Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan yang jauh dan lama adalah mabuk perjalanan.

Mabuk perjalanan sendiri adalah istilah dimana seseorang mengalami kondisi yang tidak menyenangkan ketika sedang melakukan perjalanan sehingga tubuhnya menjadi lemas dan bahkan terkadang memaksa dirinya untuk berhenti di tengah perjalanan hanya untuk beristirahat, mengalami mual, muntah-muntah dan tidak jarang menjadi sakit ketika tiba di tempat tujuan.

Bilamana anda berkeinginan untuk melakukan perjalanan jauh dan tidak ingin mengalami salah satu dari kejadian tersebut maka ada baiknya jika anda terlebih dahulu mengetahui penyebab mabuk perjalanan, kemudian mengetahui cara mengatasi dan cara mencegah mabuk perjalanan.

 Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Penyebab Mabuk Perjalanan

Sebenarnya jika dilihat dari sisi medis, mabuk perjalanan bisa dikelompokkan sebagai penyakit vertigo yang di dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Motion Sickness.

Gejala dari mabuk perjalanan biasanya ditunjukkan dengan adanya rasa mual (nausea), kepala terasa pusing, keluar keringat dingin, tubuh terasa lemas dan muntah (vomiting).

Adanya berbagai gejala dari mabuk perjalanan tersebut bisa terjadi karena adanya gangguan pada sistem keseimbangan tubuh dimana berbagai komponen sistem keseimbangan tubuh tidak bisa bekerja dengan sinkron misalnya sistem syaraf otak (pusat), mata, jaringan paling dalam pada permukaan tubuh (proprioceptors) dan bagian dalam telinga.

Sebagai contoh misalnya anda sedang berada di dalam mobil yang sedang bergerak dimana anda sedang membaca buku di dalam mobil tersebut maka tubuh dan mata anda tidak akan memberikan sinyal terhadap pergerakan menuju otak.

Sedangkan bagian dalam telinga memberikan respon adanya gerakan pada mobil kemudian memberi sinyal pada otak anda, kedua informasi berbeda yang diterima inilah yang pada akhirnya menimbulkan konflik informasi hingga akhirnya memberikan dampak mabuk kendaraan pada seseorang.

Kondisi yang sama juga bisa terjadi jika anda sedang menumpang kendaraan selain mobil, misalnya seperti naik pesawat, naik kapal atau bahkan selain kendaraan transportasi seperti roller coaster.

Resiko mabuk kendaraan juga bisa dipicu oleh hal lain misalnya seperti bau asap rokok, aroma parfum tertentu, bau-bauan tertentu, aliran oksigen yang kurang baik, banyaknya kadar karbondioksida di sekitar kendaraan, kondisi jalan yang tidak rata atau tidak mulus dan sistem suspensi kendaraan yang kurang baik.

Siapa saja beresiko untuk mengalami mabuk kendaraan, tidak peduli anak-anak, orang dewasa, wanita, pria dan resiko tersebut juga bisadipengaruhi oleh daya tahan tubuh seseorang dan kebiasaan dalam melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan.

 

Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Pastikan bahwa sebelum melakukan perjalanan jauh, terutama jika membutuhkan waktu yang lama maka hendaknya anda terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan baik misalnya sebelumnya telah beristirahat (tidur) dengan cukup, tubuh dalam keadaan yang sehat (tidak sakit), perut telah berisi (tidak merasa kelaparan).

Hal ini untuk menunjang kelancaran anda dalam menempuh perjalanan yang jauh, karena ada kalanya masalah yang kecil sekalipun bisa mengganggu anda di tengah perjalanan.

Meski perut tidak boleh dalam keadaan kosong sebelum melakukan perjalanan, namun bukan berarti perut anda harus dalam keadaan yang penuh (kenyang) karena hal ini justru bisa beresiko mengganggu perjalanan anda misalnya seperti anda merasa sakit perut atau diare ketika masih berada di tengah perjalanan. Tips Mencegah Mabuk Perjalanan

Bukan hanya itu, namun anda juga harus menghindari makanan yang berlemak tinggi, makanan yang membutuhkan waktu lama ketika dicerna, jenis makanan yang memiliki aroma yang kuat dan pedas seperti sate, jenis makanan yang berkuah banyak seperti soto.

Anda cukup mengisi perut dengan makanan secukupnya, disarankan untuk mengonsumsi menu makanan yang sederhana misalnya nasi, tahu dan tempe.

Hal yang tidak kalah penting, ketika berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan usahakan untuk tidak menatap suatu objek dengan terlalu fokus dan lama seperti membaca buku atau main ponsel, namun disarankan untuk mengamati objek pemandangan yang jauh yang berada di luar kendaraan seperti melihat langit, gunung dan rumah.

Posisi pemilihan tempat duduk juga bisa memberikan andil terhadap resiko mabuk perjalanan, sehingga anda disarankan untuk memilih tempat duduk yang nyaman, dekat dengan jendela dan menghadap ke depan kendaraan.

Menghisap permen mint, permen jahe atau permen yang mengandung jamu juga bisa anda coba untuk mencegah resiko mabuk perjalanan.

Usahakan untuk mengatur posisi tubuh anda untuk mengikuti arah gerak tujuan kendaraan sehingga mata dan tubuh anda tidak mengalami konflik ketika mengirim sinyal ke otak.

Disarankan untuk membuka jendela sedikit untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik karena jika saluran udara tidak berjalan dengan baik maka resiko mabuk perjalanan bisa lebih mudah terjadi.

Anda bisa mencoba cara yang cukup mudah yaitu mendengarkan musik kesayangan dari ponsel anda kemudian pejamkan mata anda sambil berimajinasi.

Bilamana anda melakukan perjalanan bersama keluarga dan menggunakan kendaraan pribadi maka disarankan untuk beristirahat setidaknya setiap 3-4 jam sekali.

Bilamana sebelum melakukan perjalanan anda susah tidur maka disarankan untuk lebih memilih minum obat yang bisa menyebabkan kantuk, daripada mengonsumsi kopi yang justru bisa membuat anda lebih terjaga.

Tips Mengatasi Mabuk Perjalanan

Tidak ada yang menginginkan mengalami mabuk perjalanan ketika sedang melakukan perjalanan jauh, namun bilamana hal itu terjadi maka sudah semestinya anda sudah bisa mengantisipasinya dengan segera supaya bisa melanjutkan perjalanan dengan segera.

Berikut ini tips mengatasi mabuk perjalanan diantaranya :

  • Hentikan kendaraan dengan segera kemudian beristirahatlah hingga semua penumpang siap untuk melanjutkan perjalanan mengoleskan minyak kayu putih di tengah perjalanan
  • Jika anda mengalami muntah di tengah perjalanan maka anda bisa segera membersihkan bekas muntahan tersebut kemudian berkumur-kumurlah dengan menggunakan air putih
  • Mengonsumsi sedikit cracker, minum larutan jahe, minum air putih atau minum air berkarbonasi bisa membantu mengatasi mabuk perjalanan
  • Atur dengan baik nafas anda misalnya dengan menarik nafas dalam-dalam, kembungkan isi perut kemudian lepaskan secara perlahan melalui mulut
  • Anda bisa mengoleskan minyak kayu putih pada bagian dada dan leher untuk menghilangkan mabuk perjalanan
  • Bila yang mengalami mabuk perjalanan adalah anak-anak yang berusia 2-5 tahun atau lansia yang berusia 60 tahun ke atas sebaiknya hentikan segera perjalanan anda, kemudian beristirahatlah terutama jika ada yang terlihat lemas, keluar keringat dingin dan nyaris pingsan