Penyebab Rambut Kering

Ketika rambut tidak lagi memproduksi minyak alami maka akibatnya adalah rambut berubah menjadi kering dimana hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk faktor luar seperti sering berenang atau berendam di air yang mengandung klorin, sering terkena panas matahari, terlalu sering menggunakan hairdryer, ataupun menggunakan produk perawatan rambut.

Siapapun bisa mengalami rambut kering baik pria atau wanita, baik orang dewasa ataupun anak-anak.

 

Penyebab Rambut Kering penyebab-rambut-kering

Ada banyak hal yang bisa menjdi penyebab rambut kering, rapuh dan kusam, namun masalah ini biasanya sering terjadi pada seseorang yang terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut yang terbuat dari bahan kimia.

Faktor penyebab rambut kering yang lain juga bisa berasal dari penyakit atau kondisi tertentu seseorang.

Berikut ini adalah beberapa penyebab rambut kering yang perlu Anda ketahui diantaranya :

  • Cuaca

Rambut seseorang yang rapuh dan kering bisa disebabkan oleh cuaca misalnya rambut sering terkena panas matahari terlalu lama pada saat cuaca panas.

Bisa pula karena berenang pada cuaca panas atau menggunakan produk perawatan rambut yang menggunakan bahan alkohol dimana hal ini bisa membuat rambut mengalami dehidrasi.

Bukan hanya cuaca panas yang bisa menjadi penyebab rambut kering karena dengan berada di dalam ruangan yang lembab dalam waktu yang lama pada cuaca yang dingin juga bisa menjadikan rambut kering.

Maka dari itu dalam segala cuaca anda harus selalu memperhatikan perawatan rambut supaya rambut anda tidak menjadi kering dan rapuh.

 

  • Produk perawatan rambut produk-perawatan-rambut

Alasan anda membeli suatu produk perawatan rambut pasti karena ingin memiliki rambut yang terlihat indah, sehat dan terawat.

Namun sayangnya ternyata ada banyak produk perawatan rambut yang ternyata malah bisa menjadi penyebab rambut kering.

Mungkin saja rambut anda akan menjadi lebih mudah diatur dan lebih lembut setelah menggunakan produk perawatan rambut, tapi jika produk perawatan rambut tersebut terlalu sering digunakan maka akan menyebabkan menumpuknya protein pada rambut dan inilah yang pada akhirnya bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

 

  • Perubahan hormon

Faktor penyebab rambut kering yang lain adalah perubahan hormon yang biasanya disebabkan oleh masa kehamilan, akibat mengonsumsi pil KB dan menopause dimana fase ini ternyata juga bisa memberikan pengaruh negatif pada rambut termasuk dengan rambut menjadi rapuh dan kering.

 

  • Menggunakan shampoo yang tidak cocok

Bila di rambut anda sering timbul minyak maka disarankan untuk lebih memilih sering membilas rambut dengan air bersih jika dibandingkan dengan menggunakan shampoo.

Membilas rambut berkali-kali dengan air untuk menghilangkan minyak lebih dianjurkan daripada menggunakan shampoo yang salah karena tidak semua shampoo dibuat sama, baik bahan maupun fungsinya.

 

  • Menggunakan pengering rambut dengan cara yang tidak tepat

Rambut anda bisa menjadi kering dan rusak bila anda menggunakan pengering rambut dengan suhu yang berlebihan atau terlalu panas.

Maka dari itu gunakan pengering rambut dengan suhu yang pas supaya rambut anda tidak malah menjadi rusak dan kering.

 

  • Alat penata rambut alat-catok-rambut

Alat catok atau pengering rambut dan berbagai alat penata rambut lain bekerja pada suhu yang tinggi dimana hal ini bisa menjadi penyebab kerusakan rambut.

Bila memang terpaksa maka anda bisa menggunakan berbagai alat penata rambut tersebut dengan suhu tidak lebih dari 200 derajat Celsius.

 

  • Menyisir rambut saat basah

Rambut tidak akan berubah menjadi kering setelah anda menyisir rambut anda dalam keadaan masih basah.

Akan tetapi menyisir rambut dalam keadaan basah bisa membuat ujung rambut menjadi rapuh dan bisa menjadi penyebab rambut bercabang (rusak permanen pada batang rambut).

Bila memang anda ingin menyisir rambut dengan kondisioner setelah mandi maka ada baiknya jika menyisir rambut dengan menggunakan jari tangan daripada dengan menggunakan sisir.

 

  • Kekurangan nutrisi

Rambut yang kering dan rapuh juga bisa disebabkan oleh asupan nutrisi yang kurang optimal dan diet yang kurang vitamin dan protein.

Selain itu jika terlalu sering mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak gula dan lemak ternyata juga bisa memberikan pengaruh yang negatif pada rambut.

Diet yang sehat namun tetap memiliki rambut yang sehat harus menjaga asupan makanan dan minuman yang mengandung vitamin, protein dan air.

Rambut bisa tumbuh dengan tidak sehat bila tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup sehingga dengan kata lain tubuh yang kekurangan gizi juga bisa menimbulkan kerusakan rambut.

Tubuh yang kekurangan gizi bisa menimbulkan banyak masalah pada rambut seperti rambut rontok, rambut kering dan rambut rapuh.

 

  • Perawatan medis tertentu

Kondisi rambut yang buruk dan tidak sehat ternyata juga bisa disebabkan oleh pengobatan dan perawatan medis.

Beberapa pengobatan untuk penyakit kardiovaskular, kolesterol tinggi, eczema, hepatitis, dan diabetes memiliki efek samping berupa rambut kering dan rapuh.

Perawatan rambut untuk penyakit kronis, operasi, transplantasi, dan bypass gastrointestinal juga dapat menyebabkan rambut kering dan rapuh.

 

  • Mengabaikan kesehatan rambut

Suplai produksi minyak alami dan lapisan kutikula pada rambut bisa berkurang jika anda terlalu sering menggunakan alat-alat penata rambut dan produk-produk perawatan rambut.

Sederhana saja, jika anda bisa merawat rambut anda dengan teratur maka kerusakan rambut bisa dicegah sejak dini.