Tips Berpuasa Untuk Pekerja Berat


“HAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN DIWAJIBKAN ATAS KAMU BERPUASA SEBAGAIMANA DIWAJIBKAN ATAS ORANG-ORANG SEBELUM KAMU AGAR KAMU BERTAKWA.” (QS. AL-BAQARAH: 183).

Potongan ayat suci Al-Qur’an itu menyebutkan bahwa berpuasa (pada bulan Ramadhan) merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim.

Lalu apakah tidak ada keringanan bagi seseorang yang berprofesi sebagai pekerja berat atau seseorang yang sedang melakukan aktivitas fisik yang menguras tenaga.

Sebenarnya di dalam ajaran agama Islam, disebutkan bahwa ada 4 golongan yang mendapatkan keringanan untuk tidak menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan.

Berikut ini merupakan 4 golongan yang mendapatkan keringanan berpuasa di bulan Ramadhan, diantaranya :

  1. Umat muslim yang sedang dalam kondisi sakit sehingga dirinya tidak bisa menunaikan ibadah puasa.
    Meski demikian, dirinya tetap memiliki kewajiban untuk mengganti ibadah puasa tersebut di lain waktu di luar bulan Ramadhan dengan catatan apabila dirinya telah sehat kembali dan mampu untuk menunaikan ibadah puasa
  2. Umat muslim yang sedang melakukan perjalanan jarak jauh, sehingga dirinya tidak bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lancar.
    Meski demikian dirinya juga tetap memiliki kewajiban untuk mengganti ibadah puasa di lain hari dengan jumlah hari yang sama dengan hari yang ditinggalkan.
  3. Umat muslim yang telah berusia lanjut, lemah, sakit yang tidak jelas kapan sembuhnya dan bisa diganti dengan membayar fidyah tanpa mengqodho puasanya.
  4. Kaum wanita muslim yang dalam kondisi hamil atau menyusui, karena merasa khawatir pada keselamatan atau kesehatan janin yang ada dalam kandungan atau produksi ASI yang menjadi berkurang akibat menunaikan ibadah puasa.

Tips Berpuasa Untuk Pekerja Berat

Seseorang yang sedang melakukan kegiatan fisik yang berat atau pekerja berat tidak disebutkan dari keempat golongan yang mendapatkan keringanan berpuasa di bulan Ramadhan yang telah disebutkan di atas.

Memang, tidak mudah melakukan pekerjaan yang berat namun pada waktu yang bersamaan dirinya sedang melakukan ibadah puasa dengan menahan makan dan minum seharian, padahal di waktu yang sama dirinya cenderung dehidrasi dan butuh tenaga tambahan dari luar.

Dilema memang, karena ibadah puasa juga merupakan kewajiban yang harus dilaksanakan dengan ikhlas sebagai wujud ketaatan terhadap perintah agama atau Tuhan.

Namun Anda tidak usah merasa terlalu khawatir, karena Anda masih bisa melaksanakan pekerjaan yang berat tanpa harus meninggalkan kewajiban melaksanakan ibadah puasa.

Berikut ini merupakan Tips Berpuasa Untuk Pekerja Berat, diantaranya :

Banyak minum air putih minum air

Anda pasti sudah mengetahui bahwa air putih merupakan kebutuhan utama yang harus dipenuhi, apalagi jika Anda melaksanakan pekerjaan yang berat.

Padahal di luar bulan puasa saja tubuh kita sering merasa kehausan, dimana kondisi ini menandakan bahwa tubuh kita sedang kekurangan cairan.

Apalagi jika Anda masih berkeyakinan kuat dan masih ingin melaksanakan pekerjaan yang berat namun tetap sambil melaksanakan ibadah puasa.

Untuk mengatasi hal ini Anda bisa mengonsumsi air putih yang banyak pada saat berbuka puasa dan setelahnya di malam hari.

Hal tersebut dilakukan untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi dan tidak kehilangan energi pada pagi hingga sore hari atau menjelang waktu berbuka puasa.

Supaya tidak mudah merasa lemas dan haus pada saat sedang melaksanakan puasa maka Anda bisa minum air putih secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh pada saat berbuka puasa hingga waktu sahur.

Pada umumnya orang dewasa membutuhkan cairan yang bisa dipenuhi dengan minum air putih sekitar 8 gelas atau 1,5 liter per hari.

Namun bagi pekerja berat disarankan untuk mengonsumsi sekitar 12 gelas atau 2,25 liter per hari karena mereka memiliki kebutuhan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kebutuhan cairan orang biasa.

 

Konsumsi minuman isotonik

Minuman isotonik memiliki fungsi utama mengganti cairan tubuh atau elektrolit yang dikeluarkan selama bekerja di siang hari.

Namun kalau memang di tempat Anda sulit untuk menemukan atau tidak ada minuman isotonik maka Anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi air kelapa yang lebih alami.

Namun kalau kondisinya juga tidak memungkinkan untuk menemukan air kelapa maka Anda bisa mengonsumsi garam dapur sebagai pengganti elektrolit.

 

Konsumsi makanan bergizi 

Siapapun yang sedang menjalankan ibadah puasa sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan bergizi supaya kondisi tubuh tetap fit selama berpuasa dan menjalankan aktifitas.

Pastinya pekerja berat membutuhkan energi lebih banyak jika dibandingkan dengan orang biasa supaya tetap bisa melaksanakan pekerjaannya dengan lancar tanpa masalah.

Walaupun Anda bekerja berat seharian namun apabila sebelumnya Anda telah mengonsumsi makanan yang bergizi maka tubuh Anda akan lebih kuat dan tahan untuk tetap bekerja sambil berpuasa.

 

Mencukupi kebutuhan serat sehari-hari

Sangatlah penting untuk mencukupi kebutuhan serat sehari-hari misalnya seperti buah dan sayur, meskipun hal ini bukan hanya untuk di bulan puasa saja.

Serat memiliki fungsi yang sangat penting yaitu untuk melancarkan fungsi pencernaan yang telah Anda konsumsi.

Sistem pencernaan yang baik akan membantu sari-sari makanan bisa diserap secara optimal dengan demikian makanan yang telah Anda konsumsi bisa menjadi energi bagi tubuh yang diperlukan untuk beraktifitas.

Memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh bisa memberikan efek kenyang dimana hal ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga tidak mudah merasa lapar pada saat berpuasa.

Selain itu kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan dalam makanan berserat juga sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sehingga tubuh tetap fit dan tidak mudah terserang penyakit meskipun menjalani pekerjaan yang menguras tenaga.

Meskipun Anda memiliki pekerjaan yang berat dan membutuhkan energi yang banyak, namun tetap saja puasa merupakan kewajiban yang harus tetap dilaksanakan sebagai salah satu bentuk ketaatan dalam beribadah.

Maka dari itu pada dasarnya puasa bukanlah sesuatu yang akan membuat kita menjadi lemah meskipun di saat yang bersamaan Anda juga melakukan pekerjaan yang mungkin menguras tenaga.

Puasa justru merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan melatih tubuh untuk tetap kuat.

Bahkan puasa sering dianggap sebagai cara yang paling efektif untuk mendapatkan pola hidup yang lebih sehat.

Memantapkan niat dan ikhlas menjalani ibadah puasa semata-mata karena Allah SWT bisa menjadi salah satu cara untuk tetap kuat meskipun memiliki pekerjaan berat sekalipun.

Apabila kita ikhlas dan tunduk pada perintah Allah SWT maka niscaya semua ibadah yang telah kita laksanakan, apapun bentuknya akan terasa ringan dan tidak menjadi beban. Semoga.