Tips Alami Menghilangkan Wajah Pucat

Wajah yang terlihat putih dan bersinar pada umumnya merupakan idaman bagi setiap wanita, namun jika pada akhirnya wajah terlihat pucat maka biasanya hal ini akan membuat dirinya sendiri menjadi minder terutama jika tampil di depan umum.

Ada kalanya wajah bisa terlihat pucat walaupun sudah menggunakan peralatan make up, hal ini bisa terjadi karena dirinya kurang menguasai teknik make up yang tepat atau bisa saja make up yang digunakan tidak cocok dengan jenis kulit pada wajah.

Padahal selama ini wajah yang pucat identik dengan kurang darah atau menunjukkan bahwa penderita sedang mengalami gejala penyakit tertentu. Tips Alami Menghilangkan Wajah Pucat

Tapi tenang saja karena jika anda sering memiliki keluhan wajah yang pucat maka setelah menerapkan tips menghilangkan wajah pucat yang akan disebutkan di bawah ini maka niscaya keluhan wajah pucat tersebut tidak akan mengganggu keseharian anda lagi.

Berikut ini merupakan tips alami menghilangkan wajah pucat diantaranya :

1. Perbanyak minum air putih manfaat-kesehatan-air-hangat

Karena sebagian besar bagian dari tubuh manusia terdiri dari cairan maka tubuh sangat membutuhkan asupan air putih yang cukup.

Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh selama tubuh mendapatkan suplai air yang cukup misalnya membantu meningkatkan metabolisme tubuh, mencegah serangan radikal bebas, membantu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh, menjaga kebugaran tubuh, menjadikan kulit terlihat sehat dan tentunya mencegah dan mengatasi wajah pucat.

 

2. Konsumsi buah-buahan jus lemon

Tubuh membutuhkan vitamin dan nutrisi yang bisa diperoleh dari buah-buahan segar.

Salah satu jenis buah yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan wajah sekaligus untuk mencegah wajah pucat adalah buah jeruk.

Buah jeruk, lemon dan graprefruit diketahui tinggi akan kandungan antioksidan berupa vitamin C yang juga bisa berfungsi untuk menjadikan kulit terlihat lebih cerah, meningkatkan regenerasi sel kulit mati, memberikan tambahan nutrisi pada kulit, membuat kulit terlihat merona dan tentunya mencegah kulit terlihat pucat.

Ada kalanya sarapan pagi yang terdiri dari bahan makanan yang terbuat dari gula dan tepung bisa menghabiskan energi anda dengan lebih cepat sehingga anda mudah terlihat loyo, selain itu kulit juga bisa terlihat lebih kusam.

Namun dengan mengonsumsi jenis buah seperti yang telah disebutkan di atas maka energi anda akan senantiasa tetap terjaga dan membantu anda supaya bersemangat dan tidak mudah ngantuk.

Kalaupun anda tidak ingin mengonsumsi jenis buah-buahan ini entah karena rasanya yang terlalu masam atau karena alasan yang lain maka anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu mandi dengan menggunakan sabun rasa jeruk, maka anda akan bisa merasakan manfaat yang sama seperti mengonsumsi jeruk.

 

3. Memperbaiki teknik make up wajah

Jika wajah anda masih terlihat pucat padahal anda rutin mengonsumsi buah-buahan dan minum air putih dengan jumlah yang cukup dan teratur maka bisa jadi wajah anda terlihat pucat karena penggunaan teknik make up yang tidak tepat.

Meski sepintas terlihat sepele namun teknik make up yang tidak tepat bisa membuat wajah anda terlihat pucat bahkan terkadang menor.

Untuk mengatasi masalah ini ada baiknya jika anda meminta tanggapan teman atau kerabat terhadap penampilan wajah anda setelah menggunakan make up.

Berikut ini merupakan teknik make up yang biasa digunakan untuk mengatasi wajah pucat yaitu :

  • Hindari penggunaan warna lipstik yang soft karena jenis warna lipstik yang seperti ini bisa membuat penampilan wajah anda terlihat pucat karena minim warna. Usahakan untuk menggunakan warna merah atau warna cerah yang lain.
  • Untuk menambah kesan warna yang ceria pada wajah anda maka anda bisa menggunakan blush pada pipi anda.
  • Untuk menambah penampilan make up anda supaya terlihat lebih hidup maka anda bisa menggunakan alis mata.

 

4. Istirahat tidur yang cukup tidur nyenyak sambil dengar musik

Bila selama ini anda kurang tidur, sering begadang atau tidur dengan jam yang tidak teratur maka anda akan beresiko tinggi untuk memiliki wajah yang terlihat pucat, memiliki kantung mata dan terlihat kurang bersemangat.

Bahkan pada beberapa kasus penderita kurang tidur biasanya akan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.
Untuk mengatasi masalah tersebut maka disarankan untuk istirahat secara teratur dengan jam tidur yang cukup dan menghilangkan kebiasaan begadang atau kerja lembur hingga larut malam.

 

5. Menggunakan kantong teh

Manfaat teh ternyata bukan hanya bisa diperoleh dengan cara diminum saja.

Tanaman teh mengandung berbagai zat, kafein dan efek rasa dingin yang secara alami diketahui bisa mengurangi kelembaban mata.

Misalnya teh hitam, teh hijau dan kamomil yang dikenal memiliki efek terbaik dalam hal mengatasi peradangan.

Berikut ini merupakan tips menghilangkan wajah pucat dengan menggunakan teh yaitu :

  • Masukkan kantung teh ke dalam air panas layaknya anda membuat minuman teh seperti biasanya.
  • Tunggu selama beberapa menit lalu buang air teh, setelah itu ambil kantong tehnya dan simpan ke dalam lemari es.
  • Bila kantong teh sudah terasa dingin maka ambil kemudian kompreskan ke kelopak mata selama sekitar 20 menit.
  • Jangan disimpan ke dalam lemari es pembeku atau freezer karena hal ini justru sangat berbahaya dimana pada akhirnya produk yang terlalu dingin jika diaplikasikan ke wajah bisa memecahkan pembuluh darah.

 

6. Olahraga pagi

Jika anda memiliki kebiasaan bangun di pagi hari maka biasakan untuk segera bangun dari tempat tidur kemudian melakukan olahraga ringan sekitar setengah jam untuk memompa jantung anda.

Bila memang di wajah anda terdapat lingkaran hitam di sekitar mata maka anda bisa melakukan gerakan yoga dengan membuat posisi badan anda menjadi terbalik (downward dog) dimana posisi tubub yang seperti ini bisa membalikkan aliran darah sehingga lingkaran hitam pada mata pun akan segera menghilang.

Gerakan dengan posisi tubuh yang terbalik seperti ini juga bisa memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh maka hasilnya tentunya akan membuat wajah anda terlihat lebih cerah.

Selain itu dengan melakukan olahraga pagi maka akan mencegah timbulnya rasa kantuk di pagi hari, menambah energi dan menghilangkan wajah yang pucat.
7. Mandi dengan air dingin

Pada saat anda mandi di pagi hari usahakan untuk menggunakan air dingin selama setidaknya 10 detik di saat guyuran terakhir.

Hal ini bisa membuat anda lebih terjaga dan pori-pori kulit akan menjadi tertutup sehingga kulit anda akan menjadi terlihat berkilau.

Pancuran air dingin yang mengenai kulit wajah juga bisa membantu melancarkan sirkulasi darah dan mengembalikan rona wajah anda.