Pertanyaan Umum Seputar Diet

Ada kalanya anda merasa bahwa anda tubuh anda belakangan ini kegemukan hingga akhirnya anda memutuskan untuk mencoba melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Namun anda masih punya beberapa pertanyaan umum yang berkaitan dengan diet dan mungkin tidak tahu harus bertanya kemana.

Maka dari itu akan kami ulas Pertanyaan Umum Seputar Diet yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat, beserta dengan solusinya dan semoga bisa jadi acuan bagi anda yang ingin melakukan diet.

Pertanyaan Seputar Diet

Berikut ini adalah pertanyaan seputar diet yang paling sering ditanyakan oleh masyarakat, diantaranya :

Bagaimana cara yang paling mudah untuk menilai apakah kita kegemukan atau tidak?

Jika anda memiliki IMT di bawah 18,5 maka anda tidak perlu menurunkan berat badan karena justru bisa mudah terkena penyakit.

Sedangkan jika IMT di atas 23 artinya menunjukkan bahwa anda kelebihan berat badan sehingga ada baiknya jika anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan.

Sedangkan cara sederhana lain yang bisa anda lakukan untuk menilai apakah anda kegemukan atau tidak adalah dengan mengukur lingkar pinggang anda.

Standar ukuran lingkar pinggang yang normal untuk pria adalah sekitar 90 cm, sedangkan untuk wanita adalah sekitar 80 cm.

Jika anda seorang wanita yang memiliki ukuran lingkar pinggang lebih dari 80 cm meskipun memiliki IMT yang normal maka tetap saja anda disarankan untuk menurunkan berat badan.

 

Apakah jika ingin menurunkan berat badan maka saya harus menghindari makanan yang mengandung karbohidrat?

Anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsi karbohidrat alami yang berasal dari biji-bijian, buah dan sayur karena pada dasarnya tubuh membutuhkan karbohidrat untuk bahan bakar tubuh untuk melakukan berbagai aktifitas.

Yang harus dihindari adalah karbohidrat dalam makanan olahan atau karbohidrat yang berasal dari junk food, soda, lemak hewani dan gula.

 

Apakah ada makanan yang bisa dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tapi berat badan masih bisa turun? makan banyak tapi tetap kurus

Anda bisa makan sayuran dengan jumlah yang banyak tanpa takut bertambah gemuk karena sayuran biasanya rendah akan kalori.

Selama diproses tanpa minyak, sayuran kaya akan nutrisi dan serat yang bisa memberikan efek kenyang dengan demikian anda akan menjadi tidak mudah merasa lapar.

 

Apakah kebiasaan tidur bisa mempengaruhi berat badan seseorang?

Orang dewasa butuh jam tidur selama sekitar 8 jam per hari, sedangkan jika jam tidur kurang dari itu maka anda akan mudah mengantuk dimana dalam kondisi ini tubuh anda akan menghasilkan hormon yang bisa membuat anda menjadi lapar.

 

Padahal selama ini saya sudah mengurangi kalori tapi kenapa berat badan tidak kunjung turun?

Hal yang terlihat sepele pada saat seseorang menjalani diet biasanya adalah mengurangi jumlah makan misalnya yang biasanya tiga kali dalam sehari berubah menjadi dua kali dalam sehari.

Ketika menjalani diet, sebaiknya anda tidak mengubah jumlah makan dalam sehari, misalnya tiga atau empat kali namun yang harus dirubah adalah porsi makan.

Hal ini dikarenakan jika anda merasa lapar maka metabolisme tubuh anda akan menurun dan dampaknya adalah anda akan mudah terserang penyakit.

 

Berapa banyak jumlah garam dan gula yang boleh dikonsumsi? membatasi konsumsi garam dan gula

Kementerian Kesehatan RI memberikan saran batas konsumsi terhadap garam dan gula pada masyarakat yaitu gula sebanyak 4 sendok makan atau 50 gr per hari sedangkan garam sebanyak 1 sendok teh atau 5 gr.

Jika anda mengonsumsi garam secara berlebihan maka anda akan beresiko terkena penyakit hipertensi dan stroke.

Sedangkan jika anda mengonsumsi gula secara berlebihan maka anda akan beresiko untuk terkena penyakit diabetes tipe 2 dan mengalami obesitas.

 

Mana yang harus dikonsumsi terlebih dahulu, protein atau karbohidrat?

Sebaiknya makan sumber protein terlebih dahulu hal ini dikarenakan setelah menerima protein maka tubuh akan mengirim sinyal kenyang ke otak dengan demikian anda akan merasa kenyang lebih cepat.

Sebagai contoh apabila dalam piring terdapat nasi, tahu, daging dan sayur maka utamakan untuk terlebih dahulu mengonsumsi daing dan tahunya terlebih dahulu.

 

Faktor apa yang biasanya membuat seseorang gagal diet? 

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan program diet seseorang menjadi gagal, namun yang paling sering terjadi adalah karena berbagai hal seperti berikut ini :

  1. Tidak bisa mengendalikan diri untuk menahan rasa lapar
  2. Tidak disiplin terhadap program diet sehingga merasa jenuh hingga akhirnya merasa menyerah
  3. Mudah tergoda oleh ajakan orang lain untuk mengonsumsi sembarangan makanan, misalnya ditraktir atau dijamu makanan di rumah
  4. Karena penggunaan obat tertentu
  5. Karena memiliki penyakit tertentu

 

Berapa jumlah kalori dalam sehari yang harus dikonsumsi?
Untuk kaum wanita kalori yang dibutuhkan adalah 1500 hingga 2000 kalori dalam sehari,
sedangkan kaum pria kalori yang dibutuhkan adalah 2000 hingga 2500 kalori dalam sehari.

 

Apa penyebab utama dari kegemukan? 

kegemukan

kegemukan

Ada banyak penyebab utama dari kegemukan, namun yang paling sering terjadi di masyarakat adalah karena faktor keturunan dan stres yang menimbulkan efek lapar.

Faktor lain adalah karena hormon dan metabolisme tubuh yang tidak stabil, namun untuk mendapatkan analisa yang tepat anda bisa berkonsultasi dengan dokter terdekat.

 

Bagaimana ciri obat pelangsing yang berbahaya?

Pada umumnya tubuh akan cenderung merasa lemas, tidak bertenaga dan semangat tiba-tiba hilang setelah mengonsumsi obat pelangsing yang berbahaya.

Biasanya semua obat pelangsing tidak mencantumkan bahan komposisinya dengan jelas, namun jika terdapat Phenolphthalein dan Sibutramine maka bisa dipastikan bahwa obat pelangsing tersebut berbahaya

 

Apakah benar kebiasaan minum air es bisa membuat tubuh mudah gemuk?

Mitos yang beredar di masyarakat adalah air es bisa membuat lapisan lemak di perut menjadi beku sehingga perut akan terlihat buncit.

Sebenarnya ketika air hangat atau dingin masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan beradaptasi terhadap air hangat atau dingin yang masuk ke dalam tubuh.

Yang memicu kegemukan bukanlah air dinginnya, melainkan kalori yang terdapat pada campuran air dingin tersebut, misalnya jus, susu dan sebagainya.

 

Apakah benar bahwa makan diatas jam 7 malam bisa memicu kegemukan?

Banyak orang yang memiliki keyakinan bahwa makan malam di atas jam 7 malam bisa membuat tubuh mudah gemuk hal ini dikarenakan biasanya tidak lama setelah makan malam akan langsung tidur, sedangkan makanan yang baru masuk ke tubuh hanya akan tersimpan menjadi lemak di perut .

Padahal pemicu utama dari kegemukan adalah tergantung dari jenis dan porsi makanan yang dikonsumsi, serta aktifitas fisik yang dilakukan sepanjang hari.