Tentang Susu Dan Produk Olahan Susu

produk olahan susu

produk olahan susu

Manusia memang sangat unik. Ia merupakan satu-satunya species mahluk di atas planet ini yang meminum susu dari species mahluk yang lain.

Disamping itu, manusia juga serupakan satu-satunya species mahluk yang terus meminum susu bahkan setelah disapih dari induknya.

Dalam masyarakat yang lebih maju dan modern, beberapa bayi bahkan tidak disusui dengan ASI karena menyusukan bayi dianggap suatu hal yang kuno!

Ada pepatah China yang mengatakan: Jika engkau memberikan susu sapi kepada seorang anak, dia akan tumbuh tolol; dan jika memberinya susu kambing, dia akan tumbuh keras kepala!

Ada banyak sekali informasi yang mengaitkan konsumsi berbagai produk susu dengan berbagai penyakit kronis, seperti kanker, radang sendi, migren, asma, osteoporosis, dan lain sebagainya.

  • Susu sapi dimaksudkan untuk anak sapi. Komposisinya berbeda dari susu manusia. Ada tiga ratus kali lebih banyak kaseinn dalam susu sapi daripada dalam susu manusia. Kasein ini akan membeku dalam perut serta membentuk ampas yang besar, kenyal dan sulit untuk dicerna yang dimaksudkan untuk binatang yang berperut empat tetapi sama sekali bukan untuk manusia.
  • Dalam sistem tubuh manusia, kasein akan membentuk massa goo yaitu suatu zat yang lengket yang membuat tubuh membutuhkan sejumlah besar energi hanya untuk membebaskan diri darinya. Disamping itu, zat goo dapat mengeras serta menempel pada susu besar. Hal ini akan menghalangi penyerapan zat gizi kedalam tubuh. Anda mungkin ingin tahu suatu hal bahwa perekat yang paling kuat yang biasa digunakan dalam pabrik kayu sebenarnya terbuat dari kasein.
  • Sebagai akibat dari mencerna susu, terbentuklah banyak sekali lendir yang beracun dalam tubuh. Susu dapat membentuk dahak sehingga orang yang mengidap asma ataupun batuk seharusnya tidak diperbolehkan minum susu. Sesungguhnya semua produk susu kecuali keju, amat sangat membentuk asam. Yang mana kondisi asam justru akan membuat tubuh menjadi sakit.
  • Tubuh perlu menetralkan kondisi asamnya. Hal ini dilakukan dengan memobilisasi kalsium di dalamnya. Ini memang suatu ironi bahwa orang-orang dicekoki  dengan gagasan bahwa dengan minum susu, manusia dapat menyediakan kalsium bagi tubuh. Itu tidak benar. Sesungguhnya, dengan meminum susu anda cenderung kehilangan semakin banyak kalsium dalam tubuh anda. Para wanita dalam negara-negara maju yang selalu mengkonsumsi susu dalam jumlah banyak malah mengalami kejadian osteoporosis yang lebih tinggi daripada wanita-wanita yang hidup di negara yang rendah konsumsi susunya.
  • Banyak orang yang juga memiliki kesalahan konsepsi bahwa susu dan produk-produk susu merupakan sumber kalsiumyang utama atau satu-satunya. Hal ini juga tidak terbukti. Ada berbagai sumber kalsiumyang lebih baik dan lebih mudah didapat daripada susu. Michio Kushi bersama dengan Edward Esko dalam bukunya yang berjudul The Macrobiotic Approach to Cancer, membandingkan kandungan kalsium dari berbagai jenis makanan, seperti:

 

Makanan                                  mg Kalsium/3.5 ons hidangan.

Sayuran berdaun

Bayam                                                     98

Mustar hijau                                             183

Polong

Kacang panjang                                       150

Kedelai                                                     226

Tofu atau tahu                                           128

Rumput laut

Agar-agar                                                 400

Biji-bijian dan kacang-kacangan

Biji wijen                                                  1160

Buah badam manis                                    282

Produk-produk hewani

Susu sapi                                                    118

Yoghurt                                                        120

macam-macam keju

macam-macam keju

N. W. Walker dalam Diet & Salad menurut urutan kepentingannya, menyusun tipe-tipe makanan yang kaya akan kalsium, yaitu; buah badam tak bergaram, wortel, lobak CIna, bayam, jeruk, okra, kembang kol, tomat, bawang semua buah prambus serta kacang-kacangan (kecuali kacang tanah), apel, kentang mentah serta aprikot.

Dari daftar di atas, jelas sekali bahwa kita memiliki lebih banyak lagi jenis makanan yang kaya akan kalsium dibandingkan dengan susu.

Disamping itu, semua jenis makanan tersebut tidak menimbulkan berbagai macam persoalan seperti susu.

Pernahkah anda bertanya dalam hati darimana sapi memperoleh seluruh kalsiumnya pertama kali? Biji-bjian dan rumput! Sesungguhnya, sapi tidak minum susu maupun makan keju!

  • Senyawa kalsium yang terdapat pada susu sapi jauh lebih kasar daripada susu manusia, dan senyawa ini terikat dengan kasein. Inilah yang menyulitkan penyerapan kalsium. Di samping itu, bila susu diberantas kumannya atau di proses hingga mencapai 70° Celcius, akan membuat kalsium bahkan menjadi lebih sulit untuk dimanfaatkan.

Pengganti susu

Tidak ada. Sedapat mungkin, anda menjauhkan diri dari berbagai macam jenis susu dan produk olahan susu. Kami menyarankan anda untuk menggantinya dengan jenis makanan yang kami sebutkan diatas serta minum jus alami saja sebagai penggantinya.

 

 

2 comments for “Tentang Susu Dan Produk Olahan Susu

  1. Pingback: christopher
  2. Pingback: steven

Comments are closed.