Tips Diet Untuk Anak-Anak

Bila anda memiliki anak yang mengalami kegemukan maka sebagai orang tua biasanya anda akan mencari solusi supaya berat badan anak anda bisa kembali ke berat badan yang ideal.

Tentu saja masalah kegemukan bukan hanya bisa dialami oleh orang dewasa saja, karena anak-anak pun juga bisa mengalami masalah yang sama.

Masalah kegemukan pada anak-anak biasanya disebabkan oleh karena mereka sering jajan sembarangan terutama junkfood ataupun jajanan kurang sehat yang mengandung pemanis buatan.

Anak yang mengalami masalah kegemukan bisa diatasi dengan olahraga atau sering bergerak serta gaya hidup yang sehat termasuk dengan program diet.

Sebenarnya anak-anak juga bisa melakukan program diet walaupun menu diet berbeda dengan menu diet pada orang dewasa, hal ini dikarenakan anak-anak sedang mengalami proses tumbuh kembang yang pastinya juga membutuhkan asupan makanan yang bergizi.

Maka dari itu sebaiknya program diet pada anak dilakukan dalam jangka waktu yang panjang dimana berat badan anak bisa turun sedikit demi sedikit hal ini perlu dilakukan untuk menjaga supaya asupan gizi dan kesehatan anak tetap terjaga dengan baik.

Tips Diet Untuk Anak-Anak

Berikut ini adalah Tips Diet Untuk Anak-Anak, diantaranya :

  • Menu Sarapan sehat

Anda bisa memberi menu sarapan pada anak seperti sereal plus susu skim tanpa lemak, bisa juga ditambah dengan potongan buah pisang atau apel.

Bila selama ini anda sering memberi anak anda segelas susu pada setiap pagi, maka anda bisa menggantinya dengan jus buah seperti jus apel, anggur, semangka atau jeruk.

 

  • Menu Cemilan anak

Sudah merupakan hal yang biasa jika anak seringkali mengonsumsi snack pada saat jajan di luar, padahal snack bisa menyebabkan kegemukan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Bukan hanya itu saja karena biasanya snack juga mengandung berbagai zat kimia yang berbahaya bagi tubuh misalnya seperti zat pewarna dan zat pengawet.

Maka dari itu anda bisa membuatkan sendiri menu cemilan sehat dan bergizi untuk anak anda misalnya seperti roti sandwich yang terdiri dari dua lapis roti gandum, dengan isian irisan tomat, timun dan bawang bombay.

Sedangkan untuk minuman anda bisa membuatkan anak anda minuman susu tanpa lemak atau minuman lain yang dibuat tanpa menggunakan gula, sebagai alternatif anda bisa menggunakan madu.

  • Menu Sayur anak makan sayur

Anda bisa membiasakan diri untuk menghidangkan menu makanan yang terdiri dari 4 sehat 5 sempurna dimana sayur merupakan salah satu bagian dari menu makan sehat tersebut.

Namun sebagian besar anak biasanya tidak suka dan bahkan bisa dibilang benci terhadap menu makanan yang terdapat sayur di dalamnya, karena rasanya yang pahit atau hambar.

Padahal di masa pertumbuhannya anak-anak membutuhkan asupan nutrisi dimana sayur merupakan salah satu bahan makanan yang baik untuk membantu proses tumbuh kembangnya.

Untuk mengatasi anak yang tidak mau makan sayur anda bisa mengatasinya dengan membuat sendiri roti sandwich yang berisi timun, tomat, dan salad.

 

  • Aktifitas fisik

Diet saja tidak cukup bila tanpa disertai dengan aktivitas fisik. Anak-anak harus diberi motivasi untuk bermain di luar ruangan dan berolahraga secara teratur. Berenang juga bisa membantu anak mencegah atau mengatasi obesitas.

Belakangan ini anak-anak sering menghabiskan waktu untuk diam dan duduk bermain game di depan komputer sehingga tubuh menjadi jarang bergerak, dan ini juga bisa menjadi salah satu pemicu kegemukan.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebagai orang tua anda bisa memberi contoh serta mengajak anak anda untuk berolahraga bersama misalnya bermain badminton bersama atau main basket bersama.

 

  • Jangan mengonsumsi minuman manis dan bersoda

Jenis minuman yang manis dan bersoda biasanya memiliki kandungan gula yang sangat tinggi yang jika terlalu sering dikonsumsi bisa menyebabkan anak mengalami kegemukan.

Jika selama ini anak anda sering mengonsumsi kedua jenis minuman tersebut maka sebaiknya beri anak anda minuman jus buah buatan sendiri.

 

  • Jangan mengonsumsi makanan cepat saji

Makanan cepat saji biasanya terdapat kandungan lemak yang sangat tinggi yang bisa menjadi penyebab kegemukan, sedangkan kandungan nutrisi di dalamnya banyak yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Sedangkan di jaman yang modern ini biasanya orang tua memiliki kesibukan kerja yang menyita waktu sehingga biasanya tidak sempat untuk memasak sendiri, di sisi lain di luar sana ada banyak penjual makanan cepat saji yang bisa memberikan layanan pesan antar.

 

  • Jangan mengonsumsi makanan yang manis anak kegemukan

Anak-anak yang sering jajan sembarangan biasanya sering mengonsumsi makanan yang manis yang tinggi akan kandungan lemak, gula dan kolesterol.

Jenis makanan yang seperti itu jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan berat badan naik dan anak beresiko untuk terkena penyakit diabetes, jantung koroner dan lain-lain.

 

  • Mengatur kebiasaan

Anak-anak biasanya memiliki kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab kegemukan misalnya malas untuk bergerak, setelah makan langsung tidur, mengonsumsi junkfood.

Maka dari itu untuk mencegah masalah kegemukan pada anak, bisa dilakukan dengan mengatur berbagai kebiasaan buruk tersebut.

Kebiasaan setelah makan langsung tidur bisa menyebabkan lemak tertimbun di perut dan bisa membuat proses pencernaan pada lambung menjadi tidak lancar.

Maka dari itu disarankan bagi anak yang sedang menjalankan diet untuk tidak bermalas-malasan dengan berdiam diri dan bila perlu sering-sering untuk bergerak supaya tubuh mengeluarkan keringat.

 

Jenis Makanan Sehat Untuk Anak

Berikut ini adalah jenis makanan sehat untuk anak, diantaranya :

  • Susu susu full krim

Susu merupakan jenis minuman yang kaya akan nutrisi misalnya vitamin A, B2, B12, D, fosfor dan kalsium yang sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

Namun sayangnya ada sebagian anak-anak yang mungkin tidak menyukai susu, maka untuk mengatasi hal ini anda bisa menghidangkan alternatif lain tapi masih terbuat dari susu misalnya seperti milkshake dan puding susu.

 

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan vitamin B yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan membantu masa pertumbuhan anak.

Usahakan untuk sering menyajikan masakan yang terbuat dari telur namun dengan cara pengolahan yang berbeda-beda supaya anak tidak mudah merasa bosan, misalnya direbus, dibentuk dengan model yang lucu, dan sebagainya.

 

  • Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis sayuran sehat yang mengandung vitamin A, C ,E beta karoten, kalsium, serat dan zat besi.

Anda bisa menghidangkan ubi jalar goreng pada keluarga ketika sedang bersantai di dalam rumah kemudian menikmatinya bersama.

 

  • Kacang

Kacang tinggi akan kandungan serat, kalsium, protein, antioksidan namun rendah kalori, lemak dan sodium.

Dengan mengonsumsi jenis kacang seperti kacang kedelai, kacang polong dan kacang garbanzo maka anak akan mendapatkan asupan energi dan nutrisi.

 

  • Ikan

Mengonsumsi ikan seperti ikan tuna dan salmon sangat disarankan karena kandungan asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk membantu meningkatkan kemampuan otak dan daya penglihatan anak.