Tips Alami Melebatkan Rambut

Bila belakangan rambut anda mudah rontok dan anda ingin melebatkan rambut maka ada baiknya anda tidak perlu terburu-buru melakukan perawatan rambut di salon rambut, karena anda bisa melakukannya sendiri di rumah.

Selain bisa lebih menghemat pengeluaran dengan melakukan perawatan rambut sendiri di rumah maka wawasan dan pengalaman anda mengenai perawatan rambut juga bisa bertambah.

Sebelum melakukan perawatan untuk melebatkan rambut ada baiknya anda mencari tahu terlebih dahulu penyebab kenapa pertumbuhan rambut kepala anda tidak terlalu lebat.

Faktor penyebab pertumbuhan rambut yang kurang lebat biasanya disebabkan oleh rambut dan kulit kepala yang terlalu sering terkena bahan kimia dari produk perawatan rambut ataupun polusi yang berasal dari lingkungan sekitar.

Selain itu pertumbuhan rambut yang kurang lebat juga bisa disebabkan oleh faktor lain seperti stres, karena pengaruh hormon akibat masalah kesehatan yang berasal dari dalam tubuh.

Tips Alami Melebatkan Rambut

Beberapa kondisi penyakit bisa menyebabkan rambut mengalami kerontokan dan tentunya hal ini juga bisa membuat pertumbuhan rambut kurang optimal atau kurang lebat.

Seseorang yang memiliki rambut kurang lebat biasanya memiliki kepercayaan diri yang rendah karena penampilan fisiknya yang kurang sempurna.

Dengan penampilan rambut kurang lebat membuat tatanan rambut terlihat tipis dan menjadikan penampilan fisik secara keseluruhan kurang menarik untuk dilihat.

Bila anda telah mengetahui penyebab kerontokan rambut maka ada baiknya segera mengatasinya supaya pertumbuhan rambut anda bisa kembali lebat seperti sedia kala.

Namun anda harus waspada dalam menggunakan produk perawatan rambut yang diketahui memiliki formula untuk melebatkan rambut karena ada kalanya produk perawatan rambut tersebut menggunakan bahan kimia yang berbahaya dan justru bisa membahayakan kesehatan rambut anda dalam jangka waktu yang lama.

Tips Alami Melebatkan Rambut

Berikut ini adalah Tips Alami Melebatkan Rambut yang bisa anda terapkan di rumah diantaranya :

  • Jangan terlalu sering menggunakan alat penata rambut

Dengan menghindari penggunaan alat penata rambut maka anda sudah termasuk melakukan pencegahan rambut rontok sehingga rambut bisa tumbuh lebih optimal.

Hindari penggunaan alat penatarambut elektronik karena alat penata rambut seperti itu tidak baik bagi kesehatan rambut anda.

Untuk menata rambut dengan baik dan aman bagi kesehatan rambut maka anda bisa menggunakan sisir dan yang tidak kalah penting adalah sebaiknya tidak meminjamkan sisir ke orang lain.

 

  • Lindungi kepala dari panas Lindungi kepala dari panas

Dengan mencegah rambut atau kepala terhindar dari sengatan sinar matahari maka anda sudah termasuk melakukan perawatan melebatkan rambut.

Maka dari itu jika rambut anda ingin terlihat lebat dan indah maka sebisa mungkin hindari terkena pancaran sinar matahari secara langsung.

Kalaupun anda masih ingin melakukan aktifitas di luar ruangan di siang hari yang panas menyengat maka sebaiknya gunakan kerudung, topi atau penutup kepala.

 

  • Mencukupi kebutuhan nutrisi rambut

Pertumbuhan rambut yang tidak lebat bisa saja disebabkan karena rambut kurang mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan demikian anda bisa memberikan nutrisi pada rambut anda misalnya dengan melakukan perawatan rambut dengan menggunakan minyak zaitun, lidah buaya serta kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi rambut dan kulit kepala.

 

  • Mengendalikan stress

Ada kalanya stres bisa menyebabkan rambut mudah rontok dan mengganggu pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi tidak lebat.

Dengan demikian ada baiknya jika anda bisa mengendalikan stres misalnya seperti refreshing ke tempat wisata atau ambil cuti kerja untuk berlibur.

 

  • Menggunakan Daun Rambutan daun rambutan

Anda bisa menggunakan perawatan rambut untuk melebatkan rambut dengan menggunakan daun rambutan.

Kondisi rambut yang kering dan rusak bisa menyebabkan rambut menjadi tipis.

Sedangkan penggunaan daun rambutan bisa mengatasi rambut yang kering dan rusak.

Cara membuat ramuannya adalah dengan menyiapkan semangkuk air bersih serta beberapa daun rambutan.

Setelah itu masukkan beberapa daun rambutan ke dalam mangkok tersebut.

Kemudian daun rambutan diremas-remas sampai mengeluarkan cairan alami yang terlihat mirip seperti minyak.

Saring remasan daun rambutan tersebut sampai benar-benar tersisa sari dan minyaknya

Gunakan air hasil remasan daun rambutan tersebut sebagai ramuan untuk melebatkan rambut dengan cara dioleskan ke rambut lalu tunggu sekitar 20 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal anda bisa melakukan perawatan ini setiap hari sebanyak 2 kali pada pagi dan sore hari.

 

  • Menggunakan Air Rendaman Teh air rendaman teh

Pori-pori kulit kepala yang kurang bersih seperti tersumbat kotoran bisa menyebabkan rambut menjadi tipis.

Maka dari itu jika anda ingin melebatkan rambut maka anda harus memastikan bahwa pori-pori kulit kepala anda bersih.

Salah satu cara untuk membersihkan pori-pori kulit kepala adalah dengan menggunakan ramuan yang terbuat dari rendaman air teh.

Siapkan 3 kantong teh kemudian rendam kantong teh tersebut ke dalam air selama semalaman.

Di pagi harinya anda bisa menggunakan air rendaman teh tersebut sebagai ramuan untuk melebatkan rambut dengan cara dioleskan ke rambut anda.

Diamkan selama sekitar 60 menit supaya air rendaman teh tersebut benar-benar meresap dengan baik ke dalam pori-pori kulit kepala.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal anda bisa melakukan perawatan ini setidaknya dalam 1 minggu dilakukan sebanyak 3 kali.

 

  • Menggunakan Buah Nanas

    jus nanas

    jus nanas

Anda juga bisa menggunakan nanas untuk melebatkan rambut.

Buah nanas kaya akan kandungan vitamin B yang bermanfaat untuk menjadikan rambut menjadi lebih subur.

Caranya cukup mudah yakni anda hanya cukup membuat jus nanas namun tidak perlu ditambahkan dengan gula lalu taruh ke dalam suatu wadah untuk didiamkan selama semalaman.

Di pagi harinya anda bisa menggunakan jus nanas tanpa gula tersebut untuk dioleskan ke rambut anda.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik tunggu selama sekitar setengah jam supaya jus nanas tersebut bisa meresap dengan baik ke pori-pori kulit kepala.

Pada saat menggunakan masker kulit kepala anda bisa menutupi rambut anda dengan handuk yang lembut.

Setelah selesai melakukan perawatan ini anda bisa membilas rambut anda dan sebaiknya anda melakukan perawatan ini sebanyak 3 kali dalam seminggu jika ingin melebatkan rambut dengan cepat.

 

  • Menggunakan Santan Dan Daun Pandan

Anda bisa melebatkan rambut anda dengan menggunakan ramuan yang terdiri dari santan dan daun pandan.

Caranya cukup mudah yakni siapkan seikat daun pandan dan santan secukupnya.

Setelah itu haluskan daun pandan hingga benar-benar halus sampai keluar airnya.

Masukkan ke dalam suatu wadah kemudian tambahkan santan lalu campur keduanya hingga merata dengan baik dan gunakan ramuan ini sebagai masker rambut.

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik anda bisa melakukan perawatan ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.