Tips Alami Menjaga Kesehatan Mata


Mata merupakan salah satu bagian dari tubuh yang memiliki fungsi yang sangat penting, namun seringkali disepelekan bahkan jarang mendapatkan perawatan.

Padahal tanpa adanya mata kita tidak akan bisa melihat apapun yang ada di sekitar kita termasuk dengan segala hal yang berada dalam jarak yang jauh, walaupun pandangan mata memiliki keterbatasan jarak.

Apalagi belakangan ini makin banyak peralatan ataupun teknologi canggih yang berfungsi sebagai hiburan, misalnya HP, televisi, laptop, dan sebagainya yang membuat mata terus menatap layar monitor.

Hal ini sangat membahayakan kesehatan mata, terutama bagi anak-anak dalam jangka waktu yang lama dimana jika kebiasaan menatap layar moitor sering dilakukan maka yang dikhawatirkan adalah pada saat dewasa nanti mata anak kecil tersebut akan mengalami gangguan penglihatan misalnya menjadi rabun, minus ataupun plus.

Bahkan tidak jarang anak-anak yang masih kecil sudah diwajibkan untuk menggunakan kacamata dikarenakan matanya mengalami kerusakan atau gangguan penglihatan.

Kebiasaan yang terlihat sepele seperti bermain handphone sambil tiduran atau terlalu lama menatap layar monitor komputer harus dikurangi sebagai upaya untuk menjaga kesehatan mata.

Berikut ini merupakan Tips Alami Menjaga Kesehatan Mata, diantaranya :

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran

Rutin mengonsumsi minuman jus buah yang banyak mengandung vitamin A dapat menyehatkan organ mata dan mengatasi berbagai penglihatan mata plus, mata minus, dan rabun.

Anda bisa mengonsumsi buah serta sayuran, atau mungkin mengolahnya untuk menjadi jus buah atau sayur yang banyak mengandung manfaat kebaikan untuk kesehatan mata

Berikut ini merupakan contoh dari buah dan sayuran yang baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata, diantaranya :

  • Wortel makan wortel mentah

Kandungan senyawa sodium serta  vitamin A dan C pada wortel membuat sayuran ini dikenal sebagai tanaman yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Disarankan untuk sering mengkonsumsi makanan yang menggunakan bahan wortel bagi penderita mata plus, minus dan silinder.

Anak-anak sangat disarankan untuk mulai mengonsumsi wortel sejak dini supaya memiliki mata yang sehat dan kuat.

 

  • Markisa atau Delima

Kandungan vitamin A,C, dan E pada buah markisa atau delima sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

Bukan hanya itu karena buah delima juga kaya akan kandungan senyawa kalsium dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Kandungan antioksidan dan serat pada buah delima juga menjadikan buah ini cukup efektif untuk mencegah serangan radikal bebas.

 

  • Apel

Kandungan antioksidan dan fito nutrient pada buah apel menjadikan buah ini sangat efektif untuk mencegah radikal bebas.

Kandungan vitamin A sebesar 54 IU pada buah apel sangat baik untuk menjaga kelembaban kulit dan kesehatan mata

 

  • Anggur 

    macam-macam buah anggur

    macam-macam buah anggur

Dalam setiap 100 gr buah anggur terdapat vitamin A sebanyak 66 IU sehingga buah ini dikenal sebagai salah satu buah yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata

Bukan hanya itu karena pada buah anggur juga terdapat mineral, elektrolit, serta fito nutrisi, vitamin C, E dan K.

 

  • Kiwi

Dalam setiap 100 gr buah kiwi terdapat kandungan vitamin A sebanyak 87 IU dan bukan hanya itu karena juga terdapat kandungan vitamin C, E, dan K yang sangat baik untuk kesehatan mata

 

  • Nangka

Nangka dikenal sebagai salah satu buah yang kaya akan kandungan vitamin A, kalsium, potassium dan fosfor yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan tubuh.

 

  • Alpukat

Pada setiap 100 gr dari buah alpukat terdapat kandungan vitamin A sebanyak 146 IU, vitamin E dan K yang menjadikan buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata dan kulit.

 

  • Jeruk

Buah jeruk bukan hanya kaya akan kandungan vitamin C, tapi juga vitamin A dimana pada setiap 100 gr buah jeruk terdapat vitamin A sebanyak 225 IU.

 

 

  • Semangka

Kandungan vitamin A pada buah semangka cukup tinggi yaitu 569 IU pada setiap 100 gr.

Selain itu buah semangka juga kaya akan kandungan air dan lycopene, dimana buah ini juga baik dikonsumsi untuk mencegah kanker paru-paru, dan kanker rongga mulut.

 

  • Jambu Biji

Buah jambu biji tinggi akan kandungan mineral dan antioksidan, namun rendah akan kandungan kalori dimana pada setiap 100 gr jambu biji terdapat kandungan vitamin A sebanyak 624 IU.

 

  • Tomat

    tomat

    tomat

Kandungan vitamin A serta lycopene pada buah tomat sangat baik untuk kesehatan mata, dan bukan hanya itu karena buah ini juga rendah akan kandungan kalori.

 

  • Mangga

Kandungan vitamin A pada buah mangga adalah sekitar 765 IU atau setara dengan 25% kebutuhan tubuh terhadap vitamin A

Itu masih belum ditambah dengan kandungan alpha carotene, beta carotene, dan beta cryptoxanthin pada buah mangga yang sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

 

  • Melon

Dalam setiap 100 gr buah melon terdapat kandungan vitamin A sebanyak 3382 IU atau setara dengan 112% kebutuhan vitamin A pada tubuh yang tentunya buah ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata.

 

  • Nanas

Kandungan vitamin A pada buah nanas pada setiap 100 gr adalah sebanyak 58 IU, belum ditambah dengan kandungan mineral, folat, potassium dan mangan sehingga buah ini sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh dan mata.

 

  • Buah Cherry

Pada setiap 100 gr buah cherry terdapat kandungan vitamin A sebanyak  767 IU yang menjadikan buah ini baik untuk kesehatan mata.

 

2. Hindari memakai lensa kontak selama lebih dari 19 jam

Menggunakan lensa kontak atau kacamata dalam waktu yang lama, terutama lebih dari 19 jam bisa mengakibatkan mata mengalami kerusakan permanen.

 

3. Kurangi penggunaan tetes mata

Jangan terlalu sering menggunakan obat tetes mata untuk mengatasi mata merah karena dalam jangka panjang hal ini bisa merusak kesehatan mata.

 

4. Gunakan mentimun  Tips Alami Menjaga Kesehatan Mata

Anda bisa mengompres mata Anda dengan menggunakan irisan mentimun yang diletakkan pada kelopak mata setiap 10 menit menjelang tidur malam dimana hal ini bisa mencegah mata mengalami bengkak.

 

5. Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Anda bisa menggunakan kacamata hitam pelindung UV untuk menjaga mata dari paparan sinar matahari.

 

6. Hindari duduk terlalu lama di depan komputer

Jangan terlalu lama menghabiskan waktu di depan layar komputer karena kebiasaan ini bisa membuat mata Anda lelah.

 

7. Jangan membaca dalam cahaya redup

Jangan dibiasakan membaca di dalam ruangan yang gelap karena hal ini bisa membuat mata Anda tegang dan merasa lelah.

 

8. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang

Jangan menatap sinar matahari atau sumber cahaya yang terlalu terang karena hal ini bisa merusak mata Anda.

 

9. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai

Anda bisa fokus melihat suatu obyek yang dekat dengan posisi Anda, kemudian alihkan pandangan menuju ke obyek lain yang jauh dan setelah itu ulangi latihan ini beberapa kali.