Tips Mencegah Ketombe

Ketombe merupakan salah satu masalah rambut yang sering dikeluhkan oleh masyarakat.

Selain merusak penampilan dengan adanya serpihan putih yang berjatuhan pada pundak, ketombe juga bisa menimbulkan rasa gatal pada kulit kepala.

Bilamana Anda telah berhasil menghilangkan ketombe dengan menggunakan bahan-bahan alami, maka tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan supaya ketombe tidak datang kembali di kemudian hari.

Pastinya Anda tidak mau kan, ketika rambut Anda sudah terbebas dari ketombe namun dalam waktu yang tidak lama ketombe muncul lagi.

Maka dari itu, usaha untuk menghilangkan ketombe memang penting namun perawatan rambut juga tidak kalah penting sehingga rambut Anda senantiasa sehat, terawat dan terlihat indah.

Dengan demikian kepercayaan diri Anda secara tidak langsung juga akan ikut bertambah.

Sebaliknya, ketika rambut Anda bermasalah misalnya seperti berketombe maka biasanya kepercayaan diri justru akan menurun sehingga Anda menjadi kurang PD terutama ketika berada di keramaian.

Dengan demikian meskipun pada saat ini rambut Anda masih termasuk sehat dan terawat, namun tidak ada salahnya untuk melakukan tindakan pencegahan dari masalah ketombe.

Berikut ini merupakan Tips Mencegah Ketombe, diantaranya :

  • Rajin menyisir rambut dengan sisir yang baik menyisir rambut

Biasakanlah untuk menggunakan sisir yang nyaman dan tidak keras sehingga tidak membuat kulit kepala terluka atau mengelupas yang bisa menimbulkan ketombe.

Menyisir rambut dengan menggunakan sisir yang nyaman, selain bisa menjadikan rambut terlihat rapi juga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut dan meningkatkan sirkulasi pada kulit kepala.

 

  • Rutin mencuci rambut

Biasakanlah untuk membersihkan rambut dengan berkeramas dengan menggunakan shampo setidaknya setiap dua hari sekali dimana hal ini perlu dilakukan untuk membersihkan sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala.

Bila Anda membersihkan rambut Anda dengan menggunakan conditioner maka usahakan untuk tidak mengaplikasikannya pada kulit kepala namun diberi jarak sekitar 2 cm dari pangkal rambut.

Hal ini dilakukan untuk mencegah sisa conditioner tidak menempel pada kulit kepala yang jika dibiarkan bisa menumpuk lalu menjadi ketombe.

Rutin mencuci rambut atau keramas merupakan salah satu cara yang paling mudah, praktis namun efektif untuk mencegah datangnya ketombe.

Ketika Anda mencuci rambut maka berarti Anda membersihkan rambut dimana kondisi folikel rambut akan menjadi lebih segar, mengurangi kemungkinan menumpuknya minyak pada kulit kepala serta menghilangkan sel-sel kulit kepala yang mati dan menumpuk pada kulit kepala dimana semuanya merupakan pemicu dari munculnya ketombe.

 

  • Jangan terlalu sering menggunakan hairspray

Penggunaan hairspray yang terlalu sering bisa menyebabkan rambut menjadi kering serta hairspray mengandung partikel-partikel yang bisa tertinggal di rambut lalu menimbulkan ketombe.

Maka dari itu kalaupun Anda menggunakan hairspray maka pastikan bahwa setelah menggunakannya, cuci rambut Anda dengan segera setelah menggunakan hairspray.

 

  • Batasi penggunaan hairdryer (pengering rambut) penggunaan hairdryer

Mesin hair dryer bisa mengeluarkan panas yang bisa membuat rambut serta kulit kepala menjadi kering.

Dengan kondisi kulit kepala yang menjadi kering maka hal ini akan menjadikan kulit kepala Anda mudah mengelupas lalu menjadi ketombe.

Kalaupun memang Anda benar-benar dalam kondisi yang mengharuskan Anda untuk menggunakan hair dryer maka pastikan bahwa Anda mengatur suhu panas hair dryer pada suhu panas minimal dan jika Anda membutuhkan suhu panas yang tinggi untuk melakukan blow rambut maka pastikan bahwa suhu panas dari hair dryer tidak mengarah langsung pada kulit kepala Anda.

 

  • Usahakan kepala Anda sesekali terpapar sinar matahari dan udara bebas

Supaya jamur tidak bisa berkembang biak dengan bebas pada daerah rambut maka usahakan kepala Anda terkena sinar matahari untuk beberapa saat.

Namun jika suasana di luar rumah panas menyengat maka ada baiknya Anda menggunakan penutup kepala seperti topi supaya kulit kepala tidak mudah kering akibat terkena sengatan sinar matahari.

Tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu setidaknya 10-15 menit setiap hari untuk berjemur di bawah sinar matahari.

Apalagi sinar matahari bisa menghasilkan vitamin yang bermanfaat bagi tubuh, termasuk dengan kulit kepala.

Meskipun sinar matahari bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan rambut, namun Anda harus tetap waspada dan bisa menjaga diri agar tidak sampai mengalami luka bakar akibat sengatan sinar matahari yang terlalu lama.

 

  • Mengurangi penggunaan produk styling rambut

Hampir semua produk styling rambut, seperti produk perawatan rambut dalam bentuk jelly sampai bentuk spray bisa memberikan pengaruh terhadap produksi minyak di kulit kepala.

Bila Anda terlalu sering menggunakan produk perawatan rambut tersebut maka akan semakin besar pula resiko untuk memiliki ketombe.

 

  • Diet sehat yang seimbang dan olahraga secara teratur Pertanyaan Seputar Diet

Mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi yang tepat yang dibutuhkan oleh tubuh bisa membantu mencegah munculnya ketombe.

Bukan hanya itu karena menjaga vitalitas tubuh dengan rutin berolahraga juga bisa membantu mencegah munculnya ketombe.

 

  • Mengurangi ketombe dengan bahan alami

Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk menghilangkan atau mencegah ketombe.

Beberapa penggunaan bahan alami seperti minyak pohon teh, bisa digunakan sebagai shampo untuk mengatasi serta mencegah ketombe.

Dengan berkreasi membuat shampo sendiri yang terdiri dari bahan-bahan alami, maka setidaknya Anda bisa memastikan sendiri bahwa shampo buatan Anda tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang ada kalanya bisa menimbulkan kerusakan pada beberapa jenis rambut tertentu.

 

  • Cegah ketombe dengan menggunakan shampo anti ketombe

Cara termudah yang lain untuk mencegah datangnya ketombe adalah dengan menggunakan shampo anti ketombe yang bisa Anda beli di warung atau di toko swalayan terdekat.

 

  • Shampo anti ketombe yang diresepkan dokter

Bilamana selama ini Anda telah menggunakan shampo anti ketombe namun ketombe tidak kunjung hilang, maka ada baiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter supaya bisa mendapatkan penanganan yang terbaik.

Biasanya setelah berkonsultasi, dokter akan memberikan resep shampo ketombe khusus kepada Anda.