Reaksi Alergi Serta Berbagai Macam Alergi Yang Berbahaya

gatal karena alergi makanan

gatal-gatal karena alergi

Seperti yang kita ketahui bersama, alergi merupakan suatu bentuk respon tubuh yang berlebihan. Reaksi seketika yang timbul karena alergi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan serta tidak sama pada setiap penderitanya.

Maka dari itu sangat penting sekali untuk mewaspadai reaksi alergi. Khususnya bagi orang tua yang memiliki anak dengan tanda-tanda alergi. Ada reaksi ringan sampai berat dengan tingkatan satu sampai dengan empat. Semakin tinggi tingkatannya, maka reaksi yang muncul akan semakin berat.

Reaksi ringan pada tingkat satu umumnya berupa rasa gatal. Pada tingkat dua, reaksi alergi yang muncul umumnya disertai mual. Pada tingkat tiga, reaksi yang muncul adalah muntah-muntah. Umumnya reaksi ada tingkat dua dan tiga akan disertai dengan bengkak-bengkak kemerahan maupun batuk.

reaksi alergi

reaksi alergi

Tingkat tertinggi pada tingkatan ke empat akan disertai dengan reaksi berat. Pada tingkatan alergi yang ini, penderitanya akan mengalami gagal jantung, tekanan darah yang tidak terukur serta susah untuk bernafas. Pada tingkat ini, penderita alergi sudah sulit sekali untuk ditolong.

Berbagai macam reaksi seperti ini, sering kali tidak diketahui sampai akhirnya terjadi alergi. Selain karena reaksinya, alergi juga memiliki berbagai macam pemicu yang sulit untuk diketahui.

Sebaiknya orang tua harus lebih waspada bila anaknya kerap mengalami batuk pilek secara berulang, bengkak, kulit berwarna kemerahan serta mengalami gatal-gatal. Terlebih lagi bila anak mengalami pembengkakan amandel yang memang sering dialami oleh penderita alergi.

Ketika anak menjalani proses pengobatan, sampaikan berbagai macam reaksi alergi yang dialami oleh anak anda pada dokter. Cra seperti ini akan menjadi panduan bagi dokter untuk mengambil langkah yang tepat sehingga terindar dari reaksi alergi yang berat.

Seringan apapun reaksi alergi  yang terjadi sebaiknya disampaikan pada dokter, agar dokter tidak mengalami kesalahan dalam melakukan langkah pencegahan. Langkah pencegahan akan menyelamatkan si penderita dari alergi berat hingga 95%.

Alergi sering kali dianggap sebagai penyakit yang sepele, namun alergi dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu bahkan dapat mengancam nyawa seseorang.

Di bawah ini adlah berbagai macam alergi yang berbahaya yang dapat menyebabkan kematian, yaitu:

  • Alergi kacang

Kacang merupakan penyebab utama alergi yang sangat fatal. Kacang dapat memicu munculnya reaksi alergi yang dapat berakibat fatal bila tidak ditangani dengan benar. Gejala alergi akan muncul beberapa detik maupun beberapa jam saja setelah mengkonsumsi kacang. Bila korban mulai menunjukkan reaksi alergi, seperti sesak napas, pusing, bengkak, jantung berdetak cepat maupun gatal.

  • Seafood
reaksi alergi seafood

reaksi alergi seafood

Makanan laut atau seafood seperti lobster, kerang, kepiting maupun ikan dapat sangat berbahaya. Jangankan memakannya, uap atau asapnya saja sudah dapat memicu alergi. Reaksi alergi tingkat ringan biasanya berupa gatal-gatal maupun bengkak.  Reaksi alergi yang muncul akan semakin parah bila ditandai dengan adanya pembengkakan pada jaringan serta jalan napas yang terhalang. Bila tidak segera ditolong maka orang yang bersangkutan akan meninggal karena adanya masalah pada jantung serta sirkulasi darah.

  • Biji-bijian

Biji-bijian seperti biji wijen juga dapat menyebabkan alergi pada sebagaian orang. Umumnya akan muncul reaksi alergi ringan sampai menengah berupa gatal-gatal, bengkak dan ruam merah pada bagian kulit.

  • Telur, susu serta gandum

Telur, susu serta gandum biasanya mrupakan jenis alergen yang memicu alergi pada anak-anak. Telur, susu serta gandum sering tersembunyi dalam makanan. Maka dari itu, sebaiknya orang tua membaca label makanan terlebih dahulu sebelum memberikan jenis makan pada anak-anak.

  • Serangga

Sekitar 3% warga di Amerika sering mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal yang disebabkan oleh serangga khususnya lebah. Lebah-lebah merasa terganggu sehingga menyengat orang-orang yang ada disekitarnya. Sengatan lebah inilah yang memicu reaksi alergi seperti gatal-gatal.

  • Alergi obat

Obat-obatan seperti penicilin serta jenis antibiotik merupakan obat umumnya yang dapat memicu reaksi alergi. Selain itu, obat kemoterapi, anastesi serta obat pewarna juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti gatal-gatal. Untuk pencegahan, biasa dokter akan memberikan suntikan obat anti alergi atau memberikan resep obat yang lain yang lebih aman.

  • Lateks

Terkadang, barang-barang yang mengandung lateks, seperti sarung tangan, akat suntik serta alat-alat lainnya yang berbahan karet lateks bisa memicu reaksi alergi pada orang-orang tertentu. Namun angka kejadiannya sedikit sekali.

  • Obat pereda sakit

Obat-obatan yang dijual bebas dipasaran juga dapat memicu munculnya alergi. Obat-obatan jenis ibuprofen, aspirin serta nonsteroidal anti inflamasi.

  • Latihan fisi

Kasus alergi latihan fisik memang jarang sekali ada. Berbagai latihan fisik seperti berenang, jalan kaki maupun menari dapat menyebabkan reaksi alergi ringan seperti gatal-gatal di kulit. Terkadang alergi yang terjadi dapat disebabkan oleh kombinasi antara latihan fisik dengan konsumsi makanan maupun obat tertentu sehingga menyebabkan munculnya kontraindikasi. Biasanya penderita alergi latihan fisik mengetahui secara pasti kondisi seperti apa yang dapat menyebabkan alerginya kambuh.

2 comments for “Reaksi Alergi Serta Berbagai Macam Alergi Yang Berbahaya

  1. Pingback: Mitchell
  2. Pingback: jon

Comments are closed.