Perbedaan Antara Kanker Dengan Tumor

kanker otak

kanker otak

Sebagian masyarakat yang masih awam umumnya merasa bingung tentang pengertian kanker dengan tumor. Ada yang beranggapan bahwa kanker dengan tumor itu sama, tapi ada juga yang mengatakan bahwa kanker dengan tumor itu berbeda.

Kali ini kami akan mengetengahkan tentang perbedaan antara kanker dengan tumor, agar kita semua mengetahui secara lebih jelas lagi tentang kanker dengan tumor.

Kanker merupakan penyakit di mana terjadi pertumbuhan sel-sel jaringan tubuh secara abnormal, berlangsung dengan cepat serta tidak terkendali. Sel-sel kanker akan terus berkembang dengan cara membelah diri secara cepat dan tak terkendali  serta tidak sesuai dengan hukum-hukum pembiakan.

Jika pertumbuhan sel kanker tidak segera ditangani maupun diobati, maka sel kanker tersebut akan terus menerus berkembang. Sel kanker akan terus bertumbuh dan kemudian menyusup ke jaringan yang ada di sekitarnya, kemudian membentuk anak sebar yang bisa menyebar atau disebut metastasis ke tempat yang lebih jauh lagi melalui pembuluh darah serta pembuluh getah bening dalam tubuh.

diagram kanker hati

diagram kanker hati

Selanjutnya, akan tumbuh kanker yang baru di tempat yang lain yang akhirnya akan menyebabkan kematian pada si penderita.

Dalam keadaan normal, sel hanya akan berkembang dengan cara membelah diri jika tubuh kita membutuhkannya seperti dalam proses mengganti atau proses regenerasi sel yang rusak dengan sel yang baru.

Namun, sel kanker justru terus membelah diri walaupun tidak dibutuhkan oleh tubuh sehingga terjadi proses kelebihan sel-sel yang baru.

Kanker dapat tumbuh di semua sel pada jaringan tubuh manusia, meliputi sel hati, sel usus, sel lambung sel paru-paru, sel otak, sel darah serta berbagai macam sel yang ada pada tubuh kita. Maka dari itu, berbagai macam jenis kanker lebih dikenal menurut sel atau jaringan tempat sel kanker tersebut berkembang.

Kita mengenal berbagai jenis kanker , meliputi limfoma, leukemia, sarkoma serta karsinoma. Karsinoma merupakan tumor yang ganas yang berasa dal sel epitel, meliputi kanker kulit, kanker payudara serta kanker lambung.

Sedangkan sarkoma merupakan tumor ganas yang berasal dari jaringan mesodermal, contohnya fibrosarkoma atau tumor ganas jaringan ikat, osteosarkoma atau tumor ganas pada tulang serta lomfosarkoma atau tumor ganas pada sistem limfatik.

Kanker bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia, jenis kelamin, ras maupun golongan. Namun, kanker lebih sering terjadi pada manusia yang berusia lebih dari 40 tahun. Jenis kanker tertentu bisa lebih banyak terjadi pada golongan yang tertentu juga.

Kanker, sebenarnya bukan merupakan penyakit menular, namun ada faktor-faktor yang dapat membuat seseorang tertular kanker, contohnya virus hepatitis B dan C. Virus hepatitis B dan C merupakan penyakit menular yang dapat menyebabkan kanker liver.

Beberapa jenis kanker juga bisa diturunkan karena adanya proses mutasi gen spesifik yang nantinya diturunkan dari orang tua kepada keturunan atau anaknya. Beberapa jenis kanker yang dapat diturunkan, meliputi kanker colon, melanoma serta kanker payudara.

Dengan adanya mutasi dari dua buah gen yang spesifik pada kasus kanker payudara, yaituBRCA-1 serta BRCA-2, bisa dicari pada DNA melalui tes darah pada seseorang. Dari test ini nantinya dapat diketahui tentang kemungkinan seorang perempuan dapat terserang kanker payudara pada usia sebelum 40 tahun atau tidak.

bentuk kista

bentuk kista

Sedangkan tumor, merupakan istilah yang umum yang digunakan untuk semua pembengkakan maupun benjolan yang disebabkan oleh apapun di dalam tubuh, baik karena adanya jaringan baru atau karena adanya akumulasi cairan seperti kista maupun benjolan yang berisi darah akibat dari suatu benturan.

Istilah tumor lebih sering digunakan untuk menyatakan adanya benjolan yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan jaringan baru dalam tubuh, namun bukan radang. Maka dari itu, ada istilah tumor jinak atau benign serta tumor ganas atau malignant yang juga berarti kanker.

Pertumbuhan tumor jinak cenderung lambat, tidak akan berpindah atau menyebar ke jaringan lain dalam tubuh dan jarang sekali mengganggu kesehatan seseorang.

1 comment for “Perbedaan Antara Kanker Dengan Tumor

  1. Pingback: Oscar

Comments are closed.