Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

Kebersihan tubuh merupakan hal yang penting dan harus dijaga supaya senantiasa bersih dan terhindar dari kotoran sepanjang hari.

Hal ini harus menjadi perhatian utama bagi kita semua karena tubuh yang tidak terawat dan kotor beresiko tinggi untuk menjadi sarang kuman dan bakteri.

Padahal kuman yang masuk ke dalam tubuh bisa membuat tubuh lebih mudah untuk terkena penyakit.

Kotoran bisa hinggap pada siapa saja baik pada orang dewasa ataupun anak bayi sekalipun.

Orang dewasa dengan berbagai aktifitas yang sering dilakukan di luar ruangan memang bisa membuat tubuh mudah kotor, namun jangan salah karena tubuh anak bayi juga bisa mudah terrkena kotoran walaupun lebih sering menghabiskan waktu di dalam ruangan rumah.

Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kebersihan tubuh bayi karena bayi yang masih kecil memiliki sistem imunitas tubuh yang masih belum sempurna sehingga jika hal ini terganggu maka pertumbuhan fisik dan kesehatan si kecil bisa terganggu pula karena rentan terkena penyakit.

Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

Bagian tubuh bayi yang harus diperhatikan pertama kali adalah kuku karena perkembangan bagian tubuh ini sangat pesat dan tangan bayi seringkali menyentuh barang-barang yang ada di sekitarnya yang bisa saja kebersihannya tidak bisa terjamin dengan baik.

Kegiatan memotong kuku bayi sudah bisa anda lakukan ketika bayi menginjak usia 4 minggu dan sejak saat ini anda harus mengontrol kebersihan dan ukuran panjang kuku bayi.

Seringkali bagi orang tua yang baru saja memiliki bayi mempunyai rasa takut untuk memotong kuku bayi, misalnya takut salah potong lalu akan melukai jari bayi.

Maka dari itu berikut ini akan kami ulas Tips Aman Menggunting Kuku Bayi yang semoga bisa menjadi panduan bagi anda.

Tips Aman Menggunting Kuku Bayi

  • Potong Kuku Bayi Secara Teratur

Di masa-masa awal bulan dari kelahiran bayi biasanya pertumbuhan kukunya terutama pada bagian tangan akan tumbuh dengan cepat.

Maka dari itu tidak mengherankan jika setelah anda memotong kuku bayi yang terlihat telah memanjang maka dalam beberapa hari kemudian kuku jari sudah terlihat panjang kembali.

Dengan demikian dalam setiap minggu anda bisa dua kali memotong kuku jari bayi anda atau bisa saja dilakukan lebih dari dua kali tergantung dari kebutuhan.

Untuk kuku jari kaki bayi biasanya pertumbuhan panjangnya tidak secepat pertumbuhan kuku jari tangan.

 

  • Gunakan Alat Pemotong Kuku yang Khusus gunting kuku khusus bayi

Gunakan alat pemotong kuku khusus bayi karena jenis alat pemotong kuku ini memang sengaja dibuat khusus untuk bayi sehingga keamanannya lebih terjamin jika dibandingkan dengan alat pemotong kuku biasa karena bentuk dan ukurannya memang sudah disesuaikan dengan ukuran jari bayi.

Usahakan supaya anda membersihkan terlebih dahulu alat pemotong kuku sebelum memotong kuku jari bayi, misalnya dengan menggunakan alkohol 70%.

 

  • Lakukan Pada Waktu-Waktu yang Tepat menggunting kuku bayi ketika tidur

Seringkali ketika jari kuku si bayi hendak dipotong maka si bayi akan meronta atau tidak bisa diam sehingga hal ini cukup menyulitkan anda yang hendak memotong kuku jari bayi.

Waktu yang disarankan untuk memotong kuku jari bayi adalah ketika si bayi sedang tidur atau ketika bayi dalam kondisi tenang.

Dalam posisi bayi yang sedang tidur, maka anda bisa lebih tenang ketika memotong kuku jari bayi dan resiko luka akan semakin mengecil.

Waktu selain dalam kondisi tidur yaitu pada saat si bayi baru saja selesai mandi karena dalam kondisi ini kuku jari bayi akan menjadi lebih lunak sehingga akan memudahkan anda untuk memotongnya.

 

  • Usahakan Ada Penerangan yang Cukup

Faktor penerangan lampu atau cahaya juga bisa menentukan keamanan ketika anda ingin memotong kuku jari bayi.

Hindari memotong kuku jari bayi pada saat suasana sekitar anda cukup gelap atau pada malam hari.

Hal ini untuk mencegah terjadinya salah posisi ketika memotong kuku jari bayi dan hal ini beresiko menimculkan luka yang cukup serius pada jari bayi anda.

Kalaupun ruangan yang anda tempati cukup gelap maka anda bisa berpindah ke ruangan lain yang lebih terang daripada memaksakan diri untuk memotong kuku jari bayi di dalam ruangan yang gelap.

 

Tata Cara Memotong Kuku Bayi yang Baik

Walaupun memiliki peralatan yang cukup dan memadai untuk memotong kuku jari bayi namun ada kalanya bunda merasa cukup kesulitan untuk memotong kuku bayinya karena pada kenyataannya praktek tidak semudah teori.

Misalnya bunda bingung harus mulai darimana atau ketika jari tangan si bayi didekatkan dengan alat gunting kuku maka tangan si bayi secara refleks menjadi gemetar dan anda mengurungkan diri untuk memotong kuku bayi anda dengan alasan takut akan menimbulkan luka pada jari bayi anda.

Lalu bagaimana cara yang tepat untuk memotong kuku yang baik supaya tidak menimbulkan luka ? yuk kita simak bersama !!

Langkah awal yaitu anda bisa memegang tangan bayi anda kemudian arahkan jari tangan bayi anda ke posisi depan.menggunting kuku bayi di bawah kain lap

Kemudian arahkan bagian ruas jari menghadap ke atas supaya anda bisa mendapatkan posisi yang nyaman untuk memangkas kuku jari bayi anda.

Kemudian siapkan gunting kuku yang tajam dengan ujung yang bundar pada tangan anda.

Hindari untuk mengambil dalam posisi yang dekat pada saat memotong dengan menggunakan gunting supaya si bayi tidak beresiko untuk mengalami luka.

Gunakan gunting dengan perlahan untuk memotong kuku pada bagian depan sampai sisinya.

Jangan memotong kuku sampai benar-benar habis dan tersisa permukaannya saja karena hal ini bisa membuat bayi anda merasa kesakitan.

Namun jangan menyisakan kuku yang agak panjang karena hal ini bisa melukai kulit bayi karena tercakar kukunya sendiri.

Sebelum menggunting kuku bayi usahakan untuk mempersiapkan tisu atau kain lap pada daerah sekitar bawah tangan si bayi sehingga hal ini akan memudahkan anda untuk mengumpulkan sisa-sisa potongan kuku pada tisu lalu membuangnya di tempat sampah.

Demikian telah kami ulas Tips Aman Menggunting Kuku Bayi dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda maupun bayi anda.