Tips Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Siapa sih yang tidak ingin selalu terlihat awet muda?

Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya gejala penuaan dini yang meliputi keriput, kerutan halus pada wajah, bintik hitam serta jerawat yang bisa menurunkan kepercayaan diri.

Tentu saja apabila gejala penuaan dini sudah mulai terlihat maka biasanya anda akan melakukan upaya untuk menghilangkan atau setidaknya menutupi supaya gejala penuaan dini tersebut tidak terlihat oleh orang lain.

Ada beberapa kiat yang bisa anda terapkan untuk mencegah penuaan dini, baik yang dilakukan secara alami ataupun yang tidak alami yang terkadang memiliki resiko yang cukup tinggi.

Tentu saja karena biasanya tidak mau menempuh cara yang memiliki resiko, maka cara yang alami cenderung dipilih karena tidak mengandung resiko yang berbahaya.

Tips Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan

Salah satu kiat alami untuk mencegah penuaan dini bisa dilakukan melalui makanan, yang tentu saja anda bisa memilih pilihan makanan mana yang anda suka untuk mencegah penuaan dini.

Berikut ini adalah Tips Mencegah Penuaan Dini Melalui Makanan, diantaranya :

  • Kaldu Tulang

Anda bisa mencegah penuaan dini dengan mengonsumsi kaldu yang merupakan bumbu perasa makanan, misalnya seperti kaldu tulang sapi atau kaldu tulang ayam.

Dalam kaldu terdapat kolagen yang bisa mempercantik penampilan kulit anda, sedangkan tulang yang direbus dalam waktu yang lama akan menghasilkan zat gelatin yang bisa memperkuat organ pencernaan anda.

Kolagen merupakan zat alami yang bisa dibentuk dari dalam tubuh yang berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit baik dari dalam ataupun luar, serta bisa mengurangi peradangan yang merupakan penyebab gejala penuaan dini.

 

  • Kale sayur kale

Sayuran kale mengandung senyawa antioksidan yang berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas dan memelihara kolagen sehingga bisa membuat anda tetap terlihat awet muda.

Kale mengandung vitamin A, B6, C, kalium, mangan, tembaga dan magnesium yang berfungsi menangkal serangan radikal bebas.

Sebagai contoh, kandungan kalium pada kale bisa menjaga supaya detak jantung berjalan dengan normal sehingga peredaran oksigen dan darah dalam tubuh akan lancar dimana hal ini akan menjadikan kulit anda menjadi lebih sehat dan terawat.

 

  • Bayam

Kandungan zat besi pada sayur bayam bisa menjaga supaya produksi sel darah merah berjalan dengan lancar, sehingga tubuh anda akan memiliki peredaran oksigen dan darah yang baik dimana hal ini akan menjaga terpeliharanya zat kolagen di dalam tubuh.

Kandungan fitonutrisi pada bayam bisa menjaga kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan serta mencegah resiko kanker kulit.

 

  • Paprika Merah

Kandungan likopen pada paprika merah bisa meningkatkan produksi kolagen alami dalam tubuh serta menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar matahari yang berlebihan.

Sedangkan kandungan vitamin C pada paprika merah akan beredar ke seluruh tubuh lalu membantu meningkatkan penyerapan protein pada kulit.

 

  • Paprika Kuning jenis paprika

Kandungan vitamin C pada paprika kuning bermanfaat untuk menjaga jaringan kulit, menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh serta organ lain.

Bukan hanya itu karena vitamin C yang merupakan salah satu bahan antioksidan bisa melawan semua gejala penuaan dini dan menjadikan anda lebih awet muda.

Manfaat lain dari paprika adalah mencegah resiko penyakit kanker serta mencegah resiko serangan jantung.

 

  • Tomat

Tomat juga mengandung likopen yang bisa melawan serangan radikal bebas dan mencegah resiko kesehatan yang buruk akibat terkena sinar matahari yang berlebihan.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal dari tomat, disarankan untuk mengonsumsinya tanpa dengan menambahkan gula.

 

  • Wortel

Kandungan zat antioksidan yang ada di dalam wortel bisa membantu mengeluarkan zat racun dari dalam tubuh.

Sedangkan zat beta karoten berfungsi untuk memperbaiki sel kulit yang rusak, menjadikan kulit anda mulus dan inilah yang bisa membuat anda terlihat awet muda.

Manfaat lain yang bisa diperoleh dari wortel adalah menjaga kesehatan organ mata dan melindungi anda dari penyakit degenerasi makula.

 

  • Ubi ubi

Ubi mengandung vitamin B, C, zat besi dan beta karoten yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Kandungan vitamin C pada ubi berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dari resiko kerusakan sel yang bisa menjadi penyebab gejala penuaan dini seperti bintik hitam dan sebagainya.

Ubi mengandung serat yang berguna untuk mempertahankan air pada tubuh dimana hal ini bisa menjaga kesehatan sel-sel tubuh anda.

 

  • Bawang Putih

Bawang putih mengandung sulfur, lipoic dan taurin yang bisa bekerja sama untuk membantu terbentuknya kembali kolagen di dalam tubuh.

 

  • Labu

Kandungan magnesium dan vitamin C pada labu berfungsi untuk melawan serangan radikal bebas di dalam tubuh yang bisa menyebabkan penuaan dini.

Kandungan senyawa di dalam labu bisa menjaga kolagen serta membersihkan semua penghambat kolagen sehingga sel-sel tubuh anda akan bisa bertahan lebih lama dan terhindar dari kerusakan.

 

  • Minyak Kelapa 

    kelapa dan minyak kelapa

    kelapa dan minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan jenis minyak yang bisa menjaga kelembaban dan menjaga kadar air yang ada pada kulit.

Jadi bilamana anda sering mengonsumsi minyak kelapa tiap hari maka kebiasaan ini akan membuat bagian bawah kulit anda menyimpan cadangan lemak sehat dan membantu menjaga kandungan air pada lapisan ini.

Minum minyak kelapa bisa membantu menjaga tingkat kecerahan kulit serta menjadikan kulit anda lebih elastis atau kenyal.

Sedangkan kandungan vitamin E pada minyak kelapa bisa mencegah resiko kulit kusam serta menjaga pertumbuhan sel dalam tubuh.

 

  • Telur

Telur mengandung banyak bahan antioksidan misalnya vitamin E, lutein, dan zea xantin  yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Berbagai bahan antioksidan tersebut akan membantu menjaga kesehatan kulit anda dari resiko penyakit akibat paparan sinar matahari serta menjaga proses regenerasi sel kulit.

Kandungan mineral seperti yodium dan selenium pada telur berfungsi untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh dimana hal ini bisa membantu menjaga kesehatan kulit.

 

  • Ikan Salmon

Kandungan nutrisi dan protein yang sangat tinggi pada ikan salmon sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Pigmen yang menjadikan daging ikan salmon terlihat merah yaitu Astaxanthin, merupakan solusi atas serangan radikal bebas yang bisa menjadi penyebab utama penuaan dini.

Dengan mengonsumsi ikan salmon setidaknya sekali dalam seminggu maka kebiasaan ini akan membantu mencegah resiko actinic keratosis, yaitu kondisi dimana kulit menjadi kasar dan bersisik yang disebabkan oleh sering terpapar sinar matahari.