Tips Mengatasi Gigi Ngilu

Apakah gigi anda sering terasa ngilu setelah menikmati es krim atau pada saat anda sedang menyikat gigi ?

Bila memang benar gigi anda sering terasa ngilu setelah melakukan kedua hal tersebut maka kemungkinan besar anda memiliki gigi yang sensitif.

Ciri gigi yang sensitif adalah adanya rasa ngilu pada gigi setelah melakukan rutinitas yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari seperti minum, makan dan sikat gigi.

Meski terasa sakit dan mengganggu namun dengan mengetahui sumber penyebab gigi ngilu maka anda bisa lebih mudah mengatasi masalah gigi ngilu.

tips mengatasi gigi ngilu

Kenapa gigi mudah terasa ngilu ??

Gigi yang sensitif atau gigi yang mudah ngilu biasanya dikarenakan lapisan email yang terkikis atau akar gigi yang terpapar.

Gigi anda yang sebelumnya normal bisa berubah menjadi sensitif setelah gusi terbuka sehingga lapisan di bawah gusi yaitu dentin terkena berbagai rangsangan dari luar.

Dentin terdiri dari akar dan bagian dalam gigi yang menyambung pada saluran kecil yang berjumlah ribuan yang menuju ke saraf pusat gigi.

Pada saat dentin terkena berbagai rangsangan dari luar seperti gesekan yang keras, terkena paparan panas atau dingin dan kondisi inilah yang bisa meningkatkan resiko gigi ngilu.

 

Penyebab Gigi Ngilu gigi ngilu

Berikut ini adalah berbagai penyebab gigi ngilu diantaranya :

Faktor lain yang dapat menjadi pemicu gigi ngilu adalah:

  • Adanya lubang pada gigi
  • Bakteri mudah bersarang dan berkembang biak pada gigi yang berlubang
  • Efek samping karena prosedur yang diterapkan oleh dokter gigi misalnya pemutihan gigi.
  • Adanya Gingivitis (radang pada gusi)
  • Kebiasaan menyikat gigi dengan tenaga yang berlebihan
  • Plak yang menumpuk
  • Memiliki kebiasaan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu asam

 

Tips Mengatasi Gigi Ngilu

Langkah pertama yang sebaiknya anda lakukan ketika pertama kali mengalami gigi ngilu adalah dengan segera memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat.

Biasanya dokter gigi akan segera melakukan deteksi untuk mencari tahu penyebab dari gigi anda yang ngilu.

Solusi Mengatasi Gigi Ngilu

Berikut ini beberapa solusi yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gigi ngilu diantaranya :

  • Pasta gigi dengan formula khusus untuk gigi sensitif.

Karena anda memiliki gigi yang sensitif maka anda tidak boleh sembarangan menggunakan jenis pasta gigi.

Pilihlah pasta gigi dengan formula yang khusus dibuat untuk pemilik gigi sensitif karena jenis pasta gigi ini memiliki formula khusus yang dirancang untuk bisa meredam ngilu.

 

  • Flouride. fluoride

Dokter gigi bisa mengoleskan fluoride yang bermanfaat untuk meredakan linu dan memperkuat email pada gigi anda yang sensitif dan memberikan resep yang tepat untuk anda sehingga anda bisa menggunakannya sendiri di rumah.

 

  • Mengikat atau menebalkan.

Permukaan akar gigi anda yang terasa ngilu bisa diberi bonding resin (lapisan pengikat) namun prosedur ini biasanya akan membutuhkan bius lokal.

 

  • Bedah gusi.

Gigi anda bisa terasa ngilu setelah akar gigi anda kehilangan lapisan gigi dan solusi untuk mengatasi rasa ngilu akibat hal ini bisa diatasi dengan mengambil gusi dari bagian yang lain untuk kemudian dipasangkan ke bagian gusi yang hilang.

 

  • Saluran akar (root canal). dokter gigi

Prosedur mengatasi rasa ngilu dengan root canal (saluran akar) adalah dengan merawat pulpa gigi.

Prosedur saluran akar biasanya baru dipilih setelah perawatan yang lain masih tidak membuahkan hasil sedangkan pasien sudah tidak tahan dengan rasa sakit pada gigi yang ngilu.

 

Menjaga Kesehatan Gigi

Dengan membayangkan berbagai prosedur perawatan gigi ngilu di atas maka ada baiknya anda memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi anda sebelum terjadi hal-hal yang bisa merusak kesehatan gigi anda.

Berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menjaga kesehatan gigi anda diantaranya :

  • Cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan gigi anda adalah dengan rutin membersihkan gigi anda untuk menjaga kesehatan gigi. menggosok gigi
  • Sikat gigi anda setidaknya dua kali sehari secara teratur dan usahakan untuk menggunakan pasta gigi dengan bulu sikat yang tidak terlalu keras dan pilih pasta gigi yang mengandung fluoride.
  • Membersihkan gigi memang bisa menjaga kesehatan gigi, namun terlalu sering membersihkan gigi malah tidak baik untuk kesehatan gigi anda.
  • Gosok gigi anda dengan cara yang lembut dan lakukan dengan pola gerakan yang teratur, cara menggosok gigi yang kasar justru bisa merusak lapisan gigi anda.
  • Jangan mengasah gigi anda karena bisa menjadikan gigi anda retak dan menjadi sensitif atau mudah ngilu.
  • Kurangi mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam, seperti yoghurt, minuman bersoda, dan jus jeruk karena jenis minuman yang seperti ini bisa mengikis lapisan gigi anda dan kalaupun anda ingin mengonsumsi minuman tersebut sebaiknya minum dengan menggunakan sedotan untuk mengurangi resiko gigi ngilu dan email gigi yang terkikis.
  • Setelah anda mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang asam maka sebaiknya minum air mineral setelah itu untuk menormalkan kadar asam di mulut.
  • Setelah mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat asam jangan langsung menyikat gigi anda karena hal ini bisa membuat email gigi anda lebih mudah terkikis dan menjadi lebih lunak.

Dengan melakukan berbagai upaya pencegahan gigi ngilu seperti yang telah disebutkan di atas maka anda bisa makan es krim ataupun makanan dan minuman lain yang bersifat asam dengan tenang dan tidak lagi khawatir harus mengalami gigi ngilu seperti biasanya.