Perlunya Magnesium Bagi Kesehatan Tubuh Kita

sumber magnesium

sumber magnesium

Tubuh kita memerlukan mineral magnesium untuk menunjang berbagai macam aktivitas organ-organ tubuh kita.

Magnesium sangat diperlukan oleh tubuh untuk memproduksi berbagai macam enzim dalam tubuh serta  memiliki banyak perananan dalam tubuh kita, meliputi mengirimkan sinyal pada sistem syaraf, membuat otot-otot dalam tubuh menjadi tenang, menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh, untuk memelihara kesehatan tulang dan gigi, membantu detak jantung serta menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh.

Magnesium juga berfungsi untuk menjaga kelancaran fungsi dari berbagai macam vitamin serta mineral dalam tubuh. Seperti, vitamin C dalam tubuh akan dapat bekerja secara lebih maksimal bila terdapat magnesium yang cukup dalam tubuh kita.

Disamping itu, magnesium juga yang berfungsi untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan manusia misalnya diabetes serta asma, sehingga jelas sekali bahwa manusia sangat membutuhkan magnesium.

Magnesium2Tubuh kita mengandung 25 gram magnesium yang mayoritas tersimpan di dalam tulang serta gigi kita. Jadi bagaimana bila kita tidak memiliki magnesium yang cukup di dalam tubuh kita?

Secara alamiah, tubuh kita akan mengambil magnesium yang terdapat pada tulang dan gigi yang nantinya ditempatkan di dalam darah. Hal seperti ini akan menyebabkan tulang kita menjadi lemah dan mudah sekali terjadi kerusakan.

Maka dari itu, tubuh kita sangat memerlukan asupan magnesium dalam jumlah yang cukup untuk menunjang berbagai macam aktivitas organ yang membutuhkan magnesium untuk menjalankan semua fungsinya.

Kita akan sangat membutuhkan magnesium bila kita mengalami berbagai masalah pada kesehatan kita. Berbagai masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi kebutuhan akan magnesium, meliputi:

  • Penyakit diabetes

Pengidap penyakit diabetes memiliki kecenderungan akan mengeluarkan sejumlah magnesium yang terdapat di dalam tubuhnya melalui air seni. Agar tidak kekurangan magnesium, pengidap diabetes perlu untuk mencukupi asupan magnesium dalam tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan magnesium.

  • Penyakit ginjal

Umumnya organ ginjal pada pengidap penyakit ginjal sudah tidak mampu lagi untuk menjalankan fungsinya untuk mengelola magnesium dengan baik sehingga peran magnesium dalam tubuhnya mengalami pengurangan. Segera konsultasi ke dokter ahli bila terjadi hal yang seperti ini untuk dapat memenuhi kembali kebutuhan magnesium dalam tubuh anda.

  • Gemar mengkonsumsi minuman beralkohol

Orang-orang yang gemar mengkonsumsi minuman beralkohol umumnya memiliki kandungan magnesium serta berbagai nutrisi yang lain  yang lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi alkohol.

  • Diare

Orang yang mengalami diare umumnya akan cenderung kehilangan banyak cairan dalam tubuhnya sehingga dapat menyebabkan kehilangan magnesium dalam jumlah banyak.

  • Gangguan pencernaan

Munculnya gangguan pencernaan dapat berakibat berkurangnya jumlah magnesium dalam berbagai cara. Muntah, kram serta nyeri pada abdominal dapat berpengaruh yang buruk pada jumlah magnesium dalam tubuh. Dengan adanya muntah-muntah yang berasal dari saluran cerna bagian atas tidak akan mengurangi jumlah magnesium dalam tubuh, namun muntah yang berasal dari usus akan dapat mengurangi jumlah magnesium dalam tubuh.

Bila tubuh kita tidak mendapatkan magnesium dengan baik dalam jumlah yang cukup, maka seluruh jaringan tubuh dapat terpengaruh, terutama pada organ hati, saraf serta ginjal.

gangguan pencernaan

gangguan pencernaan

Biasanya gejala yang muncul dari kurangnya jumlah magnesium, seperti mual, nafsu makan hilang, lemah otot atau tremor serta mudah sekali tersinggung. Detak jantung juga dapat terpengaruh karena kurangnya magnesium, tandanya adalah dengan adanya detak jantung yang lebih cepat daripada keadaan normal.

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur. Banyak sekali para ahli gizi dan pakar kesehatan yang merasa bahwa gangguan pernapasan seperti penyakit asma bisa saja disebabkan karena kurangnya mineral magnesium.

Untuk itu, kita perlu memberi magnesium dalam jumlah yang cukup ke dalam tubuh kita. Beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencukupi kebutuhan magnesium yaitu dengan cara mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung magnesium .

Berbagai jenis makanan yang mengandung magnesium yang dapat kita konsumsi, adalah:

  • Ikan khususnya ikan salmon
  • Kacang almond kering
  • Kacang mede
  • Bayam
  • Alpukat
  • Pisang
  • Kismis

Mengkonsumsi jenis makanan seperti kacang kedelai dapat dilakukan untuk mencukupi kebutuhan magnesium dalam tubuh. Selain itu, makanan dari olahan kacang kedelai seperti tahu, tempe dan susu kedelai mengandung magnesium yang lebih banyak daripada susu sapi.