Sumber Makanan Tinggi Mineral

Mineral memiliki peranan yang sangat penting di dalam tubuh manusia karena mineral berperan untuk membantu pembentukan tulang dan darah, mendukung sistem endokrin serta menjaga fungsi syaraf.

Maka dari itu anda harus rutin mengonsumsi makanan yang mengandung mineral dengan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh.

Sumber Makanan Tinggi Mineral

Fungsi Mineral

Tidak bisa dipungkiri bahwa tubuh sangat membutuhkan keberadaan mineral dan vitamin dimana kedua unsur ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Anda tidak perlu bingung untuk mencari sumber makanan atau minuman yang mengandung mineral karena anda bisa mendapatkannya melalui makanan atau minuman yang biasa anda konsumsi setiap hari.

Untuk mendukung supaya tubuh selalu tampil prima maka tubuh sangat membutuhkan mineral untuk menyalurkan dan membangkitkan sistem elektrik dalam tubuh.

 

Sumber Makanan Tinggi Mineral

Formula Trace Mineral diproses dengan mengurangi sodium dan dilakukan dengan alami dimana hal ini akan  menghasilkan suatu formula yang memiliki kelebihan lebih besar jika dibandingkan dengan mineral lain hingga 26 kali lipat.

Hingga saat ini CMD-Formula Trace merupakan mineral alami yang paling kuat yang bisa menjaga kesehatan anda.

Tubuh yang kurang mendapatkan asupan mineral dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan masalah kesehatan terutama pada kaum remaja dan anak-anak yang sedang memasuki masa pertumbuhan.

Berikut ini Sumber Makanan Tinggi Mineral diantaranya :

  • Zinc

Tubuh sangat membutuhkan zinc karena zinc memiliki peranan sebagai pendukung sistem kekebalan tubuh, kesehatan organ vital terutama pada kaum pria serta sintesis protein normal.

Sumber makanan tinggi mineral diantaranya jenis kacang-kacangan, ragi, jamur, biji labu dan sebagainya.

 

  • Telur

    telur ayam rebus

    telur ayam rebus

Telur yang dikenal sebagai sumber makanan yang tinggi protein dengan nutrisi yang hampir lengkap, mengandung mineral yang cukup tinggi.

Anda bisa memenuhi kebutuhan mineral dan kalori dengan mengonsumsi telur atau roti panggang pada saat sarapan.

 

  • Daging Dada Ayam

Dada ayam yang merupakan bagian favorit dari sebagian besar masyarakat ini rendah akan kolesterol namun memiliki nilai gizi yang seimbang dan baik untuk kesehatan.

 

  • Ikan

Sebagian besar jenis ikan seperti ikan salmon mengandung lemak dan protein namun anda tidak perlu khawatir dengan resiko kesehatan akibat mengonsumsi ikan karena lemak yang ada pada ikan merupakan lemak yang baik atau biasa dikenal dengan omega 3.

 

  • Susu Murni susu full krim

Susu murni mengandung sumber protein yang tinggi dan alami yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meskipun susu murni tidak mengandung protein dalam jumlah yang banyak namun susu murni memiliki protein dengan kualitas yang baik dan alami yang baik untuk kesehatan tubuh.

 

  • Kedelai

Dalam setiap cangkir kedelai terdapat 29 gr protein dimana jumlah ini bisa diandalkan untuk menyuplai kebutuhan protein tubuh.

Kacang kedelai dikenal tinggi akan kandungan protein dengan berbagai manfaat kesehatan seperti mencegah resiko penyakit jantung, mencegah kekeroposan tulang, serta mencegah kanker.

Dengan demikian tidak mengherankan apabila kacang kedelai merupakan sumber makanan yang sangat baik untuk kesehatan jantung karena kacang kedelai mengandung phytochemical seperti saponin, asam phytc dan isoflavon serta rendah akan kandungan lemak.

 

  • Tahu tahu thumb

Tahu merupakan makanan yang berasal dari kacang kedelai yang bisa diolah dalam berbagai jenis masakan dan diolah dengan berbagai cara memasak.

Tahu mudah dikombinasikan dengan berbagai jenis bumbu masakan ataupun dicampur dengan berbagai jenis sayuran dan daging-dagingan.

Tahu merupakan salah satu jenis makanan yang disukai karena rasanya yang lezat, mudah diolah dan harganya yang murah.

 

  • Tempe

Tempe merupakan makanan yang berasal dari kacang kedelai yang hampir sama dengan tahu, namun diolah dengan fermentasi kedelai.

Tempe kaya akan kandungan protein nabati, memiliki rasa yang lezat dan mudah diolah dalam berbagai jenis masakan.

 

  • Polong-polongan (Peas)

Sebenarnya sebagian besar orang Indonesia jarang mengonsumsi kacang polong atau kacang-kacangan (peas)

Akan tetapi jenis makanan ini biasanya dipilih sebagai menu utama bagi seseorang yang sedang menjalani program diet.

Selain tinggi akan kandungan protein, kacang polong juga mengandung mineral, vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

  • Yoghurt

    yoghurt buah

    yoghurt buah

Yoghurt merupakan jenis makanan yang biasa dikonsumsi pada saat sarapan dimana yoghurt dikenal tinggi akan kalsium dan protein.

Anda bisa mengonsumsi yoghurt secara langsung ataupun bisa juga dengan ditambahkan dengan buah, ataupun dikombinasikan dengan masakan lain seperti kari dan sup.

 

  • Kacang Almond

Kacang almond tinggi akan kalsium, protein, mengandung serat alami namun rendah akan kandungan karbohidrat.

Anda bisa mengonsumsi kacang almond dalam kondisi mentah atau bisa juga ditambahkan pada makanan lain.

 

  • Sayur bayam

Jika dibandingkan dengan berbagai jenis sayuran, bayam merupakan salah satu jenis sayur yang tinggi akan kandungan mineral yaitu sekitar 157 mg magnesium.

Magnesium sendiri merupakan mineral yang dibutuhkan oleh sel dan memiliki peranan yang penting terhadap sekitar 300 fungsi biokimia dalam tubuh.

Namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelekan keberadaan mineral dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Sumber makanan lain yang mengandung magnesium diantaranya buah alpukat, kacang almond, susu dan coklat hitam.

 

  • Hati sapi

Bila anda sedang mengalami penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah maka disarankan untuk mengonsumsi hati sapi yang dikenal tinggi akan zat besi.

Daging sapi mengandung sekitar 5.8 mg zat besi dimana zat besi merupakan mineral yang bekerja membentuk sel darah merah, untuk memenuhi kebutuhan zat besi dan disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil untuk mencegah anemia.

 

  • Buah pisang

    buah pisang

    buah pisang

Buah pisang dikenal mengandung kalium dengan jumlah yang cukup tinggi yakni sekitar 400 mg kalium.

Sebagian atlet olahraga yang akan segera bertanding ada kalanya mengonsumsi buah pisang sebelum pertandingan dimulai untuk menambah energinya.

Buah pisang mengandung serat, vitamin B6, vitamin C serta kalium tentunya.

Anda bisa mengonsumsi buah pisang sebagai cemilan sehat ataupun diolah menjadi makanan lain seperti pisang goreng atau kue pisang.