Tips Diet Sehat Di Bulan Puasa

Dalam kalender Islam bulan ramadhan merupakan bulan kesembilan dan di bulan ini seluruh umat Islam yang dewasa dan sehat wajib untuk melaksanakan ibadah puasa selama 1 bulan penuh.

Puasa di bulan ramadhan merupakan amalan ibadah dimana umat muslim menahan diri dari makan, minum dan berbagai perbuatan yang negatif sejak fajar hingga senja.

Dengan melakukan ritual puasa maka akan mengubah metabolisme tubuh yang dipengaruhi oleh asupan makanan yang anda konsumsi. Tips Diet Sehat Di Bulan Puasa

Biasanya di hari pertama puasa tubuh anda akan merasakan efek yang tidak nyaman pada seluruh bagian tubuh karena di saat yang bersamaan sistem tubuh anda sedang beradaptasi dengan pola makan ketika buka puasa dan santap sahur.

Sedangkan pada hari berikutnya tubuh anda akan mulai merasa terbiasa dengan pola makan yang baru dan anda harus tetap memperhatikan asupan gizi dari makanan yang anda konsumsi selama bulan puasa.

 

Berikut adalah beberapa tips diet sehat selama bulan ramadhan :

  • Anda bisa mengatur jadwal makan anda

Anda bisa membagi waktu makan anda di bulan puasa menjadi 3 kali makan sebagaimana jadwal makan di luar bulan puasa, hanya tingga menyesuaikan waktunya.

Anggap saja bahwa santap sahur ibarat sarapan pagi, buka puasa merupakan makan cemilan sedangkan selepas sholat maghrib merupakan makan malam.

Dengan demikian saluran pencernaan anda menjadi tidak terlalu kaget dengan adanya perubahan waktu makan, sedangkan buka puasa dengan menu yang berat dan terburu-buru hanya akan mengganggu sistem pencernaan anda.

 

  • Sertakan makanan karbohidrat kompleks yang kaya serat

Anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan serat ke dalam menu sahur anda misalnya seperti beras merah, roti gandum, buah-buahan, sayur-sayuran dan kacang-kacangan.

Beras merah yang merupakan sumber makanan karbohidrat kompleks tinggi akan kandungan serat dan mudah dicerna, sangat tepat jika dimasukkan ke dalam menu sahur anda.

Bahan makanan yang tinggi akan kandungan serat dan karbohidrat kompleks bisa membantu menjaga kestabilan kadar glukosa darah.

Sedangkan tubuh yang sedang berpuasa di siang hari cenderung merasa tidak nyaman, sakit dan bisa meningkatkan kadar asam lambung.

Makan malam dengan menu makanan yang tinggi akan kandungan serat bisa mengurangi rasa sakit dan menetralkan asam lambung.

 

  • Selama Ramadhan berbuka puasa dengan mengkonsumsi yang manis  makan kolak

Salah satu tradisi masyarakat Indonesia di bulan puasa adalah mengonsumsi makanan yang manis ketika berbuka puasa misalnya kolak.

Bagi masyarakat umum kolak memang terasa nikmat, namun bagi penderita diabetes jenis makanan yang seperti ini dikhawatirkan bisa mengganggu kesehatannya.

Padahal bagi manusia yang sehat dan tidak dalam kondisi sakit, makanan atau minuman yang terlalu manis bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Dengan demikian kalaupun anda ingin berbuka puasa dengan makanan atau minuman yang manis, sebaiknya pilih yang manis alami atau tidak menggunakan bahan pemanis buatan.

Misalnya dengan mengonsumsi bebetapa buah kurma, segelas minuman jus buah alami dan kalaupun ingin ditambahkan dengan gula sebaiknya dalam jumlah yang sedikit saja.

Mengonsumsi cemilan yang manis pada saat berbuka puasa pada dasarnya bisa menunda rasa lapar atau bahkan menghilangkan rasa lapar, padahal sebenarnya tubuh anda sedang membutuhkan asupan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi anda.

Namun anda bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anda dengan menu makan malam yang lebih lengkap dan bervariasi.

 

  • Hindari mengonsumsi snack selama bulan puasa

Snack merupakan salah satu cemilan favorit masyarakat Indonesia ketika waktu berbuka puasa tiba.

Padahal snack biasanya diolah dengan cara digoreng sedangkan penggunaan minyak goreng selama pengolahan jika dikonsumsi oleh tubuh bisa memicu bebetapa penyakit.

Cobalah untuk mengonsumsi jenis makanan yang diolah dengan cara lain misalnya ditumis, direbus atau dipanggang.

 

  • Makan perlahan dan mengunyah makanan dengan baik makan-nasi-putih

Ketika sedang berpuasa, anda menahan diri untuk tidak makan dan minum sepanjang hari dengan demikian pada saat menjelang berbuka puasa anda akan memiliki kecenderungan untuk makan dan minum dalam jumlah yang banyak.

Padahal perut anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk memberitahu otak anda sehingga ada baiknya jika makan dan minum dengan jumlah yang sedikit terlebih dahulu.

 

  • Berjalan santai di malam hari

Luangkan waktu anda setidaknya setengah jam untuk melakukan kegiatan rutin yang ideal misalnya dengan berjalan santai di malam hari.

Untuk menjaga supaya metabolisme anda tetap stabil dan menjaga supaya pikiran tetap jernih anda bisa berjalan santai.

Akan tetapi berjalan santai tidak disarankan jika anda telah makan dengan porsi yang banyak karena darah akan pindah menuju sistem pencernaan anda.

Kalaupun ingin berjalan santai atau melakukan aktivitas yang berat, sebaiknya lakukan 1-2 jam setelah makan.

 

  • Usahakan jangan tidur lagi setelah sahur

Jika selama ini anda memiliki kebiasaan langsung tidur setelah selesai sahur maka mulai saat ini hentikan kebiasaan buruk tersebut.

Hal ini dikarenakan lambung membutuhkan waktu beberapa saat untuk memproses makanan dan minuman yang anda cerna.

Dengan demikian jika anda tidak ingin saluran pencernaan anda mengalami masalah dikemudian hari maka sebaiknya hentikan kebiasaan langsung tidur setelah selesai makan sahur.

Bukan hanya itu saja karena langsung tidur setelah sahur jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama bisa membuat berat badan anda bertambah dengan drastis walaupun anda hanya mengonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak, hal ini dikarenakan tubuh anda tidak memiliki waktu untuk membakar kalori dari makanan yang anda konsumsi.

 

  • Perbanyak minum air putih manfaat-kesehatan-air-hangat

Meskipun seharian anda harus menahan haus dan kekurangan cairan namun bukan berarti anda harus dehidrasi sepanjang hari.

Setelah selesai berpuasa anda bisa minum air putih, yakni sebanyak 8 gelas dari saat buka puasa hingga saat sahur.

Air putih yang anda konsumsi bermanfaat untuk menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh selama anda berpuasa.

Disarankan untuk mengonsumsi segelas air putih dan beberapa biji kurma pada saat berbuka puasa.

 

  • Hindari minuman dingin dan soda saat buka puasa

Sebenarnya wajar saja jika anda benar-benar merasa kehausan dan merasa dehidrasi setelah menahan haus seharian ketika berpuasa, namun bukan berarti anda harus melampiaskan rasa haus anda dengan mengonsumsi minuman bersoda.

Jika pada saat berpuasa anda juga berniat untuk melakukan diet maka disarankan untuk menghindari minuman yang dingin (es) dan minuman bersoda karena keduanya bisa meningkatkan asam lambung.

Untuk menimbulkan efek nyaman pada lambung pada saat berbuka puasa maka anda bisa mengonsumsi segelas air hangat.