoli oleh bayi karena orang dewasa dan orang yang sudah lanjut usia juga bisa ngompol.

Di dalam dunia medis kebiasaan ngompol dikenal dengan istilah nocturnal enuresis dimana kondisi ini bisa dibedakan menjadi dua kategori yaitu ngompol primer dan ngompol sekunderorang dewasa ngompol

Kondisi ngompol primer biasanya dialami oleh bayi, balita dan anak kecil dimana kondisi ini biasanya akan hilang dengan sendirinya ketika anak akan memasuki usia 6-7 tahun.

Untuk anak kecil wanita biasanya ngompol primer akan berhenti ketika si anak memasuki usia 6 tahun sedangkan untuk anak kecil laki-laki biasanya ngompol primer akan berhenti ketika si anak memasuki usia 7 tahun.

Sedangkan kondisi ngompol sekunder biasanya dialami oleh orang dewasa, remaja dan orang tua.

Ngompol sekunder berbeda dengan ngompol primer karena bisa dikategorikan sebagai masalah medis.

Ada sebagian kalangan medis yang memberikan istilah inkontinensia urine pada penderita ngompol sekunder dimana inkontinensia urine artinya adalah ketidakmampuan untuk menahan keluarnya air urine baik dalam keadaan ngompol (tidak sadar) atau dalam keadaan sadar (terkencing-kencing atau beser).

 

Penyebab Ngompol Pada Orang Dewasa

Bisa dikatakan bahwa sebagian besar penyebab dari ngompol pad orang dewasa adalah karena disebabkan oleh faktor keturunan yakni sebesar 75% kemungkinan.

Sedangkan 25% kemungkinan lainnya berasal dari kemungkinan lain yaitu karena faktor penyakit diabetes, infeksi saluran kemih, masalah tidur dan sebagainya.

Berikut ini adalah penyebab orang dewasa ngompol diantaranya :

Faktor Keturunan

Bila masa muda dari orang tua anda memiliki kebiasaan mengompol di masa dewasanya maka anda beresiko tinggi untuk memiliki kebiasaan ngompol yang sama ketika memasuki dewasa.

Faktor keturunan memang memiliki peranan yang besar dalam memberikan pengaruh dari orang tua yang memiliki kebiasaan ngompol di masa dewasanya pada anaknya nanti.

Meski demikian bisa saja ada faktor lain yang bisa memberikan pengaruh pada seseorang sehingga dirinya memiliki kebiasaan ngompol di masa dewasanya, misalnya karena pengaruh gaya hidup atau pola makan yang tidak sama dengan orang tuanya.

Misalnya sejak kecil hingga dewasa dibesarkan oleh keluarga selain bapak atau ibu sehingga pola makannya berbeda dengan kedua orang tuanya sehingga kebiasaan ngompol tidak akan menurun pada anaknya.

 

Faktor Usia

Umur manusia merupakan sebuah siklus dimana kehidupannya berawal dari bayi, kemudian naik hingga dewasa kemudian menurun hingga memasuki usia lanjut usia.

Sebagaimana bayi, seseorang yang telah memasuki masa lanjut usia akan memiliki otot-otot tubuh yang mulai melemah serta menurunnya beberapa fungsi organ tubuh termasuk dengan menurunnya sinyal untuk mengontrol keluarnya kandung kemih.

Sedangkan untuk seorang lanjut usia yang memiliki penyakit gangguan otak seperti demensia dan stroke memiliki resiko yang tinggi untuk memiliki kebiasaan ngompol.

 

Gangguan Tidur

tanda kurang tidur

tanda kurang tidur

Biasanya pada saat seseorang sedang tidur dirinya akan terbangun seketika pada saat dirinya sedang ada keinginan untuk buang air kecil.

Namun bagi seseorang yang mengidap sleep apnea atau masalah tidur dirinya akan merasa ingin buang air kecil di dalam mimpinya entah dilakukan di kamar mandi atau tempat yang lainnya, dan pada saat terbangun dari mimpi dirinya akan sadar bahwa ternyata aksi buang air kecil yang dilakukan di dalam mimpi tersebut benar-benar dilakukannya di dunia nyata ketika melihat bahwa tempat tidurnya ada bekas urine.

Tentunya kebiasaan ngompol di masa dewasa ini bisa menimbulkan rasa malu yang luar biasa bagi penderitanya sehingga dirinya cenderung merahasiakan kebiasaan buruk ini.

Jika tidak segera ditangani kebiasaan ngompol di masa dewasa ini bisa menimbulkan masalah depresi bagi penderitanya.

 

Konstipasi konstipasi

Konstipasi atau biasa dikenal dengan sembelit merupakan masalah yang berhubungan dengan kesulitan buang air besar dimana tinja sulit keluar karena keras.

Volume kandung kemih bisa berkurang karena keluarnya tinja yang keras dimana kandung kemih akan tertekan.

Kandung kemih akan lebih cepat terasa penuh karena volume kandung kemih yang berkurang,

Dengan demikian bagi seseorang yang mengalami kondisi konstipasi biasanya pada saat dirinya terjaga akan lebih sering buang air kecil.

Namun ketika dirinya sedang tidur dirinya akan mudah ngompol karena kandung kemih yang penuh dan tidak terkontrol sehingga tanpa disadari urine akan keluar dengan sendirinya.

 

Diabetes

Bagi seseorang yang memiliki penyakit diabetes biasanya dirinya akan memproduksi urine dengan lebih banyak terutama pada penderita diabetes insipidus.

Karena penderita diabetes memproduksi air seni atau urine secara berlebihan maka biasanya dirinya akan sering buang air kecil di siang hari sedangkan di malam harinya dirinya akan ngompol.

Belum ditambah dengan penderita diabetes biasanya memiliki daya kontrol yang lemah terhadap bagian kandung kemih karena dirinya mengalami kerusakan syaraf pada bagian kandung kemih.

 

Pembesaran Prostat

pembesaran prostat

pembesaran prostat

Kandung kemih bisa mengalami pembesaran otot jika terjadi pembesaran kelenjar prostat.

Dengan membesarnya otot kandung kemih maka fungsi kandung kemih menjadi tidak stabil dan tidak terkontrol.

Kondisi ini bisa membuat penderita kelainan prostat lebih sering kencing dan tidak bisa mengendalikan keluarnya pipis ketika dirinya sedang tidur.

 

Infeksi Saluran Kemih

Penyebab ngompol pada orang dewasa juga bisa disebabkan oleh infeksi saluran kemih, dimana hal ini bisa terjadi karena letak uretra yang tidak jauh dari vagina, dengan demikian penyebab ini hanya bisa dialami oleh wanita dewasa.

Infeksi saluran kemih yang dialami bisa membuat penderita mudah selalu merasa ingin buang air kecil dan ngompol pada saat tidur.