Tips Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja

Ada kalanya anda merasa ngantuk di tempat kerja dan dampaknya produktivitas kerja anda pun akan menjadi terganggu.

Kemungkinan besar anda akan menjadi kepayahan saat bekerja, terutama jika pekerjaan yang harus segera diselesaikan terlihat menumpuk dan mengharuskan anda untuk kerja lembur atau pulang larut malam.

Tidak jarang bagi karyawan yang terutama bekerja di kantor biasanya cenderung merasa ngantuk setelah makan siang.

Akibatnya pekerjaan menjadi terganggu karena masih ada rasa kantuk dan bahkan sebagian diantaranya mungkin bisa saja tertidur di meja kerja.

Mudah saja sebenarnya untuk menentukan bahwa apakah anda sedang mengantuk atau tidak, misalnya dilihat dari berapa kali jumlah anda menguap atau apakah anda tidak kehilangan fokus pada saat sedang bekerja.

Sudah bukan rahasia jika kopi atau minuman suplemen energi biasanya menjadi pilihan utama untuk menghilangkan rasa kantuk di jam kerja.

Padahal terlalu banyak kafein yang masuk ke dalam tubuh juga kurang baik bagi kesehatan, sedangkan anda sebenarnya bisa menggunakan cara alternatif untuk menghilangkan kantuk yang lebih aman dan tidak beresiko bagi kesehatan.

Tips Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja

Berikut ini adalah Tips Menghilangkan Kantuk Saat Bekerja, diantaranya :

  • Jalan-jalan ke luar

Bisa jadi pikiran anda merasa bosan dengan interior atau suasana dalam ruangan kerja anda misalnya seperti layar komputer, cahaya lampu, AC, dan hal ini juga bisa memicu timbulnya rasa kantuk saat bekerja.

Untuk menghilangkan rasa kantuk itu anda bisa mencobanya dengan keluar sebentar dari kantor untuk jalan-jalan setidaknya selama 15 menit.

Dengan melihat pemandangan dan suasana baru, maka anda telah menyegarkan otak dan pikiran anda dari rasa atau suasana bosan saat bekerja.

 

  • Berolahraga

Tidak usah khawatir jika dianggap aneh ketika anda sedang berolahraga di dalam kantor karena apa yang anda lakukan adalah untuk mengeluarkan keringat dan memompa jantung supaya berdetak lebih cepat sehingga bisa memberikan suplai oksigen yang lebih banyak untuk tubuh anda.

Jenis olahraga yang bisa anda lakukan di dalam kantor adalah yoga, lari-lari kecil di tangga, lompat tali dan jumping jack.

 

  • Olah otak mengisi TTS di kantor

Kalaupun tidak memungkinkan untuk olahraga di tempat kerja, maka anda bisa mengasah otak untuk membuat supaya pikiran anda aktif bekerja.

Olah otak bisa dilakukan dilakukan misalnya mengisi buku teka-teki silang, bermain game di handphone, atau bermain tebak-tebakan dengan teman kerja.

 

  • Dinginkan kepala Anda

Anda bisa menghilangkan kantuk saat bekerja dengan minum air lemon dingin namun tanpa gula.

Alternatif lain anda juga bisa dengan memercikkan air lemon tersebut pada wajah anda, atau bisa juga dengan meletakkan es batu pada lengan anda.

 

  • Ngemil

Makan sedikit cemilan bisa dilakukan untuk menghilangkan kantuk, namun jangan mengonsumsi cemilan yang manis, berat atau dalam jumlah yang terlalu banyak.

Disarankan untuk mengonsumsi cemilan seperti salad buah atau makan buah segar langsung.

 

  • Pompa adrenalin

Anda bisa menonton selama beberapa menit film horor atau  action yang bisa membuat adrenalin anda tegang dan menghilangkan kantuk.

Tontonlah beberapa trailer film action atau horor, dalam beberapa menit saja, Anda sudah tak mengantuk lagi.

 

  • Ganti posisi tubuh Anda

Bisa jadi rasa kantuk yang muncul adalah akibat dari posisi tubuh anda, maka dari itu anda bisa berusaha menghilangkan kantuk dengan ganti posisi tubuh misalnya seperti berdiri sejenak kemudian duduk lagi, atau duduk dalam posisi tegak tapi kaki menyilang.

 

  • Wangi-wangian

Sebelum berangkat kerja anda bisa menyiapkan parfum atau lotion, dan ketika anda mulai merasa mengantuk maka anda bisa menyemprotkan parfum ke bagian tubuh anda.

Namun disarankan untuk tidak menggunakan aroma wangi bunga lavender karena aroma ini hanya akan malah membuat anda semakin mengantuk.

 

  • Menari

Pasang headphone di telinga anda kemudian dengarkan lagu yang anda sukai, yang menghentak dan menimbulkan semangat, kemudian menarilah.

Walaupun pada akhirnya anda akan ditertawakan oleh teman-teman kerja, yang terpenting adalah rasa kantuk itu pada akhirnya akan hilang dengan sendirinya.

 

  • Bercanda bercanda dengan teman kerja

Mengantuk bisa dihilangkan dengan perasaan senang dan tertawa, maka dari itu anda bisa menghilangkan rasa kantuk dengan bercanda.

Anda bisa bercanda dengan teman kerja, kalaupun tidak ada yang bisa diajak bercanda anda masih bisa menonton video lucu.

 

  • Belanja online

Anda bisa menghilangkan kantuk dengan melihat-lihat isi situs belanja online di internet atau hp.

Bayangkan bahwa anda sedang mencari hadiah pemberian yang tepat sebagai hadiah ulang tahun untuk orang yang anda cintai.

 

  • Telepon ibu

Ada ikatan emosional yang terjalin ketika seorang anak menelpon ibunya, bahkan hal ini juga bisa menghilangkan kantuk.

 

  • Bernapas dalam-dalam

Bernapas dalam-dalam disarankan karena selain memberikan asupan oksigen yang optimal untuk tubuh, juga bisa membuat hati serta pikiran anda lebih tenang dan fokus untuk bekerja.

 

  • Minum teh herbal

Pada dasarnya kopi memang bisa menghilangkan kantuk, namun teh herbal juga memiliki kemampuan yang sama hanya saja resiko kesehatannya lebih rendah daripada kopi.

 

  • Menurunkan suhu AC

Sebenarnya cara ini bisa anda lakukan untuk menghilangkan kantuk saat bekerja, yakni menurunkan suhu AC hingga ke suhu yang paling dingin.

 

  • Minum air putih 

    air putih

    air putih

Mudah merasa capek dan mengantuk pada saat bekerja merupakan gejala dehidrasi, maka dari itu anda bisa mengatasinya dengan minum air putih yang cukup selama bekerja.

 

  • Kunjungi dokter

Jika selama ini anda sudah terlalu sering mengantuk dan kecapekan pada saat bekerja maka sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter terdekat.

Hal ini untuk mencegah resiko kemungkinan penyakit lain seperti diabetes dan anemia.

Ketika tubuh kekurangan zat besi maka oksigen yang diangkut oleh sel darah merah tidaklah cukup untuk dikirim menuju ke otak, dan kondisi inilah yang bisa menyebabkan kantuk.

Sedangkan penderita diabetes cenderung terlihat merasa capek dan mengantuk karena tubuh tidak menyerap gula.

 

Yang lebih penting dari mencegah kantuk saat bekerja adalah dengan mencari tahu penyebab munculnya rasa kantuk tersebut.

Bisa saja rasa kantuk disebabkan oleh seringnya begadang, kerja lembur malam, atau bahkan karena faktor kondisi kesehatan tertentu.

Dengan mengetahui penyebab munculnya kantuk maka anda akan bisa lebih mudah untuk mencegah munculnya masalah yang sama di kemudian hari.