Tips Makan Sehat Di Hari Natal

Pada tanggal 25 Desember besok seluruh umat kristiani di seluruh dunia akan merayakan hari Natal, termasuk dengan Indonesia.

Maka dari itu tidak mengherankan jika umat kristiani di seluruh dunia terlihat seperti berlomba-lomba menyajikan nuansa Natal yang semenarik mungkin.

Ada begitu banyak properti dan aksesoris pendukung untuk bisa menyajikan nuansa Natal dengan baik, misalnya seperti pohon cemara, lampu hias Natal, dan tentu saja biasanya akan ada banyak makanan yang disuguhkan di rumah, misalnya seperti buah-buahan, kue, permen dan lain-lain.

Meskipun suasana tersebut sangat menarik, akan tetapi ada resiko kesehatan yang mengancam jika Anda tidak waspada dan tidak bisa mengontrol nafsu makan Anda ketika berhadapan dengan suguhan makanan yang dihidangkan pada Hari Natal.

Contoh yang sederhana saja, yaitu pada Hari Natal tidak disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan secara berlebihan karena hal ini bisa membuat perut menjadi kembung.

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat juga beresiko menimbulkan gas dan membuat perut menjadi tidak nyaman.

Akibatnya suasana berkumpul dengan keluarga atau teman-teman pada saat Hari Natal menjadi terganggu karena kondisi kesehatan tidak mendukung.

Tips Makan Di Hari Natal

Berikut ini adalah Tips Makan Sehat Di Hari Natal, diantaranya :

1. Batasi konsumsi makanan yang mengandung bawang

Sebagian besar masakan khas Indonesia termasuk dengan yang disajikan pada Hari Natal biasanya terdapat bawang merah atau bawang putih.

Alasan kenapa Anda disarankan untuk membatasi konsumsi makanan yang mengandung bawang merah atau bawang putih adalah karena keduanya yang biasanya dijadikan bumbu masakan ini mengandung fructan yang bisa memicu kembung dan buang angin secara terus menerus.

 

2. Batasi konsumsi karbohidrat

Jangan pula berlebihan ketika mengonsumsi nasi, kentang ataupun pasta, baik yang disajikan dalam kondisi panas atau dingin karena pada saat dilakukan pemanasan atau pendinginan ini akan membuat resisten pati yang melalui proses pencernaan di dalam perut kemudian menghasilkan gas.

 

3. Batasi jumlah konsumsi roti

Jangan terlalu banyak mengonsumsi pizza, croissant, baguette ataupun roti panggang karena berbagai makanan tersebut bisa memicu kembung.

Hal ini bisa terjadi dikarenakan ada banyak orang yang memiliki penyakit celiac atau sensivitas gluten dimana gandum dianggap sebagai penyebab utama dari masalah pencernaan misalnya seperti diare, sakit perut, gas dan kembung.

 

4. Batasi konsumsi makanan yang mengandung fruktosa

Pada umumnya mengonsumsi buah-buahan memang baik untuk kesehatan, namun jika Anda terlalu banyak mengonsumsi buah-buahan yang mengandung fruktosa seperti apel, mangga dan pir maka Anda akan beresiko tinggi untuk mengalami perut kembung ataupun gangguan lainnya yang berhubungan dengan saluran pencernaan.

 

5. Perhatikan pemanis buatan

Sebelum mengonsumsi makanan pada Hari Natal, ada baiknya anda terlebih dahulu memperhatikan bahan komposisinya terlebih dahulu.

Ada kalanya produk makanan yang manis menggunakan bahan xylitol, manitol dan sorbitol yang jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat saluran pencernaan Anda mengalami gangguan

Xylitol merupakan pemanis alami yang biasanya dijual dalam bentuk gula kristal putih di toko makanan.

Tidak berbeda jauh dengan semua jenis gula pengganti karena mengonsumsi xylitol secara berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping yang tidak bisa dianggap sepele.

Mengonsumsi xylitol dalam jumlah yang berlebihan akan menimbulkan dampak yang sama dengan obat pencuci perut karena tubuh Anda tidak sepenuhnya bisa memecah senyawa karbohidrat ini.

 

6. Makan sedikit dan sering

Biasanya pakar kesehatan dan ahli diet memberikan saran pada masyarakat untuk makan dengan jumlah frekuensi yang sering namun dengan porsi yang kecil.

Hal ini dikarenakan ketika Anda mengonsumsi makanan dengan porsi kecil, usus anda tidak bekerja dengan terlalu keras sehingga Anda juga terhindar dari resiko masalah pencernaan.

 

7. Tambah jeruk pada makanan Anda

Ketika Anda beserta keluarga bersiap untuk menyantap kalkun maka ada baiknya jika Anda memberi sedikit perasan jeruk nipis pada kalkun tersebut untuk membantu memecah protein.

Jeruk nipis mengandung asam sitrat alami yang bisa membantu memecah molekul makro pada makanan.

Jeruk nipis juga mengandung flavanoid yang bisa merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan, asam dan empedu.

Bukan hanya itu karena flavanoid di dalam jeruk nipis juga bisa merangsang gerakan peristaltik, yaitu gerakan yang terjadi pada otot-otot saluran pencernaan yang memudahkan makanan masuk ke dalam saluran pencernaan.

hidangan khas natal

 

8. Pastikan mengunyah dengan benar

Ketika makan jangan terburu-buru menelannya, namun pastikan bahwa setidaknya Anda mengunyahnya sebanyak 30 kali sehingga makanan tersebut menjadi lebih halus dan ketika masuk ke dalam saluran pencernaan, maka organ pencernaan anda tidak akan bekerja terlalu keras dan Anda pun akan terhindar dari masalah kembung.

 

9. Minum

Walaupun di sekitar Anda tidak terdapat air putih karena suatu alasan, namun anda masih bisa minum teh jahe atau peppermint sebagai pengganti air putih sementara.

 

10. Tutup mulut Anda

Pada saat makan, hindari berbicara apalagi jika mulut Anda terlihat penuh dengan makanan.

Selain dinilai tidak sopan namun tindakan yang Anda lakukan tersebut jika dilakukan terus menerus bisa memicu masalah perut kembung.

Tips Makan Sehat Di Hari Natal

 

11.Tidak mudah tergiur dengan makanan terutama yang berlemak

Biasanya jenis makanan yang dihidangkan pada saat pesta Natal atau pada pertemuan keluarga ketika merayakan Hari Raya Natal mungkin sangat menggiurkan.

Jika anda mudah tergiur dengan hidangan makanan yang ada di atas meja makan pada saat Natal, maka tubuh anda bisa menjadi lebih gemuk dari sebelumnya.

Apalagi jika selama seharian Anda jalan-jalan ke pusat perbelanjaan untuk beli baju baru, maka setelahnya biasanya tubuh Anda akan menjadi lelah dan merasa lapar.

Kalaupun Anda telah tiba di rumah, usahakan untuk lebih memilih untuk mengonsumsi  makanan yang rendah kolesterol dan tidak mudah menyebabkan tubuh menjadi gemuk.

Meskipun Anda mendapatkan undangan ataupun menghadiri acara Natal yang biasanya terdapat banyak makanan, usahakan bahwa sebelum menghadiri acara tersebut perut Anda tidak dalam kondisi kosong atau dengan kata lain, sebelum berangkat menuju ke acara pesta Anda telah mengisi perut dengan makanan atau minuman sekedarnya dari rumah supaya ketika tiba di lokasi Anda tidak mudah tergoda dengan banyaknya jenis hidangan yang disajikan.

Ada kalanya Anda memiliki banyak acara ataupun agenda pada Hari Natal, tidak ada salahnya jika Anda juga bisa mengontrol nafsu makan demi kesehatan Anda.