Tips Meningkatkan Daya Ingat

Jika anda memiliki masalah mudah lupa atau susah mengingat sesuatu, maka bukan berarti anda tidak bisa disembuhkan.

Untuk mengatasi kedua masalah tersebut sebenarnya gampang-gampang susah, namun kunci utamanya adalah konsistensi, usaha dan kemauan yang kuat.

Tentunya akan terasa sangat mengesalkan sekaligus mengkhawatirkan jika anda lupa mengunci pintu ketika sudah pergi jauh dari rumah, kartu ATM tertinggal di rumah, lupa kalau ada jadwal meeting, sulit mengingat isi materi ceramah yang telah disampaikan sehari sebelumnya, dll.

Mudah lupa dan susah mengingat merupakan dua masalah yang tidak bisa dianggap sepele karena pastinya bisa memberikan dampak yang sangat buruk dalam kehidupan kita jika dibiarkan terus menerus.

Coba bayangkan betapa meruginya anda jika sampai perjanjian bisnis dengan klien harus batal karena anda lupa bahwa pada saat itu seharusnya anda sudah bertemu dengan klien di tempat yang lain untuk menjalin kesepakatan bisnis.

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab kenapa anda menjadi seseorang yang termasuk dalam kategori pelupa.

Tips Meningkatkan Daya Ingat

Berikut ini adalah tips meningkatkan daya ingat, diantaranya :

  1. Sering Berolahraga

Melakukan olahraga yang ringan seperti jalan kaki, lari pagi atau bersepeda yang dilakukan secara rutin bisa menjaga dan bahkan meningkatkan peredaran darah menuju otak yang pada akhirnya akan meningkatkan fungsi otak.

Sering berolahraga juga bisa membuat tidur anda menjadi lebih pulas dimana hal ini juga bisa membantu menjaga fungsi otak.

 

  1. Mengonsumsi Jenis Makanan Tertentu

Ada beberapa jenis makanan tertentu yang diketahui bisa meningkatkan kemampuan otak misalnya bahan makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan seperti buah-buahan, sayur-sayuran, ikan, kacang-kacangan dan sebagainya.

 

  1. Piknik piknik

Jika selama ini anda sering mengalami stres akibat pekerjaan yang menumpuk atau masalah yang lain, maka anda bisa mengambil cuti sementara untuk melakukan piknik.

Piknik bisa menghilangkan stres dan membantu mengendalikan hormon kortisol yang bisa menimbulkan stres pada otak.

Piknik tidak harus dilakukan di tempat yang jauh atau menghabiskan uang yang banyak, namun disarankan untuk berkunjung ke tempat yang anda idam-idamkan selama ini untuk menimbulkan efek senang.

 

  1. Bersosialisasi

Seseorang yang tertutup dan jarang bersosialisasi biasanya sering mengalami stres dan mudah lupa, maka dari itu untuk meningkatkan daya ingat anda bisa mulai menjalin komunikasi dengan teman atau keluarga.

 

  1. Mengasah Otak isi tts

Anda bisa mengasah otak misalnya dengan bermain game puzzle, mengisi buku teka-teki silang, bermain tebak-tebakan dengan teman ataupun kegiatan lain yang bisa membuat otak anda berpikir.
Dengan bermain game yang mengasah otak maka anda telah melatih otak anda untuk mengingat sesuatu dan manfaat lain yang bisa diperoleh adalah menghilangkan kejenuhan dan mencegah stres.

 

  1. Jangan Melakukan Suatu Pekerjaan Bersamaan

Otak manusia memiliki keterbatasan sehingga wajar saja jika anda tidak bisa mengerjakan beberapa hal sekaligus misalnya menonton film sambil membaca buku, mengemudi motor sambil menelepon lewat handphone, dan sebagainya.

Ketika anda melakukan beberapa tugas sekaligus di waktu yang sama maka konsentrasi otak anda akan terpecah sehingga anda tidak bisa fokus.

Maka dari itu supaya anda tidak mudah lupa ketika mengingat sesuatu maka usahakan untuk tidak melakukan suatu pekerjaan secara bersamaan.

 

  1. Sering Membaca Buku

Salah satu cara yang termudah untuk meningkatkan daya ingat adalah dengan sering membaca buku, terutama membaca buku yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Pada saat mata anda membaca tulisan pada buku, maka akan terjadi koordinasi antara mata dan otak dimana mata berfungsi sebagai penangkap data yang kemudian mengirim sinyal ke otak yang akan mengolah data yang masuk.

Setelah menerima data yang masuk, kemudian otak akan mencocokkan data yang baru masuk dengan data yang yang pernah disimpan, maka dari itu jika kita sering membaca maka biasanya kita bisa membaca cepat dan mudah mengingat sesuatu.

Disarankan untuk membaca di tempat yang tenang, tidak ada suara yang berisik dan mendapatkan pencahayaan yang cukup terang supaya aktifitas membaca bisa berjalan dengan baik dan tidak terganggu.

Jika selama ini anda jarang membaca buku maka anda bisa mulai membiasakan diri untuk membaca buku, bisa dimulai dari membaca jenis buku dengan tema yang anda sukai.

 

  1. Menulis menulis

Walaupun terlihat sepele namun kegiatan menulis cukup efektif untuk membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Pada saat anda menulis otak akan mendapatkan tambahan suplai oksigen dimana hal ini bisa meningkantkan kapasitas memori otak sehingga bisa menambah kemampuan otak untuk mengingat atau menghafal sesuatu.

Maka dari itu anda bisa mulai membiasakan diri untuk mencatat sesuatu misalnya sesuatu yang berkaitan dengan aktifitas dalam kehidupan anda sehari-hari.

Maka dari itu tidak mengherankan jika kebanyakan seseorang yang berprofesi sebagai penulis biasanya memiliki daya ingat yang kuat.

 

  1. Tertawa

Pada saat anda tertawa, area pada otak yang berfungsi untuk belajar dan yang berkaitan dengan kreatifitas akan menjadi aktif .

Maka dari itu ada baiknya jika anda meluangkan sedikit waktu untuk bercanda atau melihat acara televisi yang lucu terutama jika anda merasa jenuh supaya tidak mengalami stres.

 

  1. Mengulang Hafalan (Repetisi)

Untuk meningkatkan daya ingat anda bisa menghafal sesuatu kemudian sering mengulang hafalan tersebut di waktu yang lain.

Setelah menghafal suatu informasi, anda bisa mencerna informasi tersebut kemudian mengambil kesimpulan atas informasi tersebut.

Setelah itu anda bisa mengulang hafalan tersebut di waktu yang lain dan akan lebih baik lagi jika anda juga mencatat informasi tersebut sehingga sewaktu-waktu anda bisa membacanya kembali.

Dengan sering mengulang hafalan maka otak anda akan menjadi terlatih untuk mengingat suatu informasi sekaligus mencegah lupa.

Contoh sederhana adalah ketika berkenalan dengan seseorang, anda bisa mengulang-ulang namanya pada pikiran anda sehingga anda tidak lupa namanya.