Tips Cerdas Supaya Anak Makan Sayur

Kebanyakan orang tua yang memiliki anak yang masih belia mempunyai keluhan yaitu anak mereka pada umumnya tidak suka makan sayur.

Ada yang terang-terangan menolak, ada yang mengunyah tapi sengaja dalam waktu yang lama, atau mungkin menyembunyikannya di balik nasi kemudian meletakkan piring tersebut sebagai pertanda telah usai makan nasi.

Setiap orang tua pastinya ingin bahwa anaknya bisa mendapatkan nutrisi yang baik dan seimbang dari makanan yang dikonsumsi akan tetapi memaksa anak untuk makan sayur adalah perbuatan yang terbilang sia-sia.

Benarkah jika anak sudah menolak untuk menyentuh piring berarti orang tua sudah tidak bisa berharap supaya anak mau makan lagi ?

Tentunya anda harus menggunakan taktik yang cerdas namun efektif untuk membuat anak anda mau makan sayur.

Kuncinya adalah anda harus mau bersabar dan tidak mudah menyerah dalam menjalankan usaha untuk membuat anak anda mau makan sayur.

Tips Cerdas Supaya Anak Makan Sayur

Berikut ini adalah Tips Cerdas Supaya Anak Makan Sayur diantaranya :

  • Sajikan sayuran dengan menarik

Anda bisa memanfaatkan berbagai pilihan warna dari sayuran untuk membuat anak anda mau makan sayuran.

Akan tetapi anda jangan sembarangan asal memilih sayuran karena beberapa jenis sayur seperti wortel atau brokoli terkadang terasa keras sehingga anak-anak akan tetap kehilangan selera untuk makan sayur.

Anda bisa mengakalinya dengan memotong jenis sayuran yang keras dengan bentuk yang kecil-kecil sehingga jadi mudah dikunyah dan tidak terasa terlalu pahit.

Buat anak anda tertarik untuk makan sayur dengan sayur yang berwarna-warni, dan usahakan untuk menyajikan jenis sayuran dengan bentuk yang disukai oleh anak anda.

Bilamana anak anda menghabiskan potongan wortel namun tidak mengonsumsi kacang maka di lain waktu anda bisa mencoba untuk menyajikan kacang dalam bentuk yang lain.

Kuncinya jangan menyerah karena ada banyak pilihan bentuk penyajian sayuran yang kemungkinan bisa menggugah selera makan anak anda.

 

  • Olah sayuran menjadi camilan

Bila pada saat makan siang anak anda hanya makan sedikit sayur maka pastikan supaya makanan selingan anak anda cukup bergizi.

Anda bisa membuat sendiri makanan cemilan seperti kue namun cukup menggunakan sedikit gula, misalnya membuat pancake atau roti lapis yang diselipkan dengan sedikit sayur selada.

Anda bisa membuat kue dengan bahan pisang seperti banana bread atau bolu yang menggunakan sayur, daripada memberi cemilan donat yang menggunakan gula halus.

Selain kue anda juga bisa menggunakan alternatif lain seperti jus namun dengan menyisipkan beberapa jenis sayur atau membuat puding.

Intinya sayur tidak harus disajikan dengan bentuk masakan sayur biasa, tapi juga bisa disajikan dalam bentuk lain seperti minuman jus atau kue.

 

  • Samarkan sayuran burger sehat

Anda bisa mengubah penampilan dari sayur yang anda sajikan pada anak anda di waktu yang lain bilamana anak anda terlihat tidak mau menyentuhnya ketika makan.

Anda bisa menyamarkan sayuran yang anda hidangkan pada anak anda misalnya sayur atau jamur ditumbuk kemudian selipkan pada burger.

Atau anda sudah menyajikan jus sayur tapi anak anda masih tidak mau menyentuhnya, maka anda bisa memasukkannya ke dalam freezer kemudian sajikan dalam bentuk es krim.

 

  • Tambahkan penambah rasa

Anda bisa menambahkan rasa pada sayuran namun tentunya penambah rasa yang aman seperti gula merah atau selai, bukan sirup atau MSG.

Hal ini ada kalanya diperlukan karena beberapa jenis sayuran terkadang memang terasa pahit dan tidak enak.

Dengan demikian anda bisa menyajikan beberapa jenis sayuran rebus yang telah diolesi dengan madu atau yoghurt untuk menghilangkan rasa pahit dari sayuran.

Kalaupun anda ingin menambahkan rasa dengan menggunakan sirup maka sebaiknya anda membuatnya sendiri namun tanpa menggunakan bahan pemanis buatan.

Dengan terus bertambahnya usia anak anda maka menjelang masa dewasa biasanya anak anda akan terbiasa dengan rasa pahit dari sayur dan tidak akan butuh lagi penambah rasa buatan untuk menghilangkan rasa pahit.

 

  • Perkenalkan makanan yang kurang sehat

Melarang anak anda untuk jajan sembarangan di luar rumah biasanya justru akan membuat anak anda penasaran lalu berusaha untuk mencicipinya meskipun dengan sembunyi-sembunyi.

Maka dari itu anda bisa berusaha untuk menjelaskan pada anak anda efek dan akibat dari mengonsumsi jajan sembarangan di luar rumah.

 

  • Jadikan sayuran sebagai satu-satunya pilihan anak membuka isi kulkas

Ada kalanya anak anda termasuk tipe pemilih ketika berurusan dengan makanan dan akan menolak jenis makanan yang tidak disukai.

Sebagai orang tua ada kalanya anda harus tegas dalam hal ini, misalnya tidak menuruti anak anda untuk mengonsumsi jenis makanan yang disukai oleh anak anda kecuali sayuran.

Ketika merasa benar-benar lapar anak anda pasti akan terpaksa makan sayuran tersebut, terdengar jahat memang tapi intinya anak anda tidak akan menjadi manja.

Ketika anak anda merasa kelaparan dan tidak ada makanan yang disukai kecuali hanya sayuran maka anak anda akan terpaksa makan sayuran tersebut.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk menyediakan puding buah atau sayur kedalam lemari es karena bisa saja sewaktu-waktu anak anda sedang kelaparan dan berusaha mencari makanan di dalam lemari es.

 

  • Libatkan anak dalam proses memasak

Anda bisa mengajak anak anda untuk ikut pergi berbelanja ke pasar atau swalayan kemudian cobalah untuk meminta anak anda memilih bahan makanan yang akan anda masak.

Anda juga bisa mengajak anak anda untuk masuk ke dalam dapur dan ikut membantu memasak, misalnya seperti merobek daun selada, mencuci sayur, dan perbolehkan anak anda untuk ikut memotong sayur dengan menggunakan pisau jika anak anda sudah cukup besar.

Di hari libur anda bisa mengajak anak anda untuk bersama-sama membuat kue atau jus dengan menggunakan bahan sayur.

Biasanya dengan melibatkan anak untuk ikut memasak maka anak akan merasa punya andil dalam hasil masakan tersebut dan pada akhirnya akan merasa penasaran terhadap rasa dari hasil masakan tersebut.

 

  • Jadilah contoh yang baik orang tua memberi contoh makan sayur

Ada kalanya anak tidak mau makan sayur karena orang tuanya juga tidak terlalu suka makan sayur.

Maka dari itu anda bisa memberikan contoh yang baik dengan memberikan kebiasaan makan makanan yang sehat dan memberikan pemahaman pada anak anda bahwa makan sayur terasa nikmat dan lezat.

Anda bisa berkumpul bersama keluarga dan anak misalnya nonton tv bersama sambil makan cemilan sayur.

Kalaupun anda pergi keluar rumah dengan anak, anda bisa membawa bekal makanan yang terbuat dari sayur dan kemudian anda bisa menikmatinya bersama