Perlunya Detoksifikasi Tubuh

racun dalam tubuh

racun dalam tubuh

Tubuh kita secara alamiah memiliki system detoksifikasi untuk membersihkan tubuh kita dari berbagai macam racun. Namun tubuh kita juga tetap membutuhkan bantuan untuk membersihkan berbagai racun dan kotoran yang mengendap dalam tubuh.

Di zaman serba modern seperti sekarang ini, membuat kita bersentuhan secara langsung dengan racun. Baik racun yang sengaja masuk lewat apa yang kita konsumsi maupun yang masuk secara tidak sengaja.

Lingkungan sekitar kita sekarang ini penuh dengan polusi dari kendaraan bermotor. Belum lagi makanan berpengawet serta berbagai macam makanan cepat saji.

Air minum kita pun juga tidak bebas dari polutan. Ditambah dengan gaya hidup yang aktivitas dan juga kebiasaan buruk, seperti merokok.

Buah dan sayuran  segar memang lebih sehat daripada makanan kalengan maupun makanan kemasna yang banyak mengandung pengawet. Namun sayangnya kebanyakan buah dan sayuran segar menggunakan pestisida. Daging ayam maupun ikan juga tidak lepas dari zat-zat berbahaya. Semuanya membuat semakin banyak racun yang masuk ke dalam tubuh. Sedangkan kemampuan alami untuk membuang racun menjadi ikut terganggu. Hati yang bertindak sebagai pabrik untuk membuang racun diharuskan untuk bekerja secara terus menerus untuk membuang racun.

Sementara racun yang dalam tubuh kita tidak terbuang secara optimal. Tanda-tanda penumpukan racun dalam tubuh, meliputi sakit kepala, bau mulut, sembelit, berat badna meningkat, kulit menjadi kusam serta sariawan.

Cara yang terbaik untuk meningkatkan detoksifikasi racun dalam tubuh adalah menjauhi makanan yang banyak mengandung racun, seperti gula, garam, daging, kafein serta susu. Perbaiki pola makan dan makanlah secara seimbang. Selain itu kita juga perlu berolahraga serta mengurangi stress.

Ada beberapa jenis buah dan sayur yang bisa kita konsumsi untuk meningkatkan system detoksifikasi tubuh kita. Mengkonsumsi makanan seperti ini akan sangat baik untuk meningkatkan system detoksifikasi dan membuat kita terbebas dari berbagai jenis racun yang mengendap dalam tubuh kita.

Berbagai jenis buah dan sayur yang baik untuk detoksifikasi tubuh, meliputi:

  • Alpukat

Jus alpukat

Jus alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Alpukat kaya akan glutathione yang bersifat antioksidan. Glutathione ini nantinya akan membersihkan tubuh kita dari racun dengan cara mengeluarkan semua racun yang mengendap di dalam tubuh. Mengkonsumsi alpukat akan membuat tubuh anda menjadi lebih segar dan juga lebih sehat.

  • Cranberry

Cranberry bagus sekali untuk detoksifikasi racun yang mengendap di saluran kemih. Pengendapan racun dalam salurna kemih akan menyebabkan terjadinya infeksi pada salurna kemih. Selain itu, cranberry juga memiliki sifat antibakteri, sehingga anda akan terbebas dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

  • Kubis

Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan sulfur. Sulfur penting sekali artinya bagi kesehatan kita, karena mampu menyingkirkan residu dari pestisida maupun obat-obatan yang banyak terkumpul dalam organ hati.  Dengan mengkonsumsi kubis, maka hati kita akan selalu dalam keadaan bersih dari racun.

  • Lemon

Lemon banyak mengandung vitamin C serta berbagai macam senyawa bersifat antioksidan yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan organ liver. Mengkonsumsi air lemon akan membersihkan berbagai macam racun dalam tubuh yang terkumpul dalam hati maupun ginjal. Selain itu lemon juga ikut menetralkan pH alami dalam tubuh kita. Sehingga tubuh kita akan tetap sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit.

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayurna yang kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dalam brokoli nantinya akan ikut membersihkan tubuh anda dari berbagai macam racun. Selain itu, brokoli juga kaya akan enzim alami yang ikut membantu kerja system pencernaan anda menjadi lebih optimal.

  • Bawang putih

bawah putih

bawah putih

Bawang putih juga kaya akan sulfur yang nantinya juga ikut membersihkan racun yang menumpuk dalam tubuh kita. Bawnag putih juga bersifat antibiotic yang nantinya akan mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

  • Grapefruit

Grapefruit mampu membersihkan system pencernaan serta ikut mencegah terbentuknya batu ginjal. Karena grapefruit memiliki banyak vitamin dan mineral yang penting sekali bagi kesehatan kita. Selain itu grapefruit juga kaya akan antioksidan alami.

  • Biji bunga matahari

Biji bunga matahari kaya akan asam lemak tak jenuh omega 3. Hal ini nantinya akan ikut membersihkan organ hati sehingga hati kita akan menjadi lebih sehat. Selain mengandung banyak mineral yang baik bagi kesehatan, biji bunga matahari juga mampu membuang berbagai racun dalam tubuh serta mampu mencegah terjadinya penumpukan kolesterol jahat yang berbagaya bagi jantung serta pembuluh darah.