Tips Alami Meningkatkan Nafsu Makan

Tubuh membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktifitas yang bisa diperoleh melalui makanan maka dari itu jangan sampai anda kehilangan nafsu makan supaya tidak mengganggu kesehatan anda.

Jika tubuh kekurangan nutrisi maka tubuh akan mudah merasa lemah, letih, lesu dan mudah terkena penyakit.

Seseorang yang ingin meningkatkan berat badannya tentunya juga harus menjaga supaya nafsu makannya tidak hilang.

Nafsu makan yang hilang biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, sedang sakit, bad mood, jenis makanan yang tidak cocok, terlalu sibuk atau fokus dengan pekerjaan dan sebagainya.

Sedangkan untuk anak-anak biasanya nafsu makan yang hilang disebabkan oleh penampilan makanan yang kurang menarik.

Maka dari itu harus diketahui terlebih dahulu penyebab kenapa nafsu makan pada seseorang bisa hilang untuk mengatasi masalah tersebut.

Mengatasi nafsu makan yang hilang dengan cara yang alami jauh lebih aman jika dibandingkan dengan mengonsumsi obat tertentu yang bisa menimbulkan efek samping tertentu.

Berikut ini adalah Tips Alami Meningkatkan Nafsu Makan diantaranya :

  • Melakukan Olahraga Ringan

    olahraga jalan kaki

    olahraga jalan kaki

Melakukan olahraga ringan seperti jalan santai, lari pagi, bersepeda, berenang dan sebagainya bisa meningkatkan detak jantung dan membakar kalori dimana hal ini akan merangsang nafsu makan.

 

  • Hindari Minum Air Sebelum Makan

Minum air sebelum makan bisa membuat perut terasa penuh sehingga hal ini akan membuat jumlah makanan yang bisa masuk ke dalam perut menjadi berkurang.

Selain itu ada hasil penelitian yang menunjukkan hasil bahwa seseorang yang minum air sebelum makan biasanya berat badannya turun sebanyak 2,5 kg jika dibandingkan dengan orang yang langsung makan tanpa minum air terlebih dahulu.

 

  • Tertawa Dan Senyum

Hasil riset yang dilakukan oleh Dr. Jerry Petrofsky dan Dr. Lee S. Berk dari Loma Linda University menunjukkan bukti bahwa ada hubungan antara nafsu makan dan tertawa atau tersenyum.

Tentunya hasil riset ini bisa menjadi jawaban untuk mengatasi masalah nafsu makan yang hilang terutama bagi mereka yang tidak bisa melakukan olahraga dengan teratur.

 

  • Makan Dengan Warna Piring Cerah piring-berwarna-cerah

Makan dengan piring yang berwarna cerah seperti kuning, oranye, merah dan hijau bisa meningkatkan selera makan.

Makan dengan piring berwarna kuning bisa meningkatkan konsentrasi, makan dengan piring berwarna merah bisa menaikkan tekanan darah dan laju pernapasan, dan tentunya warna yang cerah berhubungan dengan kebahagiaan.

 

  • Mengonsumsi Suplemen Vitamin B

University of Chicago melakukan sebuah studi dan hasilnya menunjukkan bahwa anak-anak yang mengonsumsi suplemen vitamin B mengalami peningkatan asupan kalori yang signifikan.

Selain itu suplemen vitamin B juga bisa meningkatkan mood dimana hal ini bisa membantu mengatasi nafsu makan yang hilang karena stres atau depresi.

 

  • Konsumsi Zinc

Ada banyak riset mengenai zinc dan hasilnya berhubungan dengan naik turunnya nafsu makan seseorang.

Seseorang yang sedang kekurangan zinc biasanya merasakan bahwa makanan yang mereka nikmati rasanya kurang menarik, sehingga jika anda kurang nafsu makan ada kemungkinan jika anda sedang kekurangan zinc.

 

  • Bumbu Makanan dan Herbal air-rebusan-daun-pepaya

Bumbu makanan dan herbal juga bisa menstimulasi nafsu makan misalnya seperti ginseng, daun jahe, dandelion, daun pepaya, lemon atau jeruk, temulawak, daun peppermint dan daun alfalfa .

Minum air rebusan daun pepaya sudah dikenal lama bisa membantu mengatasi nafsu makan yang hilang.

 

  • Minum Jamu Tradisional

Ada banyak minuman jamu tradisional yang terbuat dari bahan-bahan herbal yang bisa meningkatkan nafsu makan seperti kunyit, temulawak, daun kenikir dan sebagainya.

Sebagian bahan-bahan herbal pada ramuan jamu sudah dikenal lama bisa meningkatkan nafsu makan namun biasanya anak-anak agak sulit untuk minum jamu karena tidak suka dengan rasanya.

Sedangkan orang dewasa bisa menggunakan solusi minum jamu tradisional jika ingin meningkatkan nafsu makan yang hilang.

 

  • Mengonsumsi Buah Jeruk

Kandungan vitamin C yang melimpah pada buah jeruk bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit dan meningkatkan nafsu makan.

Selain itu dengan mengonsumsi buah jeruk, baik diminum dalam bentuk minuman jus atau dimakan langsung bisa membantu menjaga metabolisme dalam tubuh.

 

  • Mengonsumsi Pisang Ambon

Anda bisa mengonsumsi pisang ambon setidaknya 3 buah dalam 1 minggu untuk meningkatkan nafsu makan, dan dalam beberapa hari kemudian anda bisa merasakan nafsu makan yang semakin meningkat.

 

  • Memberi Tampilan Berbeda Pada Makanan tampilan-makanan-yang-cantik

Ada kalanya kita merasa tidak nafsu makan bukan karena rasanya yang tidak enak, tetapi karena tampilan makanan yang tidak terlihat menarik untuk dilihat.

Maka dari itu anda bisa mempercantik tampilan menu makanan untuk meningkatkan nafsu makan misalnya memberi tambahan irisan timun, tomat atau wortel dengan bentuk yang menarik pada makanan.

 

  • Begadang

Begadang bisa meningkatkan mood dan meningkatkan nafsu makan namun tidak disarankan untuk makan sebelum tidur karena efeknya malah tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan lemak dalam tubuh akan bertambah dan hal ini bisa memicu munculnya beberapa penyakit yang berbahaya.

tips-alami-meningkatkan-nafsu-makan

Tips Tambahan :

  • Minum susu pada pagi, siang dan sore hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan kalori tubuh
  • Memperbanyak makan biskuit, roti gandum, cemilan sehat dan sereal bergizi
  • Mengonsumsi pisang, alpukat, agar-agar, selai kacang dan yoghurt dimana semuanya baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan pencernaan
  • Mengonsumsi minuman probiotik bisa menambah jumlah bakteri baik dan efeknya sangat positif untuk kesehatan sistem pencernaan
  • Jika nafsu makan anda hilang karena depresi atau stres maka usahakan untuk terlebih dahulu melakukan konsultasi dengan tenaga medis profesional untuk mendapatkan solusi yang terbaik, karena nafsu makan tidak akan bisa mengalami peningkatan jika kondisi emosional kita sendiri tidak dalam keadaan yang sehat