Tips Agar Mudah Tidur

Ada kalanya kita mengalami kondisi dimana kita susah tidur di malam hari, padahal ada agenda penting yang tidak boleh dilewatkan di pagi hari.

Apalagi di malam harinya tubuh kita juga harus beristirahat biar pada keesokan harinya kita dalam kondisi yang fresh, bersemangat dan tidak mudah mengantuk.

Namun sayangnya terkadang ada beberapa hal yang menyebabkan kita susah tidur walaupun tubuh sudah berbaring lama di tempat tidur. tips agar mudah tidur

Berikut ini merupakan Tips Agar Mudah Tidur diantaranya :

 

 

  • Hindari minum alkohol

Sebagian orang memiliki anggapan bahwa minum alkohol bisa membuat lebih mudah mengantuk.

Sebenarnya anggapan ini tidak sepenuhnya salah namun tidur karena minum alkohol bisa membuat kepala anda terasa pusing dan tidak nyaman ketika bangun tidur, bahkan tidur anda tidak akan merasa pulas.

Selain itu minuman beralkohol memiliki efek diuretik yang bisa membuat anda lebih mudah mengalami kondisi dehidrasi, dan anda akan beresiko tinggi untuk buang air kecil atau berkeringat ketika sedang tidur malam.

 

  • Hindari tidur siang

Seseorang yang susah tidur di malam hari atau insomnia biasanya akan lebih sering tidur di siang hari.

Jika hal ini sering terjadi maka pada akhirnya akan semakin memperparah kondisi penyakit insomnia.

Sebenarnya tidur siang selama sekitar 15 menit hingga 30 menit baik untuk kesehatan, namun jika anda memiliki kesulitan tidur di malam hari maka sebaiknya jangan coba-coba untuk tidur siang.

 

  • Olahraga ringan

Salah satu rutinitas yang bisa membantu anda untuk bisa mudah tidur adalah dengan melakukan olahraga ringan di pagi hari misalnya jogging.

Olahraga ringan yang dilakukan secara teratur bisa membuat kondisi metabolisme tubuh tetap terjaga dengan baik sehingga bisa memberikan “alarm” ketika memasuki masa istirahat

olahraga lari

olahraga lari

Selain bisa membantu tidur dengan lebih cepat olahraga ringan yang dilakukan secara teratur juga bisa menghilangkan masalah stres yang biasanya menjadi salah satu penyebab utama susah tidur dengan demikian maka akan semakin kecil resiko untuk susah tidur.

Namun yang harus anda perhatikan adalah waktu untuk melakukan olahraga ringan dimana sebaiknya jangan melakukan olahraga setidaknya 3 jam sebelum waktu tidur yang diinginkan karena olahraga yang dilakukan akan menghasilkan adrenaline yang justru membuat anda tetap terjaga.

 

  • Jangan makan sembarangan menjelang tidur

Pola makan anda bisa memberikan pengaruh terhadap kualitas tidur anda, misalnya anda tidur ketika perut anda dalam kondisi yang masih penuh kekenyangan.

Hal ini akan membuat proses pencernaan masih terus berjalan walaupun anda telah tertidur, maka anda akan beresiko tinggi untuk terbangun di malam hari karena sebagian fungsi organ pencernaan anda masih terus bekerja.

Sebaliknya tidur dalam kondisi perut yang masih kosong juga akan membuat anda susah tidur, maka dari itu usahakan untuk tidur dengan kondisi perut yang tidak kosong dan tidak terlalu penuh.

 

  • Jauhkan segala peralatan elektronik menjelang tidur  main hp di tempat tidur

Jika anda ingin mudah tidur maka hindari melakukan berbagai aktivitas yang bisa menunda waktu tidur anda seperti berselancar di dunia maya, menonton film atau acara tv, mendengar acara radio dan bermain game lewat hp.

Berbagai aktivitas tersebut bisa merangsang otak anda untuk tetap terjaga padahal sebelumnya anda berkeinginan kuat untuk tidur segera.

 

  • Atur suhu kamar

Suhu kamar yang panas tentunya akan membuat badan anda menjadi gerah yang ujung-ujungnya anda akan menjadi susah tidur.

Sebaliknya suhu kamar yang dingin bisa membuat anda lebih mudah untuk merasa mengantuk.

Untuk membantu mempercepat menurunkan suhu kamar yang panas anda bisa menggunakan bantuan kipas angin elektronik atau pendingin udara.

 

  • Produksi hormon tidur meningkat jika ada di ruangan yang gelap

Sinar lampu kamar jika mengenai mata bisa memberikan pengaruh terhadap produksi hormon tidur atau melatonin dalam tubuh dimana hormon ini berperan dalam mengatur kapan saat untuk tidur dan kapan saat untuk beraktivitas.

Pada dasarnya hormon ini bekerja aktif di dalam tubuh mengikuti siklus pagi, siang dan malam.

 

  • Atasi suara yang berisik susah tidur karena berisik

Ada kalanya anda merasa susah tidur karena mendengar suara-suara yang tidak anda inginkan misalnya suara dengkuran dan suara alam seperti jangkrik atau kodok.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menutup telinga anda dengan menggunakan bantal, kalaupun masih terganggu maka anda bisa tidur dengan menggunakan headset (hanya dipasang saja), atau anda bisa mendengar suara-suara alam yang bisa memberikan efek menangkan seperti suara ombak.

 

  • Aroma terapi untuk memberikan efek ketenangan

Pikiran dan hati yang tenang merupakan kunci dan syarat utama untuk bisa tidur dengan nyenyak di malam hari.

Salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk menenangkan hati dan pikiran adalah dengan menggunakan aroma terapi yang bisa memberikan efek menenangkan seperti aroma kayu cendana, lavender dan vanila.

 

  • Biasakan tidur dengan waktu yang teratur setiap hari

Jika anda seringkali bangun tidur kesiangan maka biasanya hal tersebut menandakan bahwa tubuh anda tidak siap menghadapi keadaan tersebut.

Tentu saja ketika anda memaksakan diri untuk tidur di waktu yang bukan seperti biasanya maka tubuh anda akan memberontak karena pola tidur anda tidak teratur.

Maka dari itu biasakan untuk tidur dengan waktu yang teratur supaya tubuh anda bisa mengenali kapan waktu untuk bangun dan kapan waktu untuk istirahat.

 

  • Tubuh dalam keadaan bersih mandi di malam hari

Tentu saja dengan berbagai aktivitas yang anda lakukan sepanjang hari di luar ruangan akan membuat tubuh anda cenderung kotor.

Anda bisa mandi di malam hari dengan menggunakan air hangat, karena air hangat berfungsi untuk membantu menurunkan suhu tubuh pada saat menjelang tidur.

Tentu saja setelah selesai mandi dengan air hangat maka suhu tubuh anda akan lebih cepat untuk turun sehingga akan lebih mudah untuk mencepat suhu ideal untuk tidur dengan nyenyak dan hasilnya anda akan lebih mudah untuk merasa mengantuk.

Selain berfungsi untuk membersihkan tubuh, mandi air hangat juga bermanfaat untuk meregangkan otot-otot yang kaku setelah melewati berbagai aktivitas sepanjang hari.

Tentunya peregangan otot-otot tubuh ini akan membantu anda untuk merasa lebih cepat merasa mengantuk dan mudah tidur.

 

  • Minumlah segelas teh atau susu minum teh

Anda bisa menghangatkan tubuh anda dengan minum teh atau susu menjelang tidur, namun jangan sampai minum kopi.

Cara ini bisa membantu anda untuk merasa lebih mudah mengantuk dan cara ini juga memiliki efek yang hampir sama dengan mandi dengan air hangat yaitu bisa membantu menurunkan suhu tubuh dengan lebih cepat.

Minuman teh dan susu mengandung tryptophan yang bisa membantu merangsang produksi melatonin atau hormon tidur.

Tidak ada salahnya untuk minum teh atau susu hangat dengan ditemani oleh makanan ringan, asal jangan terlalu banyak untuk membantu anda mudah tidur.