Penyebab Serta Jenis Makanan Untuk Mencegah Jerawat

jerawat di wajah

jerawat di wajah

Jerawat, merupakan masalah pada kulit yang paling sering terjadi. Umumnya masalah seperti jerawat paling banyak dialami oleh para remaja yang sedang memasuki masa puber. Namun ada juga masalah jerawat yang terjadi pada orang-orang yang sudah memsuki usia dewasa.

Seperti yang kita ketahui bersama, jerawat merupakan suatu keadaan dimana adanya penyumbatan pada pori-pori sehingga menimbulkan peradangan pada kantung nanah.

Umumnya, jerawat terjadi karena adanya perubahan hormonal, seperti masa menstruasi, masa kehamilan, penggunaan pil KB maupun karena stres.

Selain karena faktor hormonal, ternyata jerawat maupun komedo bisa saja terjadi karena kebiasaan sehari-hari yang sering kita lakukan baik secara sengaja maupun tidak.

Menurut seorang dermatologis terkenal yang bernama Dr. Ava Shamban, ada beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan munculnya masalah seperti jerawat.

  • Menyentuh kulit

Jerawat dapat tumbuh di mana saja pada bagian kulit yang paling sering anda sentuh. Contohnya, anda sering memegang bagian dagu, pelipis maupun dahi. Tangan anda terdapat berbagai jenis mikroba maupun debu yang nantinya akan menyumbat pori-pori pada bagian tersebut sehingga muncullah jerawat.

  • Keringat

Ketika cuaca panas maka nantinya akan membuat produksi keringat menjadi semakin banyak. Sebaiknya jangan menyeka keringat dengan tangan. Gunakan sapu tangan yang berbahan lembut.

  • Memakai kacamata

Memakai kacamata membuat minyak, kulit mati maupun debu akan lebih mudah terkumpul sert menutup pori-pori dibagian dasar frame kacamata. Hal yang sama juga berlaku bila anda sering memkai kacamata hitam. Upaya pencegahannya adalah dengan membersihkan area kulit di sekitar frame kacamata secara lebih teliti.

  • Gaya rambut

Mungkin terdengar aneh, tapi gaya rambut model layer yang sangat ngetren bisa menyebabkan munculnya jerawat. Bila kulit anda termasuk kulit berminyak hal seperti akan semakin menambah munculnya jerawat pada bagian wajah. Gaya rambut seperti ini nantinya akan menutupi pori-pori wajah sehingga menyebabkan jerawat.

  • Efek samping pemakaian tabir surya

tabir-suryaMenggunakan tabir surya merupakan hal yang baik untuk mencegah dampak buruk sinar ultraviolet. Namun, terkadang beberapa produk tabir surya yang tidak mengandung bahan noncomedogenic akan membuat komedo bermunculan sehingga menutup pori-pori kulit.

Namun, anda tidak perlu risau dengan munculnya masalah pada kulit seperti timbulnya jerawat. Anda dapat menghadapinya dengan cara yang sangat mudah. Anda tidak perlu mencoba berbagai macam krim anti jerawat maupun melakukan perawatan hanya untuk menyingkirkan jerawat.

Anda cukup menjaga asupakan makanan anda kaya akan nutrisi sehingga masalah seperti jerawat maupun komedo akan lenyap.

Dibawah ini adalah beberapa jenis makanan yang bisa membantu anda untuk mengatasi msalah jerawat, meliputi:

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran segar yang berdaun hijau, seperti selada, bayam, kubis maupun arthichoke ternyata tidk hanya baik untuk kesehatan tubuh serta kesehatan organ pencernaan saja. Sayuran berdaun hijau juga dapat mengatasi masalah jerawat yang timbul. Sayuran berdaun hijau umumnya mengandung banyak vitamin, mineral dan juga antioksidan yang baik juga untuk kesehatan kulit.

  • Mentimun

Mentimun merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A, C, E, air serta berbagai asam amino yang bai untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Mengkonsumsi mentimun akan baik sekali untuk mengatasi jerawat.

  • Bawang putih
bawnag putih

bawnag putih

Bawang putih memiliki aroma yang keras serta tidak menyenangkan bagi orang-orang tertentu. Namun, bawang putih memiliki efek antibakteri yang nantinya akan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk melawan berbagai bakteri yang nantinya dapat menyebabkan jerawat.

  • Kopi atau teh

Kopi atau teh juga dapat membantu tubuh kita untuk mengatasi munculnya jerawat. Sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi atau teh dengan menambahkan terlalu banyak gula. Kopi atau teh akan dapat membantu tubuh kita menetralisir racun-racun dari dalam yang nantinya juga akan membuat kita terhindar dari jerawat.

  • Tomat

Tomat tidak saja mengandung banyak vitamin C. Selain mengandung vitamin C, tomat juga mengandung bioflavonoid yang dapat membantu mengobati kulit yang luka maupun rusak. Dengan cara mengkondumdi tomat secara rutin akan membuat anda terhindar dari jerawat.

  • Minyak zaitun

Minyak zaitun lebih ringan sehingga mudah sekali untuk diserap oleh tubuh. Minyak zaitun juga mudah sekali untuk dimanfaatkan. Minyak zaitun bisa diaplikasikan sebagai tabir surya alami maupun untuk masker wajah yang baik sekali untuk menekan timbulnya masalah jerawat.