Tips Menu Sahur Sehat

Bulan ramadhan merupakan masa dimana setiap individu dari umat Islam yang telah memasuki usia dewasa memiliki kewajiban untuk melaksanakan perintah agama yakni menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Dalam 1 bulan tersebut mereka tidak diperbolehkan untuk makan, minum, marah dan melakukan perbuatan yang negatif mulai dari subuh hingga maghrib (sekitar 13 jam).

Bagi mereka yang telah terbiasa maka kebiasaan ini tidak sulit untuk dilakukan, berbeda dengan mereka yang belum terbiasa. Menu Sahur Sehat

Dengan demikian jika anda ingin supaya ibadah puasa anda menjadi lancar maka anda harus memperhatikan khusus terhadap pentingnya asupan makanan yang anda konsumsi pada saat berbuka puasa dan sahur.

Tentunya anda harus bisa mengetahui menu sahur seperti apa yang sebaiknya anda konsumsi untuk menunjang aktifitas anda di siang hari.

Para ilmuwan dan pakar kesehatan telah meyakini bahwa puasa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini merupakan tips menu sahur sehat diantaranya

  • Asupan Cairan yang Cukup

Supaya anda kuat dan terhindar dari dehidrasi ketika menghadapi puasa selama seharian penuh maka pastikan bahwa pada saat santap sahur anda mendapatkan asupan cairan yang cukup.

Bisa dilakukan dengan bangun sahur lebih awal kemudian minum air putih sebanyak 1 gelas.

Setelah itu makan sahur pada akhir waktu sahur kemudian minum air putih sebanyak 1 gelas lagi.

Anda bisa memenuhi kebutuhan asupan cairan tubuh dengan minum air putih atau jus buah.

Makan sahur dengan mengonsumsi jenis makanan yang berkuah seperti soto atau gule juga bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

 

  • Karbohidrat Kompleks dan Serat

Disarankan untuk mengonsumsi jenis makanan yang tinggi akan kandungan serat dan karbohidrat kompleks pada saat santap sahur karena jenis makanan yang seperti ini bisa menimbulkan efek kenyang yang lebih lama.

Jenis makanan yang tinggi akan kandungan serat seperti roti gandum dan nasi merah bisa mengatur pelepasan energi secara perlahan.

 

  • Komposisi Nutrisi sayuran berwarna cerah

Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dengan memperhatikan unsur 4 sehat 5 sempurna pada saat sahur.

Dengan kata lain makanan yang anda konsumsi pada saat sahur bisa mencukupi kebutuhan gizi, vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh.

Sebagai contoh yaitu menu santap sahur yang terdiri dari nasi putih, daging, sayuran dan buah-buahan sebagai pelengkap.

Kalaupun tidak ada daging, bisa diganti dengan sumber protein nabati seperti tahu dan tempe.

 

  • Utamakan Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran bisa anda masukkan ke dalam menu santap sahur karena kedua jenis makanan tersebut merupakan sumber karbohidrat kompleks.

Sayuran bisa disajikan dalam bentuk sayur tumis, sedangkan buah bisa disajikan ke dalam bentuk minuman jus.

Buah-buahan diketahui mengandung elektrolit yang bisa memberikan efek kesegaran pada tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas di siang hari.

 

  • Daging dan Penggantinya

    ikan salmon

    ikan salmon

Tubuh membutuhkan asupan protein karena protein berfungsi sebagai cadangan makanan dimana sumber protein bisa diperoleh dari makanan yang terbuat dari daging-dagingan

Disarankan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak dan sebaiknya daging tersebut diproses dengan cara direbus atau ditumis.

Disarankan untuk tidak menggoreng menu makanan sahur karena makanan yang digoreng bisa mengikat oksigen hingga berkurang sampai 20% dimana hal ini bisa mengakibatkan anda mengantuk di siang hari.

Kalaupun tidak ada daging, bisa diganti dengan sumber protein yang lain seperti ikan, tahu atau tempe.

Pada saat sahur anda bisa mengonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan protein karena jenis makanan yang seperti ini bisa memberikan energi secara konstan.

Protein yang masuk ke dalam saluran pencernaan akan dipecah menjadi asam amino yang dibutuhkan oleh darah dan otot.

 

  • Makanan yang Mengandung Zat Besi Tips Menu Sahur Sehat

Bagi penderita anemia atau kurang darah biasanya akan menganggap bahwa ritual puasa merupakan masalah besar karena selama proses berpuasa tubuh akan kekurangan zat besi dalam jumlah yang sanat banyak.

Untuk mengatasi masalah tersebut anda bisa mengonsumsi sumber makanan yang kaya akan kandungan zat besi seperti sayur daun singkong, sayur bayam dan hati ayam.

Ketika menjalankan ritual puasa biasanya jumlah zat besi yang ada di dalam tubuh akan mengalami penurunan karena hilangnya sel darah merah dalam tubuh.

Dengan demikian anda akan menjadi lebih mudah mengantuk dan lemas karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tidak bisa berjalan dengan lancar.

Jika anda mengonsumsi jenis makanan yang kaya akan kandungan zat besi maka kadar hemoglobin dalam tubuh akan bisa lebih terkontrol.

 

  • Magnesium dan Potassium

    buah pisang

    buah pisang

Manusia membutuhkan asupan mineral seperti potassium dan magnesium.

Keduanya berfungsi sebagaimana protein yang menawarkan cadangan energi secara berkelanjutan.

Anda bisa mendapatkan asupan magnesium dan kalium dari buah-buahan jeruk dan pisang.

 

  • Produk Susu

Dalam segelas susu sapi segar terdapat kandungan gizi yang sangat melimpah yang terdiri dari berbagai vitamin dan mineral.

Memiliki kebiasaan minum susu bisa menjaga kesehatan tulang karena susu kaya akan kandungan kalsium.

Usahakan untuk memilih susu tanpa lemak, selain itu minum susu kedelai juga bisa menjadi alternatif sumber kalsium yang lain.

 

  • Kacang-kacangan dan Ikan

Kacang-kacangan bisa menjadi makanan sumber nutrisi yang baik untuk tubuh karena tinggi akan kandungan protein nabati dan lemak yang baik.

Berbagai jenis ikan juga baik untuk kesehatan tubuh karena ikan mengandung asam lemak omega-3 dan 6 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan otak.

 

Tips tambahan sahur yang sehat

Selain memilih menu sahur yang sehat anda juga harus menghindari jenis makanan yang kurang baik bagi kesehatan jika dikonsumsi pada saat sahur.

Hindari mengonsumsi menu makanan yang terdapat gula sederhana misalnya seperti biskuit, kue manis dan roti putih. dampak-negatif-makan-gorengan

Jenis makanan tersebut bisa lebih mempercepat proses pembakaran makanan hingga menjadi energi dengan demikian tubuh akan menjadi lebih mudah terasa lapar.

Jenis makanan yang digoreng dan mengandung lemak jenuh seperti gorengan bisa menimbulkan resiko mudah mengantuk dan lemas pada saaat menjalankan ibadah puasa.

Bukan hanya itu karena jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh bisa mempercepat keluarnya cairan tubuh melalui urin sehingga anda akan menjadi lebih cepat merasa lemas ketika sedang berpuasa.

Dengan memilih menu makanan sahur yang tepat maka ibadah puasa anda akan menjadi lebih lancar dan sukses.