Tes Kesehatan Untuk Wanita

Tes Kesehatan untuk Wanita

Penyakit memang tidak bisa ditebak kapan datangnya karena ada kalanyabisa muncul tanpa menunjukkan gejala sama sekali.

Maka dari itu sangat penting untuk memeriksakan kondisi kesehatan setidaknya satu kali dalam satu tahun, terutama jika memiliki gaya hidup yang tidak sehat.

Berikut ini adalah jenis tes kesehatan yang sebaiknya dilakukan untuk wanita :

 

Mamografi

Jika anda adalah seseorang yang memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker payudara terutama jika memiliki riwayat keluarga yang pernah terkena kanker payudara maka disarankan untuk melakukan mamografi terutama jika sudah menginjak usia 40 tahun.

Alternatif lainnya adalah pada setiap bulan anda juga disarankan untuk melakukan pemeriksaan payudara sendiri untuk melihat adanya perubahan yang terjadi pada payudara.

 

Tes tiroid

Gejala penyakit hipertiroidisme bisa dilihat dengan adanya nafsu makan yang meningkat namun di sisi lain berat badan menurun, berkeringat, gelisah, serta leher yang membengkak.

Meskipun kaum pria juga bisa terkena penyakit ini, namun kaum wanita memiliki resiko yang lebih besar.

Jika tidak mendapatkan perawatan yang baik hipertiroidisme bisa mengakibatkan dampak yang sangat serius misalnya gangguan jantung. Hipertiroidisme bisa dideteksi melalui pemeriksaan darah.

 

Pap smear

Tes ini sebaiknya dilakukan sejak usia 21 tahun, kecuali jika sebelumnya anda sudah pernah melakukan hubungan seksual.

Sebenarnya setiap wanita disarankan untuk melakukan tes ini untuk mengetahui ada tidaknya kemungkinan untuk terkena kanker serviks.

 

Pemeriksaan mata

Anda bisa memeriksakan mata anda setidaknya sekali dalam setiap tahun terutama jika anda menggunakan lensa kontak atau kacamata.

Jika dibandingkan dengan kaum pria, kaum wanita lebih beresiko untuk mengalami masalah yang berhubungan dengan mata, misalnya penyakit autoimun atau sindrom mata kering yang bisa mempengaruhi kesehatan organ mata.

 

Tes darah

Jika pada saat usia 20 tahun anda sudah pernah melakukan pemeriksaan kadar kolesterol melalui tes darah maka anda juga bisa mengulangi pemeriksaan ini pada usia 40 tahun.

Sebaiknya anda tidak menunda tes gula darah dan pemeriksaan kadar kolesterol  karena resiko diabetes dan penyakit jantung akan semakin meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang.

1 comment for “Tes Kesehatan Untuk Wanita

  1. petrina
    June 26, 2013 at 9:40 am

    Mantapp….

Comments are closed.