Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

serangan jantung

Sebelum kita membahas kesehatan jantung, ada baiknya untuk menyimak lebih dulu tentang jantung. Apa yang pertama kali terlintas pada benak anda tentang jantung?

Jantung merupakan organ tubuh yang tetap aktif bahkan kita sedang beristirahat. Oleh karena itu, kita tidak boleh memandang remeh kesehatan organ jantung bila kita ingin berumur panjang serta selalu sehat.

Kita bisa mulai membiasakan diri untuk berolahraga secara teratur serta mengkonsumsi makanan sehat. Kesehatan jantung berkaitan erat dengan apapun yang kita makan.

Serangan jantung juga bisa terjadi jika pembuluh darah tersumbat oleh karena adanya lapisan lemak sehingga pada aliran darah kita menjadi terhambat.

Namun, lemak masih dibutuhkan oleh tubuh kita, karena lemak merupakan sumber energi bagi tubuh kita.

Namun, bila kadar lemak berlebihan dalam tubuh, lemak bisa menjadi sumber masalah pada kesehatan yang serius termasuk bagi kesehatan organ jantung.

Maka dari itu, dengan cara mengurangi asupan makanan yang mengandung lemak, sungguh merupakan suatu langkah yang bijaksana dalam menjaga kesehatan organ jantung kita.

Anda ingin organ jantung anda tetap sehat serta terhindar dari berbagai penyakit jantung?

Kali ini kami akan memberikan beberapa tips sehat untuk menjaga kesehatan jantung kita, yaitu:

  • Tinggalkan minuman bersoda, ganti dengan teh hijau tanpa gula.

Seduh sendiri teh hijau serta membawanya kemanapun anda pergi, seperti pergi ke taman maupun pergi ke kantor.

teh hijau tanpa gula

Teh hijau mengandung zat antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan jantung dengan cara mencegah kerusakan-kerusakan pada pembuluh darah.

Dengan minum sebanyak dua cangkir teh hijau tanpa gula sehari telah terbukti memiliki banyak manfaat untuk melindungi kesehatan jantung kita.

  • Relaksasi.

Dengan melakukan relaksasi secara rutin setiap hari, dapat menururunkan berbagai masalah seperti menurunkan tekanan darah serta mengurangi hormon stress yang dapat mendatangkan bahaya pada organ jantung serta pada sistem kardiovaskular.

Berhentilah untuk sejenak serta mengambil napas panjang dalam beberapa kali maupun meregangkan otot-otot tubuh serta membiarkan tubuh anda rileks. Selain itu, melakukan beberapa teknik yoga atau bermeditasi juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk organ jantung kita.

  • Konsumsi kacang-kacangan.

Gantilah cemilan anda sehari-hari dengan kacang-kacangan yang  memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Kacang-kacangan seperti almond, walnut, pecan, pistachio dan masih banyak lagi telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam aliran darah di tubuh kita.

Namun kacang-kacangan juga mengandung kalori yang tinggi, maka jangan mengkonsumsi kacang-kacangan secara berlebihan.  Cukup konsumsi sebanyak 1 genggam saja dalam sehari untuk mendapatkan segala manfaatnya untuk kesehatan tubuh serta organ jantung kita.

  • Jalan kaki.

Dengan berjalan kaki akan membuat tubuh kita terus bergerak, melancarkan sirkulasi darah serta dapat memasukkan usara segar ke dalam paru-paru kita.

Berjalan cepat sejauh sekitar 3 kilometer setiap hari dapat membantu kita untuk mengendalikan berat badan, memperkuat organ jantung serta dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah dalam tubuh kita.

  • Menghentikan kebiasaan merokok.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa rokok dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada paru-paru serta pembuluh darah. Jika anda tidak bisa menghentikannya, maka kurangilah jumlahnya. Setiap jumlah yang berkurang dalam hal merokok dapat membantu kesehatan organ jantung dalam tubuh kita.

  • Tidur yang berkualitas.

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa kurang tidur di malam hari dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada organ jantung. Kesibukan kerja juga dapat membuat jam tidur kita pada malam menjadi berkurang. Kurang tidur dapat menyebabkan kita memiliki resiko dua kali lipat terserang penyakit jantung. Maka dari itu tidurlah selama 8 jam penuh, beberapa orang kemungkinan memerlukan waktu tidur lebih dari 8 jam. Tidur, merupakan saat dimana tubuh akan memulihkan dirinya sendiri. Jika kita sulit untuk tidur, maka cobalah untuk melakukan latihan pernafasan sesaat sebelum tidur. Orang-orang yang tidurnya cukup, cenderung memiliki berat badan yang stabil serta memiliki kesehatan yang baik.

  • Latihan beban untuk melatih kekuatan otot.

latihan beban

Menambahkan latihan beban sebagai salah satu latihan pada olahraga yang kita lakukan secara rutin dapat memperkuat otot tubuh serta otot jantung sehingga dapat membantu jantung untuk berdetak serta memompa darah dengan lebih baik. Walaupun latihan seperti aerobik sangat dianjurkan untuk menjadi bagian dari olahraga rutin sehari-hari, anda juga dapat melakukan latihan beban sebanyak dua atau tiga kali dalam satu minggu.

  • Hentikan konsumsi makanan cepat saji.

Makanan cepat saji serta makanan junk food memiliki kandungan lemak jenuh, gula, garam, penguat rasa serta pengawet yang tinggi sekali. Hampir semua makanan cepat saji serta junk food dapat merusak kesehatan organ jantung, bahkan juga dapat menimbulkan berbagi penyakit kronis serta obesitas pada diri anda.

  • Mengkonsumsi Nectura 

Nectura antioksidan mengandung berbagai macam buah serta sayuran yang kaya akan antioksidan, sehingga bagus sekali untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan organ jantung anda.

1 comment for “Tips Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

  1. Pingback: peter

Comments are closed.