Penyebab Wanita Lebih Mudah Mengalami Kembung

kembungAda begitu banyak perbedaan antara wanita dengan pria, salah satunya adalah perbedaan pada saluran pencernaannya. Dengan adanya perbedaan pada saluran pencernaan ini membuat para wanita mengalami kecenderungan lebih mudah mengalami perut kembung serta sembelit jika dibandingkan dengan pria.

Seorang pakar gastroenterology Dr. Robynne Chutkan menjelaskan, penyebab utama dari keluhan seperti perut kembung maupun sembelit pada wanita dikarenakan usus wanita lebih panjang jika dibandingkan dengan usus pria.

Colon atau usus besar wanita memiliki ukuran lebih panjang 10 cm. Ukuran usus yang lebih panjang pada wanita bertujuan agar wanita dapat lebih banyak menyerap cairan ketika melahirkan. Jadi, wanita harus bisa memastikan cairan amniotic atau plasenta selalu dalam keadaan penuh. Kondisi seperti ini juga didukung dengan sirkulasi serta volume darah yang semakin meningkat selama masa kehamilan.

Selain karena kondisi usus yang lebih panjang, penyebab wanita lebih mudah mengalami kembung serta sembelit adalah karena adanya perbedaan pada bentuk panggul. Bentuk panggul wanita lebih bulat daripada pria.

Dengan bentuk panggul yang lebih bulat pada wanita, maka usus besar wanita lebih banyak mengisi panggul. Sementara rahim, tuba falopi serta indung telur berada di atas usus besar. Sedangkan pada pria diatas usus besar hanya terdapat prostat.

perut kembung pada wanita

perut kembung pada wanita

Kondisi hormonal wanita juga salah satu factor penyebab kembung. Pria memiliki hormone testosterone dalam jumlah yang lebih tinggi sehingga dinding perut pria lebih kuat jika dibandingkan dengan wanita. Sehingga usus besar pria lebih kokoh dan tetap berada pada posisinya.

Sebagai akibat dari komposisi hormone yang dihasilkan, maka wanita cenderung memiliki dinding perut yang lebih lemah. Sehingga menyebabkan wanita lebih sering mengalami kembung. Ketika kondisi seperti perut kembung terjadi pada masa kehamilan maka akan menjadi semakin parah.

Masalah seperti perut kembung bukanlah masalah yang remeh bagi para wanita. Fluktuasi hormone esterogen serta progesterone pada wanita dapat mempengaruhi saluran pencernaan yang pada akhirnya akan memicu terjadinya kembung.

Fluktuasi hormone pada masa menstruasi menjadi pemicu utama terjadinya kembung pada wanita. Menurut beberapa pakar, fluktuasi hormone menyebabkan otot perut menjadi lebih rileks serta menyebabkan kembung.

Beberapa wanita juga ada yang mengalami masalah perut kembung sebelum masa menstruasi. Hal seperti ini disebabkan oleh adanya peningkatan hormone progesterone.

Selama ovulasi, indung telur memproduksi lebih banyak hormone progesterone yang menyebabkan perut menjadi lebih rileks. Kondisi otot perut yang tidak sekencang biasanya inilah yang menyebabkan perut kembung. Kondisi seperti ini akan semakin parah menjelang masa menopause.

Fluktuasi hormone juga dapat menyebabkan otot usus menjadi lebih rileks. Akibatnya usus menyalurkan makanan dalam jumlah yang lebih sedikit daripada biasanya ke dalam saluran pencernaan. Hal inilah yang menyebabkan konstipasi yang juga memicu terjadinya kembung.

perut kembung

perut kembung

Rasa kembung akibat efek fluktuasi hormone masih bisa diatasi dengan cara mengkonsumsi serat secara rutin. Penggunaan supelem serat tidak mampu menyelesaikan masalah perut kembung yang dialami oleh wanita. Sebab, akar permasalahan sebenarnya ada pada dasar panggul. Penggunaan suplemen serat justru akan membuat masalah seperti kembung pada wanita menjadi semakin parah.

Wanita juga lebih mudah mengalami sembelit karena lemahnya dasar panggul. Keadaan melemahnya dasar panggul disebabkan oleh kelahiran anak serta proses penuaan pada wanita. Kembung sebenarnya merupakan sindrom masalah pada organ usus. Kembung bisa saja dipicu oleh karena stress, antibiotic maupun karena kebiasaan mengunyah permen karet.

Ketika kita mengalami kembung, umumnya perut akan membengkak hingga beberapa inchi dan terasa tidak enak. Namun ada juga beberapa orang yang perutnya bisa membengkak beberapa kali lipat ketika mengalami kembung.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat meredakan perut kembung, seperti:

  • Yoghurt

Yoghurt mengandung bakteri probiotik yang baik untuk kesehatan. Yoghurt akan melawan bakteri jahat yang masih tertinggal di dalam system pencernaan. Dengan mengkonsumsi 1 sampai 2 gelas yoghurt ketika anda mengalami perut kembung, akan dapat menormalkan kondisi perut anda.

  • Teh herbal

Teh herbal sudah lama dipercaya mampu mengurangi peradangan serta mampu menenangkan system pencernaan yang sedang mengalami gangguan. Minum segelas teh herbal hangat dengan 1 sampai 2 sendok madu akan meredakan rasa tidak enak pada perut anda.

  • Pisang
buah pisang

buah pisang

Pisang mengandung potassium yang memiliki kemampuan dalam menyerap air yang berlebihan di dalam tubuh yang diikat oleh sodium. Jika perut anda terasa kembung, anda bisa mengkonsumsi 1 sampai 2 buah pisang untuk meredakan sakit kembung.

  • Ketimun

Ketimun mengandung banyak air dan rendah serat. Dengan banyaknya kandungan air pada mentimun, maka mentimun memiliki sifat diuretic atau memiliki kemampuan untuk melancarkan buang air kecil.

  • Pepaya

Dengan cara mengkonsumsi beberapa potong buah papaya, maka anda akan terbebas dari rasa tidak enak karena perut kembung. Karena, papaya merupakan buah-buahan yang dapat melancarkan buang air besar.

  • Nasi

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang mudah untuk dicerna dalam system pencernaan. Sehingga akan sangat baik untuk menghilangkan gas yang berlebihan dalam perut penyebab perut kembung. Cobalah untuk makan beberapa suap nasi ketika anda mengalami perut kembung.

1 comment for “Penyebab Wanita Lebih Mudah Mengalami Kembung

  1. Pingback: herbert

Comments are closed.