Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Tubuh

roti tawarKarbohidrat merupakan sumber dari energi untuk tubuh kita. Untuk memenuhi pola makan yang seimbang, maka dalam sehari seseorang memerlukan sebanyak 50 sampai 60% karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan energi setiap hari.

Bila kita berbicara tentang masalah diet untuk menurunkan berat badan, umumnya orang-orang akan berpikiran  untuk menjauhi makanan yang mengandung karbohidrat, seperti roti, nasi dan lain sebagainya.

Padahal, masih ada jenis makanan lain yang merupakan sumber karbohidrat yang baik, karena memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga nantinya akan diserap oleh tubuh kita secara perlahan, misalnya beras merah.

Dengan mengkonsumsi nasi dari beras merah maka anda akan mendapatkan lebih banyak manfaat, karena selain anda memiliki cukup energi anda juga akan merasakan rasa kenyang yang lebih lama saat anda melakukan diet untuk menurunkan berat badan anda.

Beras merah merupakan makanan sumber karbohidrat yang sebenarnya dihasilkan saat lapisan paling luar dari kulit beras telah dihilangkan. Proses seperti ini akan menghilangkan sedikit nutrisi dari beras tersebut.

Padi yang digiling secara lengkap nantinya akan mengubah beras merah menjadi beras putih yang biasa kita temukan dipasaran. Proses penggilingan seperti ini akan menghilangkan banyak vitamin yanga da di dalam beras. Berbagai nutrisi seperti vitamin B, B3, B6, asam folat, mineral, asam lemak esensial serta serat yang terkandung dalam beras akan lenyap

Beras putih yang banyak dijual dipasaran tidak hanya tinggi akan karbohidrat, namun juga rendah serat, sehingga nasi dari beras putih sangat mudah sekali untuk dicerna dan diproses menjadi glukosa yang nantinya akan meningkatkan kadar gula dalam darah jadi semakin melonjak.

bubur beras merah

bubur beras merah

Nasi dari beras merah justru sebaliknya, karena masih memiliki banyak nutrisi yang baik serta cukup banyak serat sehingga tidak cepat untuk dicerna serta tidak mempengaruhi kadar gula dalam darah.

Ada sebuah teori baru tentang zat pati yang resisten yang telah mengubah pandangan para ahli gizi di dunia tentang beras putih. Dalam teori tersebut disebutkan bahwa, dengan mengubah metode pamasakan beras putih, maka zat pati dalam nasi tersebut akan diubah menjadi zat pati resisten yang nantinya akan dilepaskan di dalam sistem pencernaan serta dapat difungsikan sebagai serat. Yang tak kalah menariknya, cara seperti ini justru dipercaya mampu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan zat pati resisten saat anda memasak nasi putih, sebaiknya dinginkan nasi setelah ditanak. Cara seperti ini dipercaya akan meningkatkan zat pati dalam nasi putih. Cara lainnya adalah dengan memasak nasi dalam microwave. Tapi hal ini sangat tidak baik dalam metode kesehatan ala Timur.

Untuk roti, anda bisa memilih roti yang berasal dari tepung gandum yang tidak dimurnikan sebelumnya. Roti dari tepung gandum yang belum dimurnikan dipercaya lebih menyehatkan, bergizi serta membuat perut merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama.

Roti dari tepung gandum yang belum dimurnikan merupakan jenis makanan yang rendah lemak namun tinggi serat. Asalkan anda tidak memberikan tambahan lain seperti mentega maupun minyak saat membuatnya maupun mengkonsumsinya.

Roti putih atau yang kerap kita sebut dengan nama roti tawar merupakan pilihan sebagai menu untuk sarapan maupun sebagai camilan sehari-hari. Selain praktis, roti putih juga lebih lezat bila dipadukan dengan sesuatu yang gurih maupun manis, misalnya selai.

Namun, bila anda sedang menjalani diet untuk menurunkan atau mengontrol berat badan, sebaiknya anda perlu untuk mengurangi konsumsi roti putih. Karena ternyata ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa roti putih kemungkin merupakan sumber dari kegemukan atau obesitas.

Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang lebih mungkin untuk mengalami kegemukan maupun obesitas ketika mengkonsumsi roti putih jika dibandingkan dengan orang yangbiasa mengkonsumsi roti gandum.

Para peneliti menganalisa kebiasaan makan serta berat badan dari para responden yang jumlahnya mencapai 9200 orang selama kurun waktu lima tahun. Para responden terbagi menjadi tiga bagian, yaitu kelompok yang mengkonsumsi roti putih, kelompok konsumsi roti gandum serta kelompok konsumsi keduanya.

roti gandum

roti gandum

Para responden yang mengkonsumsi keduanya tidak mengalami resiko peningkatan berat badan. Namun para responden yang mengkosumsi roti putih dalam porsi lebih banyak setiap hari beresiko 40 % lebih tinggi mengalami kegemukan atau obesitas. Tentu saja bila dibandingkan dengan orang-orang yang mengkonsumsi roti putih kurang dari satu porsi setiap minggu.

Para peneliti penyebutkan bahwa, roti gandum utuh merupakan jenis makanan karbohidrat kompleks yang memang mengandung serat serta kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk menjaga berat badan agar tetap stabil.

Mengkonsumsi dua porsi roti putih dalam sehari atau bahkan lebih akan memberikan dampak buruk yang signifikan pada tubuh kita yaitu meningkatnya resiko kegemukan atau obesitas.

Namun penelitian tersebut tetap tidak menegaskan adanya hubungan sebab akibat dari roti putih, melainkan hanya meneliti tentang kaitan dari roti putih dengan kegemukan. Dan penelitian ini masih belum diterbitkan dalam jurnal manapun.

Jadi, untuk menjaga kesehatan tubuh serta menjaga berat badan tetap stabil, sebaiknya gantilah sumber karbohidrat anda dengan mengkonsumsi berat merah maupun roti gandum utuh. Namun kita tetap harus bijak dalam hal mengkonsumsinya dan tidak lupa untuk tetap berolahraga secara rutin agar tubuh tetap sehat dan bugar.

1 comment for “Sumber Karbohidrat Yang Baik Untuk Tubuh

  1. Pingback: jeffery

Comments are closed.