Semua Jenis Metode Diet Hasilnya Tidak Terlalu Mencolok

diet

diet

Belakangan ini semakin banyak metode diet yang disesuaikan dengan kemampuan maupun gaya hidup kita. Apapun jenis metode diet yang anda lakukan, semuanya hasilnya sama-sama bisa menurunkan berat badan asalkan anda jalankan dengan konsisten.

Tanpa melihat jenis atau metode diet yang dijalani, para ahli menyebutkan bahwa pada prinsipnya perbedaan penurunan berat badan pada berbagai metode diet tersebut sangat kecil. Bila anda lakukan dengan konsisten, maka berat badan anda akan turun. Jadi anda tinggal pilih metode diet yang paling mudah bagi anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas McMaster di Otario serta Rumah Sakit Riset Penyakit Anak-anak di Toronto, menganalisa 48 percobaan termasuk data-data dari 7,826 orang yang mengalami kelebihan berat badan.

Para peneliti mengamati hasil penurunan berat badan para pelaku diet tersebut pada bulan ke 6 dan bulan 12 untuk melihat perbedaan yang dihasilkan dari diet yang mereka lakukan. Setelah mengamati selama satu tahun, para peneliti menemukan bahwa pelaku diet rendah kalori serta pelaku diet rendah karbohidrat memiliki hasil yang hampir sama. Mereka rata-rata berat badannya turun sampai 7,3 kg.

Selama 6 bulan pertama, para pelaku diet rendah karbohidrat berhasil menurunkan berat badan lebih banyak. Namun setelah mencapai 12 bulan, berat badannya tidak turun secara signifikan. Diet yang dilakukan dengan pola hidup yang baik serta olahgara akan membuat hasil yang didapat menjadi lebih baik.

olahraga lari

olahraga lari

Diet dengan disertai melakukan pola hidup yang sehat dan olahraga mampu menurunkan berat badan sebanyak 3 kg dalam waktu 6 bulan saja. Olahraga yang dilakukan secara rutin saat melakukan diet selama 12 bulan, akan membuat diet yang dijalani semakin efektif dan dapat menurunkan berat badan sebanyak 2 kg.

Maka dari itu, para ahli kesehatan mengambil kesimpulan, bahwa perbedaan hasil dari berbagai metode diet sangat kecil sekali. Jadi anda boleh melakukan apapun metode diet yang anda inginkan, asal dijalankan secara konsisten agar hasil yang didapat semakin memuaskan.

Bila anda ingin menurunkan berat badan serta meningkatkan kesehatan jantung, maka sebaiknya pilihlah metode diet rendah karbohidrat daripada metode diet rendah lemak.

Dalam suatu percobaan terhadap orang dewasa yang mengalami obesitas, para peneliti menemukan bahwa mereka yang menjalani diet rendah karbohidrat ternyata lebih banyak menurunkan berat badannya selama lebih dari satu tahun daripada mereka yang menjalankan diet rendah lemak.

Menjalani diet rendah karbohidrat tidak hanya menurunkan berat badan serta menyehatkan jantung saja. Metode diet seperti ini juga mampu menurunkan kadar kolesterol serta trigliserida. Hal ini sesuai dengan laporan para peneliti yang dimasukkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Orang-orang yang menjalani diet rendah karbohidrat rata-rata mengalami penurunan berat badannya sebanyak 8 kg. Bahkan lemak tubuhnya juga ikut berkurang.

Meskipun beberapa ahli kesehatan menilai metode diet rendah karbohidrat kurang baik bagi kesehatan jantung, temuan seperti ini menunjukkan kebalikannya. Bahkan beberapa ahli gizi menilai bahwa diet rendah karbohidrat justru berpotensi untuk menimbulkan resiko bagi kesehatan.

menimbang berat badan

menimbang berat badan

Namun dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa mereka yang melakukan diet rendah karbohidrat memiliki profil kolesterol yang lebih baik begitu juga dengan kadar trigliserida dalam tubuhnya. Menurut para peneliti, hal seperti ini terjadi karena adanya penurunan berat badan yang lebih banyak maupun penurunan lemak tak jenuh dalam makanan yang dikonsumsinya.

Sayangnya, penelitian ini hanya dilakukan selama satu tahun, sehingga kita belum tahu apa efek yang terjadi dari diet rendah karbohidrat bila dilakukan dalam jangka panjang.

Melakukan diet rendah karbohidrat bukan berarti kita menghindari karbohidrat, namun mengganti karbohidrat sederhana seperti tepung maupun nasi menjadi karbohidrat kompleks, seperti beras merah maupun gandum.

Hasil temuan seperti ini bukan berarti bahwa metode diet rendah karbohidrat merupakan metode diet yang paling baik untuk menurunkan berat badan. Karena tidak ada satu jenis metode diet yang cocok untuk setiap orang.

Cara yang paling baik adalah menyesuaikan pola makan dengan kebutuhan masing-masing. Untuk menjaga kesehatan jantung, umumnya metode diet yang dilakukan adalah dengan melakukan metode diet mediteranian yang berfokus pada konsumsi karbohidrat kompleks serta lemak sehat, seperti minyak zaitun.

Selain itu pilihlah metode diet yang paling sesuai sehingga anda bisa melakukan diet tersebut dalam jangka waktu yang lama, bukan hanya melakukan diet untuk menurunkan berat badan saja. Karena berat badan kita akan kembali lagi ke berat badan semula dengan sangat mudah.