Sifat Dan Efek Buah-buahan Untuk Terapi Kesehatan

buah-buahan

buah-buahan

Buah-buahan merupakan sebagian dari ciptaan Tuhan yang paling indah, yang dikaruniakan kepada kita sebagai makanan.

Kata fruit atau buah berasal dari bahasa Latin fructus yang berarti kesenangan. Manusia telah mengumpulkan buah-buahan liar untuk makanan mulai jaman nabi Adam dan isterinya Hawa.

Memang, banyak orang yang menghargai keindahan dan kelezatan buah, tetapi tanpa memberikan banyak pemikiran tentang kebaikan dan nilai gizinya. Gula-gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa plus beberapa serat merupakan komponen-komponen utama buah yang bergizi.

Gula-gula ini merupakan sumber terbaik pemanis alamiah yang dikemas dengan lebih banyak zat gizi lainnya seperti vitamin A dan C serta mineral-mineral seperti potasium.

Pada umumnya buah-buahan mengandung sejumlah besar zat gizi yang diperlukan untuk mempertahankan kesehatan.

Kelezatan seluruh buah-buahan yang banyak mengandung air dan sangat menarik tersebut telah menduduki tempat terhormat dalam diet makanan alami.

Ketika membeli buah, tindakan yang terbaik adalah memiliki buah-buahan lokal  dan sedang musim. Di samping itu, pilihan buah-buahan juga tergantung pada jenis sistem darah serta penyakit yang akan diterapi pada suatu saat tertentu.

buah-buahan segar

buah-buahan segar

Pada bab sebelumnya kami telah menjelaskan jenis buah yang dapat dijus. Maka kali ini kami akan mengetengahkan tentang sifat dan efek buah-buahan yang baik untuk terapi kesehatan.

Buah-buahan yang bersifat menyejukkan lebih cocok bagi orang-orang yang memiliki sistem darah yang panas.

Menurut metode pengobatan tradisional ala Cina, buah-buahan yang bersifat menyejukkan dapat menyebabkan angin dan seharusnya tidak dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki sistem darah yang dingin.

Gejala-gejala angin adalah gemetar, sawan, kejang serta rasa nyeri yang berpindah-pindah. Buah-buahan tertentu yang menyejukkan, dapat memperburuk epilepsi, radang sendi dan rematik.

Oleh karena itu, sangat penting sekali untuk memahami berbagai sifat buah-buahan, yakni apakah buah-buahan itu bersifat menyejukkan, netral atau menghangatkan sebelum anda mengkonsumsinya sehingga buah-buahan tersebut dapat bermanfaat bagi tubuh anda dan bukan sebaliknya.

  • Apel
buah apel

buah apel

Memiliki sifat menyejukkan, manis dan sedikit asam. Apel merah yang manis lebih bersifat netral.

Tidak seperti keyakinan umum, kandungan vitamin C dalam apel sangat sedikit dan mudah sekali hilang. Dengan rendahnya kadar sodium dan tingginga kadar potasium , apel dapat meningkatkan fungsi-fungsi otot jantung dan memperkuatnya.

Apel dapat mengusir dahaga , menormalkan tekanan darah dan kolesterol, meredakan sembelit bila dimakan dengan kulitnya sekaligus, membantu sistem mencernaan dan meningkatkan nafsu makan pada orang-orang yang baru sembuh dari sakit.

Bila anda termasuk orang-orang yang memiliki sistem darah yang dingin, kukuslah apel untuk mengurangi efek menyejukkan yang dimilikinya.

Kulitilah apel sebelum dimakan. Biasanya apel dilapisi malam agar kelihatan lebih cerah. Bagi orang-orang yang ingin memakan apel tanpa mengupas kulitnya, hendaknya mengecek terlebih dahulu apakah lapisan malam tersebut terjadi secara alamiah dengan cara menggosok apel dengan kain ataupun baju sebelum melahapnya.

Tanda apel yang mengandung malam pada kulitnya yang terjadi secara alamiah akan membuat kulit apel lebih bersinar bila digosok.

  • Aprikot

Memiliki sifat sedikit menyejukkan hingga menghangatkan, manis dan asam. Aprikot manis lebih bersifat menghangatkan. Aprikot mengandung kalsium, besi, fosfor, potasium, vitamin A dan C.

aprikot

aprikot

Aprikot rendah kalori namun kaya akan betakaroten, potasium, silikon, boron dan besi.

Bila dimakan, aprikot dapat melembabkan dan melumasi paru-paru, meredakan asma, menghasilkan cairan tubuh, menurunkan panas, mengusir dahaga, meningkatkan keluarnya air liur dan membantu menghilangkan racun-racun dalam tubuh.

Bila membeli aprikot, pilihlah buah yang berwarna kuning keemasan, yang warnanya hampir sama dengan buah jeruk dengan sentuhan lembut bila ditekan karena buah semacam ini paling enak rasanya  dan sangat bergizi. Hindarilah buah yang berwarna kuning cerah atau kehijau-hijauan.

Rasa buah aprikot yang matang ketika masih ada di pohon lebih tinggi kandungan gizinya. Simpanlah aprikot dalam lemari es karena buah ini dapat terlalu matang dengan mudah. Bila membeli aprikot kering, pilihlah buah kering tanpa sulfur yang bebas dari bahan tambahan sulfur yang dapat memicu asma.

Peringatan: Meskipun buah ini sangat baik, jangan memakan terlalu banyak aprikot selama masa kehamilan, karena dapat menyebabkan ruam-ruam pada anak.

  • Alpukat
alpukat

alpukat

Bersifat netral dan manis.

Alpukat mengandung nutrisi buah, sayur dan kacang-kacangan, semuanya ada di dalam satu buah dan merupakan sumber yang kaya akan 13 mineral esensial, termasuk zat besi, tembaga, magnesium dan potasium.

Buah ini dapat memperbaiki sel-sel darah dan mencegah anemia. Bila dimakan mentah, alpukat dapat membantu untuk menjaga tingkat kolesterol yang normal. Alpukat juga memiliki khasiat anti penuaan.

  • Pisang

Memiliki sifat menyejukkan dan manis. Pisang bergizi dan merupakan sumber makanan yang kaya akan potasium.

pisang

pisang

Pisang mengandung kalsium, fosfor, protein, zat tepung, lemak, vitamin A, B, C dan E. Bila matang secara penuh, setiap satu pisang mengandung 12% gula. Pisang sangat baik bagi bayi dan orang lanjut usia sekaligus bagi orang yang baru sembuh dari sakit yang lama.

Pisang dapat memperkuat yin, melumasi usus, membangkitkan gerakan-gerakan perut, mengurangi sembelit dan meredakan wasir, menurunkan panas, menghilangkan dahaga, melumasi paru-paru dan membantu mengeluarkan racun intoksikasi alkohol.

Makan pisang secara teratur dapat melindungi kita dari borok, kolesterol tinggi dalam darah dan kelelahan kronis.

Pisang juga baik bagi orang-orang yang sedang melakukan diet untuk mengurangi berat badan karena pisang yang matang dan hangat bisa mengendalikan gigi lemak karena memberikan rasa mulut yang sama terhadap lemak, namun tanpa adanya lemak.

Peringatan: Terlalu banyak makan pisang bisa menyebabkan angin dalam tubuh dan para wanita yang menderita nyeri menstruasi harus menghindari makan pisang terlalu banyak.

  • Ciku (Sawo)
buah ciku atau sawo

buah ciku atau sawo

Memiliki sifat netral dan manis.

Buah-buahan ini sangat bergizi, tetapi harus dikonsumsi dengan sangat hati-hati oleh orang-orang yang memiliki kecenderungan terserang asma.

Peringatan: Buah ini tidak cocok bagi orang-orang yang memiliki sistem darah yang lemah dan dingin. Orang-orang yang tubuhnya cenderung menghasilkan banyak lendir dan dahak juga harus menghindari buah ini.

  • Kurma Merah Cina (Jujube)

Memiliki sifat netral hingga menghangatkan dan manis. Buah ini kaya akan fosfor, vitamin B2 dan C.

kurma merah atau jujube

kurma merah atau jujube

Kurma merah menyehatkan cairan tubuh dan darah, memperkuat limpa dan perut, menghentikan diare, menghilangkan racun-racun dalam tubuh dan mengharmoniskan tubuh dalam sekaligus dapat menenangkan pikiran. Kurma merah cina melumasi paru-paru dan menghentikan batuk.

Kurma hitam terbuat dari kurma merah yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari dan kemudian diasapkan dan dibakar. Hal ini dilakukan secara berulang-ulang hingga warnanya berubah hitam. SIfatnya sedikit menghangatkan.

Peringatan: Terlalu banyak kurma merah bisa menyebabkan perut kembung dan menciptakan lendir.

  • Kelapa
kelapa

kelapa

Memiliki sifat netral hingga menghangatkan serta manis.

Sedangkan kelapa hijau yang masih muda lebih bersifat menyejukkan dan dapat menjadi pengusir dahaga yang baik.

Kelapa terkenal akan berbagai macam khasiatnya  yang menyehatkan.

Kelapa dapat memperkuat tubuh, mengaktifkan fungsi jantung, mengurangi bengkak, membunuh kuman kulit dan cacing usus, menghentikan pendarahan, menghasilkan cairan tubuh, meningkatkan air seni serta meningkatkan produksi air liur.

  • Anggur

Memiliki sifat menghangatkan hingga netral, manis dan asam.

Pada umumnya, anggur hijau bersifat netral sedangkan anggur merah dan hitam bersifat menghangatkan.

anggur segar

anggur segar

Anggur mengandung protein, karoten, mangan, potasium, besi, vitamin B1, B2, dan C. Anggur sangat menyehatkan dan dapat menjadi tonik bagi Qi dan darah.

Anggur dapat membantu mengatasi anemia, memperkuat tulang dan urat daging, meningkatkan produksi air seni, menghentikan batuk yang disebabkan keringat malam (dingin), mengharmoniskan perut, mempengaruhi limpa, ginjal dan paru-paru serta meredakan sikap lekas marah juga sembelit.

Bila membeli anggur, pilihlah yang berwarna cerah dan montok. Pilihlah anggur yang memiliki serbuk bunga – yakni yang permukaan kulitnya masih kelihatan seperti ada bedaknya, karena anggur yang lebih lama dan terlalu sering dipegang akan hilang bedaknya.

Tangkainya harus masih segar. Jika sudah kering, layu dan berwarna coklat, maka anggur sudah tidak segar lagi.

Peringatan: Jangan mengkombinasikan anggur dengan makanan asam lainnya karena bisa menyebabkan terbentuknya dahak dan panas dan naik ke jantung yang bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. Bila dimakan berlebihan anggur bisa menyebabkan sembelit dan diare.

  • Grapefruits

Memiliki sifat menyejukkan, manis dan asam. Mengandung vitamin A, B dan C.

grapefruit

grapefruit

Buah grapefruit ini sangat terkenal karena mampu mengusir dahaga dan mangatur suhu badan. Memperkuat perut, membantu pencernaan dan meningkatkan sirkulasi Qi. Buah ini digunakan untuk menghilangkan racun karena intoksikasi alkohol.

Peringatan: Jangan mengkonsumsi grapefruit dengan teh (yang juga bersifat diuretik) karena dapat menyebabkan gejala-gejala masuk angin seperti lemah punggung, kaki dan lutut, gangguan pencernaan, tinja lembek, radang sendi, reumatik dan nyeri saat menstruasi. Buah ini juga dapat menyebabkan resistensi air pada ibu hamil.

  • Jambu Biji
jambu biji

jambu biji

Memiliki sifat netral hingga menghangatkan, manis dan astringen.

Jambu biji sangat kaya akan kandungan vitamin C bahkan lebih tinggi dari jeruk.

Buah ini baik sekali bagi para penderita diabetes mellitus dan disentri akut. Jambu biji digunakan sebagai obat untuk menghentikan diare dan pendarahan.

  • Nangka

Memiliki sifat netral dan manis. Nangka mengandung karbohidrat, vitamin B dan C.

Buah ini menyehatkan, namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan karena panas yang terlalu tinggi dapat menyebabkan angin dalam tubuh kita.

Mengkonsumsi 2 hingga 3 biji buah nangka saja sudah cukup untuk sekali makan.

nangka

nangka

Buah nangka memiliki efek menenangkan dan baik sekali untuk mengatasi depresi, tenggorokan kering, hipoglisemia (merendahkan gula darah), gangguan pencernaan dan diare.

Peringatan: Aromanya yang kuat bisa menjadi alergen bagi para penderita asma. Para penderita radang sendi, rematik atau orang-orang yang memiliki sistem darah yang dingin tidak boleh memakan buah ini. Begitu juga dengan orang-orang yang tubuhnya terasa sakit dan nyeri yang berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lainnya juga harus menghindari nangka.

  • Jambu Air

Memiliki sifat menyejukkan dan manis. Jambu air tidak boleh dimakan terlalu banyak karena dapat menyebabkan angin – yakni rasa nyeri yang berpindah-pindah di dalam tubuh.

  • Buah Kiwi
buah kiwi

buah kiwi

Memiliki sifat menyejukkan, manis dan asam.

Buah kiwi mengandung 120% vitamin C yang kita butuhkan dalam sehari-hari, serat dan juga magnesium.

Buah kiwi dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah, membangun arteri yang lebih kuat dan baik sekali untuk perbaikan kerangka dan pertumbuhan tubuh.

Bila membeli buah kiwi, pilihlah buah yang kuat, tetapi sedikit lentur bila ditekan. Buah kiwi paling baik dimakan dingin dan tanpa dicampur dengan apapun, disendok langsung dari kulitnya dengan menggunakan sendok teh.

Peringatan: Buah kiwi bisa memicu batuk kejang atau menimbulkan suara terengah-engah saat bernafas bagi orang yang alergi terhadap buah ini.

  • Lemon

Memiliki sifat menyejukkan, asam dan astringen. Lemon mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, besi, antioksidan dan berbagai zat kimia lain yang dapat menghalangi kanker dan pada umumnya bermanfaat bagi kesehatan organ liver.

lemon

lemon

Lemon telah terbukti lama khasiat terapiutiknya dalam mencegah dan mengobati penyakit kudisan.

Pada abad ketiga, orang Romawi menggunakan lemon sebagai penawar segala racun. Buah ini mengatur cairan tubuh dan meningkatkan keringat.

Lemon berkhasiat diuretik, mengusir dahaga dan memiliki sifat antivirus serta antiperadangan. Hal ini membuat lemon sebagai obat kumur yang baik untuk sakit tenggorokan dan mulut kering.

Di India, masyarakat biasa meminum 2 sendok makan jus lemon yang dicampur dengan 2 sendok makan madu dalam sedikit air sebagai minuman pagi.

Bila membuat jus lemon, buanglah bagian kuning kulitnya saja. Lapisan dalamnya yang berwarna putih dari kulit luarnya yang sedikit pahit justru mengandung banyak bioflavonoid, yaitu sebuah zat antioksidan yang pada umumnya sering dianggap sebagai agen pencegah kanker.

Pemanfaatan buah lemon : Minumlah 1/2 gelas jus lemon dalam sedikit air hangat setiap hari untuk mengatur Qi dan memperkuat liver.

Perhatian: Lemon cocok sekali untuk orang-orang yang sistem darahnya dingin dan lemah atau orang-orang yang memiliki gejala-gejala seperti nyeri saat menstruasi, sakit dan nyeri tubuh.

  • Limau
limau

limau

Memiliki sifat menyejukkan dan asam.

Limau terkenal karena kemampuannya untuk mencegah dan menyembuhkan penyakit kudis pada para pelaut, yaitu suatu penyakit yang fatal karena kekurangan vitamin C.

Inggris dijuluki limeys karena secara hukum, kapal-kapal Inggris diwajibkan untuk mengangkut buah limau yang cukup untuk setiap pelaut agar dapat meminum jus limau yang cukup setiap hari jika mereka hendak pergi melaut selama lebih dari sepuluh hari.

Limau juga membantu meredakan nyeri radang sendi, menyehatkan liver dan menenangkan sikap lekas marah serta berbagai macam emosi negatif lainnya.

  • Lengkeng

lengkengBersifat menghangatkan, manis dan astringen.

Lengkeng mengandung protein, lemak, vitamin C, fosfor dan zat besi. Buah lengkeng juga dapat menyehatkan darah, menenangkan jiwa, menenangkan liver, mengatur Qi, menghasilkan cairan tubuh, merangsang energi, meredakan nyeri dan mempengaruhi limpa serta liver.

Peringatan: Mengkonsumsi lengkeng terlalu banyak akan menyebabkan hidung berdarah, sensasi demam dan dahaga, Orang yang memiliki sistem tubuh yang panas juga seharusnya tidak mengkonsumsi buah lengkeng.

  • Mangga

buah manggaMemiliki sifat netral, manis dan asam.

Mangga menghasilkan cairan tubuh, mengatur Qi, meredakan batuk, mengusir dahaga, memperkuat perut serta limpa dalam hal pengobatan pencernaan yang lemah, meredakan muntah-muntah dan meningkatkan buang air kecil.

Peringatan: Mengkonsumsi buah mangga terlalu banyak akan dapat menyebabkan panas lembab dan gatal-gatal pada daerah kewanitaan.

  • Jeruk
buah jeruk segar

buah jeruk segar

Memiliki sifat menyejukkan hingga netral, manis dan asam.

Jeruk dan vitamin C hampir tidak dapat dipisahkan. Jeruk juga mengandung potasium, sodium, kalsium, besi, fosfor, magnesium serta berbagai macam antioksidan.

Buah jeruk juga terkenal sebagai pengusir dahaga dan mampu menyejukkan sistem tubuh yang terlalu panas. Jeruk melumasi paru-paru mengencerkan lendir dan meningkatkan cairan tubuh sekaligus meningkatkan kesehatan perut dan memperbaiki nafsu makan.

Jeruk juga dapat menyembuhkan berbagai gangguan saluran pernafasan di samping menurunkan kadar kolestrol dalam darah.

  • Pepaya

Memiliki sifat netral hingga menyejukkan dan manis. Buah pepaya mengandung protein, lemak, banyak vitamin, kaya akan gula dan tinggi kadar karoten serta memiliki berbagai macam zat yang bersifat antioksidan. Pepaya membantu sistem pencernaan, merangsang gerakan-gerakan perut serta diyakini memiliki khasiat sebagai agen anti tumor.

Pemanfaatan untuk pengobatan bisul: Haluskan sekitar 250 gram pepaya matang dan segar lalu tempelkan pada bisul atau luka karena bisul.

  • Buah Persik

Memiliki sifat menyejukkan hingga menghangatakan, manis dan sedikit asam. Buah persik yang manis lebih bersifat menghangatkan.

buah persik

buah persik

Buah persik mengandung karoten, kalsium, fosfor, besi, vitamin B dan C serta dapat membantu bagi para pengidap diabetes dan pengidap penyakit gangguan paru-paru. Buah persik dapat melumasi paru-paru dan usus, meningkatkan cairan tubuh dan sirkulasi darah, menurunkan panas dan menimbulkan keringat.

Bila membeli buah persik, jangan pilih buah yang berwarna hijau karena biasanya masih belum matang, kering dan tidak ada rasanya. Pilihlah buah yang kuning lembut dan sedikit lentur bila ditekan. Buah persik sebaiknya dibuang kulitnya karena bisa saja telah disemprot denga pestisida atau diberi lilin.

Peringatan: Orang yang kondisi tubuhnya dingin dan lembab tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah persik.

  • Buah Pir

Memiliki sifat menyejukkan, manis dan sedikit asam. Buah pir mengandung gula-gula sederhana, potasium, vitamin B1, B2 dan C. Buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol dan terkenal sekali sifatnya yang menyejukkan.

buah pir

buah pir

Buah pir melumasi dan melembabkan kekeringan pada tenggorokan dan mulut serta menghilangkan dahak dan lendir yang berwarna hijau kekuning-kuningan.

Buah pir merupakan agen pelembab yang baik, dengan menghasilkan cairan-cairan dalam tubuh dan mengusir dahaga  yang disebabkan oleh sakit demam dan diabetes. Buah pir mengurangi rasa gelisah dan panas perut, yang menyebabkan nafas menjadi tidak sedap serta dapat menenangkan jantung.

Buah pir juga baik sekali bagi penderita bisul, borok, penyakit mata dan gusi memerah, luka pada bagian lidah dan air seni keruh.

Kebanyakan buah pir yang dijual dipasaran di jual dalam kondisi yang belum matang, tetapi dengan menyimpannya selama 2 hingga 3 hari sudah membuatnya matang.

Pemanfaatan untuk kehilangan suara akut: Minumlah jus dari 2 hingga 3 buah pir tanpa kulitnya yang dicampur dengan 2 sendok teh madu.

Peringatan: Orang yang dingin perut dan limpanya tidak diperbolehkan mengkonsumsi buah pir karena nantinya dapat menyebabkan kedinginan yang amat sangat dan bahkan diare. Wanita hamil serta orang yang mengalami anemia juga dilarang untuk mengkonsumsi buah pir.

  • Kesemek

Bersifat menyejukkan hingga netral, manis dan astringen. Buah kesemek mengandung potasium, besi, yodium,  serta vitamin A dan C.

kesemekOrang Cina menggunakan buah kesemek segar dan kering (kue kesemek) untuk tujuan pengobatan. Buah ini dapat mengusir dahaga, membantu mengendalikan dan menurunkan tekanan darah, menurunkan panas, meningkatkan aliran darah dalam arteri koroner pada organ jantung, mempengaruhi jantung, menghentikan diare, menyehatkan limpa, menghentikan batuk kering pendek, mengencerkan dahak, memudahkan gerakan-gerakan perut dalam hal kotoran kering dan keras.

Bila memilih kesemek, ambillah buah yang montok, dengan warna yang penuh atau oranye cerah jangan yang berwarna hijau kekuning-kuningan.

Peringatan: Jangan memakan kesemek dengan kepiting karena dapat menyebabkan diare berat.

  • Nanas

Bersifat netral hingga menghangatkan, manis dan asam. Buah nanas yang paling menyehatkan adalah yang matang di bawah sinar matahari.

Penuhnya mata dan kuatnya aroma merupakan suatu pertanda yang baik tentang hal kematangan pada buah nanas. Periksalah tangkai buah untuk mengetahui kesegarannya.

Jangan ambil nanas yang tangkainya telah layu. Nanas yang asam dan belum matang bersifat kurang menghangatkan.

Nanas baik sekali untuk mengusir dahaga. Buah ini membantu untuk menjaga kesehatan limpa, membantu pencernaan dan buang air kecil, mengurangi pembengkakan, menghentikan diare serta dapat menghilangkan panas.

Peringatan: Orang yang kondisi tubuhnya lembab tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi nanas.

  • Prem

Memiliki sifat menyejukkan hingga menghangatkan, manis dan asam. Semakin manis rasanya, maka sifatnya akan semakin menghangatkan. Buah prem mengandung kalsium, fosfor, besi, karoten, vitamin B dan C.

buah premBuah prem memperlunak dan menenangkan liver dan mengatasi kelambanan kinerja liver, yang ditunjukkan dengan kesulitan untuk bangun dari tempat tidur pada pagi hari.

Buah ini dapat meningkatkan nafsu makan, mengatasi kemacetan Qi, meredakan gangguan pencernaan, membantu memperlancar buang air kecil, meningkatkan dan mengatur cairan tubuh, menghentikan dahaga serta dapat menurunkan demam. Buah prem juga baik untuk mengatasi gusi berdarah.

Peringatan: Mengkonsumsi buah prem terlalu banyak tidak baik untuk kesehatan gigi.

  • Pomelo

Buah ini sejenis jeruk bali. Memiliki sifat menyejukkan, manis dan asam. Buah ini mengandung karoten, vitamin B1, B2, dan C, kalsium, fosfor serta besi.

PomeloKandungan serat dalam buah pomelo jauh lebih tinggi daripada dalam sebagian besar buah.

Pomelo baik untuk mengatasi sembelit yang disebabkan oleh panas, yang disertai dengan keluarnya tinja yang kering dan keras.

Buah ini kurang menyejukkan dibandingkan dengan pisang. Bila dimakan dalam keadaan segar, pomelo dapat menyehatkan limpa, membantu mengatasi gangguan pencernaan, mengurangi sendawa dan menghilangkan rasa tak sedap pada mulut.

Buah pomelo dapat digunakan sebagai obat mujarab rasa sakit setelah tidur yang dirasakan oleh pemabuk karena buah ini dapat menetralkan pengaruh alkohol.

  • Delima

Memiliki sifat menghangatkan, manis dan asam. Buah delima mengandung vitamin A dan C serta potasium. Bila anda membeli buah delima, pilihlah buah yang harum baunya dan kulitnya tidak retak-retak.

Biji buah delima memiliki sifat yang menyejukkan. Buah ini dapat meredakan panas, melembabkan paru-paru, meredakan batuk dan menghilangkan berbagai racun-racun dalam tubuh.

  • Rambutan

Bersifat menghangatkan dan manis. Memakan rambutan secara berlebihan dapat menyebabkan panas yang lembab.

Rambutan tidak baik pagi para penderita sakit batuk. Sifatnya yang berminyak dapat membuat iritasi dan bahkan dapat memperburuk saluran pernafasan.

Peringatan: Orang yang baru sembuh dari suatu penyakit seharusnya tidak boleh untuk mengkonsumsi rambutan.

  • Rose Apple ( pu tao / jambu air merah)
rose apple / pu tao

rose apple / pu tao

Memiliki sifat menghangatkan, manis dan astringen.

Buah yang memilik aroma yang wangi ini baik untuk orang yang sistem darahnya cenderung panas karena memiliki efek dapat menyejukkan darah.

Pemanfaatan untuk mengusir perasaan dingin pada perut: Ambil 30 gram sekali pada pagi hari dan sekali untuk sore hari.

Pemanfaatan untuk cegukan yang tidak dapat berhenti: Ambil 30 hingga 60 gram san dimakan setiap 2 jam.

  • Belimbing

Bersifat menyejukkan hingga menghangatkan, manis dan sedikit astringen.

Buah belimbing yang masih hijau dan asam memiliki sifat lebih menyejukkan, sedangkan yang berwarna kuning dan manis lebih cenderung bersifat menghangatkan.

Buah belimbing membantu untuk membentuk cairan tubuh dan mengaktifkan produksi air liur. Buah ini dapat meningkatkan buang air kecil serta menurunkan demam.

Buah belimbing juga membantu sistem pencernaan dan meredakan berbagai gangguan perut, menurunkan tekanan darah, meredakan batuk dan radang tenggorokan serta membantu tubuh untuk mengeluarkan racun-racun.

  • Strawberry

strawberryMemiliki sifat yang menyejukkan dan manis.

Strawberry mengandung kalsium, fosfor, besi dan vitamin C. Semakin manis rasa buahnya maka semakin kurang sifat sejuk nya. Strawberry dapat melembabkan dan melumasi paru-paru, meningkatkan cairan tubuh dan keluarnya air liur serta memperkuat limpa.

Buah ini juga baik untuk meredakan demam, mengurangi dahaga, kurang nafsu makan dan gangguan siste pencernaan serta mengatasi mabuk dalam perjalanan khususnya mabuk laut.

Peringatan: Strawberry mengandung alergen yang dapat memicu nafas menjadi tersengal-sengal pada penderita asma. Jika anda merasa ragu-ragu, pertama makanlah sedikit saja.

1 comment for “Sifat Dan Efek Buah-buahan Untuk Terapi Kesehatan

  1. tony
    May 27, 2015 at 7:02 pm

    Sangat membantu sekali…terimakasih infonya ternyata makan buah trlalu banyak jg bahaya…kirain lbh banyak makan tambah protein dan vitaminya

Comments are closed.