Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Biasanya setelah melahirkan bayi, tubuh anda akan terasa menjadi lebih ringan dari sebelumnya namun pada kenyataannya bisa jadi anda masih memiliki berat bayi yang harus anda hilangkan.

Masa menyusui merupakan masa-masa yang penting bagi si bayi sehingga anda sebagai ibu harus memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan bergizi.

Dalam masa menyusui ini berat badan yang bertambah biasanya dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan bagi si ibu sehingga tidak jarang berbagai cara untuk diet dilakukan untuk menurunkan berat badan supaya bisa kembali normal seperti masa sebelum hamil.

Sebenarnya dengan memiliki kebiasaan makan yang tepat atau disiplin dan ditambah dengan rutin berolahraga maka anda bisa mengatasi baby weight, yaitu berat badan yang mengalami kenaikan pada masa kehamilan yang tertinggal setelah lahirnya si bayi.

Selama anda bisa memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi adalah makanan yang sehat dan memiliki gizi yang seimbang maka anda akan bisa menurunkan beberapa kilo berat badan anda namun kebutuhan gizi si bayi tetap bisa terpenuhi dengan baik.

Supaya bisa menghasilkan ASI yang berkualitas tentunya ibu menyusui harus mendapatkan cukup gizi dan nutrisi yang bisa diperoleh dari makanan.

Lalu bagaimana jika si ibu menyusui ingin melakukan diet di masa menyusui, apakah program diet tersebut bisa mempengaruhi kualitas ASI ?

Ibu yang sedang masa menyusui tidak disarankan untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi kalori makanan karena hal ini bisa memberikan pengaruh terhadap kualitas dan jumlah ASI.

Untuk menjamin supaya produksi ASI tetap lancar dan berkualitas baik maka ibu menyusui harus menambah asupan kalori harian sebanyak 300 kkal.

Tentunya anda harus bersabar jika ingin mengembalikan kondisi tubuh seperti kondisi tubuh seperti sebelum hamil.

Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui

Berikut ini merupakan Tips Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui yang bisa anda terapkan, diantaranya :

    1. Disarankan untuk tetap memberikan ASI pada bayi hingga bayi berusia 2 tahun karena diketahui bahwa ibu yang menyusui akan memproduksi hormon yang bisa mengembalikan bentuk tubuh dan menurunkan berat badan secara alami. Sebelumnya terdapat penelitian bahwa kalori yang terbakar selama menyusui bayi adalah sekitar 400 kkal per hari dimana jumlah ini sebanding dengan anda berlari sekitar 1 jam.
    2. Hindari untuk mengonsumsi makanan fast food/junk food dimana jenis makanan ini biasanya tinggi akan kandungan kolesterol. Anda bisa makan dengan porsi yang kecil sebanyak tiga kali diantaranya pada saat sarapan, makan siang dan makan malam yang ditambah dengan tiga kali mengonsumsi makanan ringan.
    3. Meskipun anda ingin supaya berat badan anda turun namun bukan berarti anda harus berhenti atau mengurangi porsi makan secara drastis. Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh maka disarankan untuk mengonsumsi berbagai jenis buah dan sayuran dimana hal ini juga sangat baik untuk pembentukan ASI. Tips Diet Untuk Ibu Menyusui
    4. Tubuh anda harus mendapatkan asupan makanan yang tinggi akan protein karena tubuh anda membutuhkan energi yang juga akan bermanfaat untuk memperkuat otot bayi anda. Salah satu tanda bahwa tubuh anda kekurangan protein adalah tubuh anda mudah merasa lelah, dan jumlah produksi ASI berkurang.
    5. Disarankan untuk lebih mengonsumsi bahan makanan biji-bijian dan sereal seperti gandum daripada beras, karena bahan makanan ini akan menghasilkan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh anda.
    6. Di masa menyusui anda memang harus menghindari bahan makanan yang tinggi akan kandungan lemak jahat karena selain bisa meningkatkan berat badan juga bisa meningkatkan resiko penyakit jantung. Namun anda masih diperbolehkan untuk mengonsumsi bahan makanan yang mengandung lemak baik misalnya seperti ikan salmon, alpukat, telur, minyak zaitun dan sebagainya.
    7. Minuman yang terbaik untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah air putih karena jenis minuman ini bisa mencegah tubuh anda dari resiko dehidrasi dan membuang racun dari dalam tubuh. disarankan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter air atau setara dengan sekitar 15 gelas per hari
    8. Untuk memenuhi kebutuhan gizi selama masa menyusui disarankan untuk mengonsumsi daging yang kaya akan kandungan protein dan omega 3 asam lemak. Sebaiknya pilih daging yang berwarna putih karena biasanya diketahui bahwa jenis daging ini tanpa lemak, misalnya seperti daging ayam, daging ikan, daging kalkun, dan sebagainya. Sumber Makanan Untuk Meningkatkan ASI
    9. Meskipun anda menyusui bayi namun anda masih bisa melakukan olahraga ringan untuk membuat tubuh anda tetap aktif. Disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki setidaknya setengah jam per hari. Akan lebih baik lagi jika anda berkonsultasi dengan dokter pribadi anda mengenai jenis olahraga yang tepat untuk anda di masa menyusui.
    10. Hal yang tidak kalah penting adalah usahakan bahwa pada saat mengonsumsi makanan, anda mengunyahnya dengan benar dan tidak tergesa-gesa untuk menelannya. Bila tidak dikunyah dengan tepat maka makanan yang masuk ke dalam tubuh akan membuat perut anda terasa menjadi lebih cepat kenyang, bukan hanya itu karena sistem pencernaan anda akan bekerja lebih berat dari biasanya. Namun jika makanan dikunyah dengan cara yang tepat maka nutrisi bisa diserap dengan baik oleh tubuh dan efeknya perut akan terasa kenyang lebih lama.
    11. Makanlah dengan cara yang baik dan bijak, misalnya makan sambil duduk. ketika anda makan sambil duduk maka biasanya cara mengunyah makanan akan menjadi lebih baik sehingga cara ini juga bisa mengurangi berat badan. Namun bila anda makan sambil berjalan maka biasanya akan membuat perut anda mudah lapar lagi dan efeknya adalah akan muncul perasaan ingin makan lagi.

      memperhatikan label kemasan makanan

      memperhatikan label kemasan makanan

    12. Sebaiknya perhatikan label makanan bila anda ingin mengonsumsi makanan kemasan, karena ada kalanya sebagian bahan yang terdapat di dalam makanan kemasan tersebut tidak baik bagi kesehatan si bayi misalnya bahan pemanis, bahan pengawet, bahan pewarna dan bahan penambah rasa buatan.
    13. Ibu menyusui pastinya akan mengalami perubahan waktu istirahat dimana dirinya harus siap untuk menghadapi kemungkinan menyusui sewaktu-waktu. maka dari itu anda harus bisa mengelola waktu dengan baik, misalnya kapan waktu untuk tidur, kapan waktu untuk bersantai bersama bayi. Dengan pengelolaan waktu yang baik maka anda bisa mendapatkan metabolisme tubuh yang baik dan membuat diri anda merasa nyaman.
    14. Anda boleh saja melakukan diet namun setidaknya lakukan setelah 2 bulan pertama dari masa kelahiran bayi, karena jika anda memaksakan diri untuk diet pada 2 bulan pertama pasca kelahiran maka dampaknya adalah jumlah produksi ASI akan berkurang dan anda akan kehilangan banyak energi. Ada baiknya jika anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter pribadi anda mengenai kapan waktu yang tepat untuk melakukan diet pasca kelahiran.