Sereal Padi-padian Utuh

jenis padi-padian

jenis padi-padian

Di samping berbagai masalah tentang kesehatan yang di idapnya, satu-satunya masalah terpenting di antara para pengidap kanker adalah pola makan mereka. Apa yang harus mereka makan?

Dalam halaman sebelumnya, kami telah menjelaskan mengapa hampir semua jenis makanan yang telah mereka konsumsi tidak baik bagi kesehatan mereka.

Memang, beberapa orang bahkan akan bertanya-tanya dengan nada yang tinggi: Jika kami tidak boleh makan ini dan itu, lalu apa yang kami makan?

Sebagian lagi terus mengatakan bahwa diet yang kami anjurkan justru membuat mereka bertambah parah.

Seorang teman kami pernah mengatakan bahwa pembatasan makanan merupakan suatu hal yang amat sangat menjatuhkan moral yang pada ujungnya justru akan membunuh dirinya, bukan kankernya.

Namun setelah kami beri beberapa pengarahan dan pendekatan plus memberikan semangat selama hampir 2 jam lamanya, teman kami pun akhirnya bisa pulang dengan tersenyum.

Sebab, akhirnya ia mulai mengetahui, mengapa kebiasaan-kebiasaan makan yang ia lakukan sebelumnya tidak baik bagi kanker yang ia derita dan yang terpenting lagi, bagaimana ia dapat menggantikan makanan yang buruk itu dengan makanan yang baik.

Agaknya memang benar apa yang dikatakan oleh Socrates: Hanya ada satu kebaikan, yaitu pengetahuan dan satu kejahatan, yaitu ketidaktahuan.

Kami sangat paham, betapa kuatnya rasa ketakutan yang ditimbulkan oleh kenyataan bahwa tidak tidak bisa lagi menyantap makanan-makanan kesukaan anda.

Dalam bukunya yang berjudul How to Conquer Cancer Naturally, Dr. Johanna Brandt menulis: Berpuasa tidak dapat menyelamatkan saya karena saya terus saja menyantap makanan olahan setelah saya berpuasa.  Kemudian dia hanya makan anggur serta sayur-sayuran mentah dan akhirnya sembuhlah kankernya.

Kali ini, kami mencoba  membuat daftar jenis makanan bagi anda. Namun sayangnya, daftar tersebut tidak lengkap. Kami hanya berharap dapat memberikan gagasan-gagasan tentang apa yang harus anda lakukan, berkenaan dengan diet yang anda lakukan dalam sehari-hari.

Sukses tidaknya anda dalah hal memasak santapan yang menarik, itu sangat tergantung dari kemauan dan usaha anda. Anda bisa mencoba semua saran kami serta membuat berbagai macam modifikasi yang diperlukan untuk menyesuaikan selera anda.

padi-padian

padi-padian

Jenis makanan yang kami sarankan mungkin terdengar atau tampak aneh bagi anda, tapi kami berharap anda mau belajar untuk membiasakan diri dengan jenis-jenis makanan tersebut dan akhirnya dapat menikmatinya.

Pada  mulanya, mungkin anda akan merasakan adanya ketidaknyamanan atau pemberontakan dalam sistem pencernaan. Namun demikian, jika anda bersungguh-sungguh ingin makan demi kesehatan, maka bertahanlah serta beradaptasilah  secara berangsur-angsur, niscaya anda akan keluar sebagai pemenang.

Apapun alasannya, selalu saja akan ada orang-orang yang ingin berlagak rasional  dan memberikan segala macam alasan untuk tetap mempertahankan cara-cara lama mereka. Dan pilihannya tetap ada di tangan anda!

Petunjuk Dasar Dalam Memasak

Sifat makanan dapat berubah menurut cara memasaknya. Misalnya, seledri air yang digoreng dengan cara diaduk secara terus menerus, maka sifat menjadi kurang menyejukkan daripada bila di rebus dalam sup. Demikian juga dengan ayam yang di panggang akan bersifat lebih menghangatkan ketimbang ayam yang di kukus.

Persiapan Makanan

Cara-cara yang lebih sehat dalam memasak makanan adalah:

  • Rebus dan aduk terus dalam air
  • Rebus dengan api kecil, seperti dalam sup.
  • Kukus, yang membuat makanan tetap memiliki rasa paling asli.
  • Bakar, yang membuat makanan menjadi lebih menghangatkan.
  • Jika diinginkan minyak karena suatu alasan tertentu, masukkan minyaknya setelah makanan dimasak.

Peralatan memasak

  • Jangan menggunakan peralatan memasak yang terbuat dari aluminium atau tembaga.
  • Jangan menggunakan oven microwave untuk memasak.
  • Gunakan peralatan masak dari stainless steel, kaca, atau perkakas yang terbuat dari tanah.
  • Periuk tanah atau alat masak yang lamban cocok sekali untuk memasak merebus tetapi hanya bagi orang-orang sibuk. Jangan menggunakannya jika memungkinkan.
  • Pressure cooker adalah untuk memasak padi-padian untuh, sayur-sayuran akar dan ayam. Jangan menggunakannya untuk memasak kacang-kacangan atau buncis karena alat ini dapat membuat gas-gas yang berbahaya terperangkap didalamnya, yang dapat menyebabkan gas dalam perut. Gunakan pressure cooker yang terbat dari stainless steel, bukan aluminium.

Bahan Bakar

Gunakan api dari kayu, arang kayu, minyak atau gas. Hindari listrik, yang memiliki energi yang kacau. Kanker adalah sebagai akibat dari keadaan kacau!

Juiser Buah

Untuk menikmati jus, belilah juiser atau ekstraktor yang baik. Blender atau juiser yang baik dapat membuat hus terasa lebih nikmat.

Kami menggunakan Champion Juicer (buatan Amerika) tetapi merek lain yang terkenal adalah Green Power (buatan Korea)

Sereal Padi-padian Utuh.

Sereal padi-padian untuh memberikan berbagai vitamin, mineral, karbohidrat kompleks, protein dan serat yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh yang prima.

padi-padian utuh

padi-padian utuh

Dengan padi-padian utuh, maksud kami adalah padi-padian sereal utuh yang terdiri atas tiga lapisan – kulit air, tunas dan endosperma, yang utamanya berupa kanji. Sebagian besar padi-padian yang kita konsumsi di jaman sekarang telah dipoles dalam pengertian bahwa kulit ari dan tunasnya telah hilang.

Padi-padian yang dihasilkan tampak bersih, mengkilap dan putih tetapi hampir 80% rasa serta zat-zat gizinya telah hilang. Pemolesan beras dilakukan utamanya dikarenakan berasnya dapat disimpan lebih lama serta lebih mudah karena komponen-komponen yang hidup telah disingkirkan.

Banyak orang yang tidak menyukai cita rasa padi-padian tanpa poles atau yang masih utuh. Tapi jangan anda merasa berkecil hati. Agar terbiasa dengan citarasanya, anda dapat memulainya dengan mencampur beras tanpa poles dengan beras poles. Kemudian tingkatkan beras tanpa poles seiring dengan berjalannya waktu.

  • Beras.

beras yang belum dipolesBersifat netral, manis, serta bebas perekat. Beras tanpa poles mengandung vitamin B-Kompleks, zat besi dan kalsium. Jika dimasak dengan buncis atau produk kedelai, makanan ini dapay memberikan protein yang lengkap yang kandungan nutrisinya sebanding dengan daging, ikan maupun ayam.

Beras juga mengandung protease yang sangat tinggi, yang dapat membantu mencegah maupun menghambat pertumbuhan tumor.

Kulit ari beras yang telah terbuang dari beras poles yang berwarna putih mengandung gamma oryzanol dan serat. Ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan pertumbuhan serta mengurangi sembelit.

Beras merah juga baik untuk memperkuat limpa, perut dan menghentikan diare. Selama beratus-ratus tahun, air rebusan beras telah digunakan untuk menyembuhkan diare pada bayi.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.

  • Bubur Beras.

Bubur beras lunak dan ringan sehingga mudah untuk dicerna. Bubur dijadikan santapan ringan dan menenangkan, sehingga baik untuk orang yang mengalami masalah pencernaan, orang sakit, merta mereka yang sedang dalam masa pemulihan pasca sakit.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.

  • Job’s Tears.
yi yi ren

yi yi ren

Bersifat menyejukkan, manis dan sedikit getir.

Dalam ilmu botani, Job’s Tears atau Semen Coisis dikenal dengan nama ilmiah Coix lacryma jobi. Tumbuhan sejenis rumput ini tumbuh liar di daerah-daerah yang lembab di Cina Selatan. Tumbuhan ini juga ditemuka di Malaysia, namun nilai pentingnya masih belum diketahui.

Sebenarnya, Job’s Tears adalah tumbuhan asli Asia Tenggara. Ia di bawa ke CIna sekitar 2000 tahun yang lalu dan sejak saat itu tanaman ini menjadi salah satu tonik zat gizi yang paling diperhitungkan bagi orang Cina. Anda dapat membelinya di toko-toko ramuan obat Cina. Tanaman ini dikenal dengan sebutan yi yi ren.

Di Cina, Job’s Tears digunakan sebagai bubur yang menyehatkan. Terkadang Job’s Tears dicampur dengan berbagai sereal lainnya.

Menurut Jiangsu Chinese Medical Journal (1962), seorang pasien pengidap kanker tenggorokan dirawat dengan Job’s Tears. Pasien tersebut dikatakan sembuh setelah enam bulan perawatan.

Di Cina, dewasa ini ada ekstrak murni Job’s Tears yang dikenal dengan sebutan Kanglaite. Ini merupakan obat anti kanker yang konon lebih efektif daripada Taxol untuk menyembuhkan kanker paru-paru dan kanker liver. Tidak seperti Taxol, ramuan ini tidak menyebabkan efek samping apapun. Di samping itu, Kanglaite merupakan sumber gizi. Ia memberikan energi tiga kali atau lebih per volume unit daripada 10% cairan glukosa yang biasa digunakan dalam IV drip.

Kanglaite disebut-sebut atas efektivitasnya dalam melawan kanker paru-paru, kanker liver, kanker usus, kanker lambung, kanker tenggorokan, ginjal sekaligus berbagai getah bening ganas serta leukemia.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.

  • Barley
tanaman barley

tanaman barley

Bersifat menyejukkan, manis dan asin, rendah perekat.

Ada dua macam barley. Pot barley adalah padi-padian dengan kulit ari dan lembanganya yang masih utuh. Pearl barley adalah barley yang telah dihilangkan kulit ari dan lembaganya, sehingga tidak memiliki nilai gizi lagi. Kami menganjurkan agar asupan barley ini hanya sewajarnya saja karena kandungan zat perekatnya.

Menurut orang Cina, barley membantu pencernaan serta buang air kecil. Barley juga menyejukkan  dan baik bagi orang-orang yang tinggal di daerah beriklim panas atau orang-orang yang memiliki suhu tubuh terlalu hangat atau panas. Jika ditambah dengan jahe, barley menjadi kurang menyejukkan. Di Malaysia, air barley merupakan minuman yang lazim dijual  di warung kopi.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.

  • Jagung atau Maizena.
jagung manis

jagung manis

Jagung bersifat netral, manis dan bebas perekat.

Ada lima jenis dasar jagung, yaitu: pop corn, sweetcorn, dent atau grain corn, flint corn dan flour corn.

Menurut orang-orang Cina, jagung dapau merangsang nafsu makan, menurunkan tekanan darah, serta kadar gula darah.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.

  • Oat
groat

groat

Bersifat menghangatkan, manis serta rendah perekat.

Butir oat yang utuh disebut groat. Karena sifatnya yang lunak, oat dapat digulung dan didatarkan di antara mesin penggulung atau roller, sehingga membuatnya menjadi berupa serpihan atau oat gulung (rolled oat) .

Oat sangat baik dibakar dan mengandung paling banyak lemak daripada padi-padian budidaya.

Oat dapat digiling menjadi tepung serta karena tingginya kandungan oksidan, maka dapat disimpan lebih lama daripada gandum. Oat sering digunakan sebagai makanan pengganti bagi orang-orang yang alergi gandum. Banyak orang Malaysia yang mengenal oat sebagai sereal makan pagi.

Karena oat mengandung perekat, orang harus memakannya dalam takaran sedang serta harus dibatasi.  Selain itu oat juga dapat membentuk lendir. Praktek umum menambahkan susu pada sereal oat membuatnya lebih tidak baik, sebab susu juga merupakan makanan lain pembentuk lendir.

Para penderita sinusitis, asma, serta katarak tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi oat.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.

  • Gandum

gandum dan tepung gandumBersifat menyejukkan, manis dan kaya akan perekat. Gandum merupakan padi-padian yang telah menyebar secara meluas di seluruh dunia dan di Malaysia dan Indonesia kami mengenalnya dalam bentuk roti. Terkadang makanan ini di konsumsi dalam bentuk alaminya tetapi lebih sering dibuat dalam bentuk tepung gandum halus yang nantinya diolah untuk di jadikan roti, mie, chapati, nan, roti canai dan lain sebagainya.

Ada dua macam gandum, yaitu jenis keras dan halus. Gandum keras mengandung banyak protein, yang juga berarti memiliki kandungan perekat yang tinggi. Jenis ini dapat digunakan untuk membuat roti yang berkualitas. Gandum halus tidak dapat mengembang seperti gandum keras sehingga pada umumnya digunakan untuk kue kering atau sebagai bahan campuran yang dicampur dengan gandum keras untuk menjadi roti.

Menurut orang CIna, gandum dapat menyehatkan jantung serta pikiran. Makanan ini juga dapat mengurangi keringat serta manjur untuk menyembuhkan borok dan bisul.

Bilamana memungkinkan, gunakan saja tepung gandum yang terbuat dari butiran-butiran yang masih utuh dan bebas perekat. Atau cobalah menggunakan tepung beras yang bebas perekat.

Penggunaan dan cara memasak, baca selengkapnya.