Upaya Serta Makanan Yang Baik Untuk Mencegah Kanker Colon

kanker kolonKanker usus bawah atau kanker kolon merupakan salah satu jenis kanker yang cukup mematikan. Namun anda tidak perlu takut karena para ahli mengatakan bahwa penyakit kanker kolon dapat dicegah dengan melakukan berbagai kebiasaan yang baik.

Kanker kolon dapat dicegah dengan cara skrining secara rutin serta pendeteksian dini.

Dibawah ini beberapa cara untuk mengurangi serta mencegah terjadinya kanker kolon, meliputi:

Skrining kanker kolon secara rutin di awal usia 50 tahun bila anda termasuk orang dengan resiko normal. Bila anda termasuk orang yang beresiko tinggi sepertimemiliki  riwayat keluarga yang pernah mengalami kanker kolon atau kanker lainnya, maka sebaiknya lakukan skrining sebelum  usia 50 tahun.

buah dan sayuran segar

buah dan sayuran segar

Perbanyak asupan makanan berserat sebanyak 20 hingga 30 gram setiap hari. Anda bisa mendapatkan serat dari sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian serta roti maupun sereal dari gandum utuh. Selain itu, sebisa mungkin kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh. Dan tidak lupa perbanyak makanan yang mengandung asam folat seperti sayuran berdaun hijau.

Kurangi atau sebisa mungkin jauhi alkohol serta hentikan kebiasaan buruk lain seperti merokok. Konsumsi alkohol serta tembakau secara berlebihan juga berkaitan dengan berbagai macam penyakit kanker selain kanker kolon.

Rajin berolahraga serta melakukan aktivitas fisik paling tidak 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik ringan seperti berkebun, naik tangga serta jalan-jalan sebentar dapat membantu untuk menurunkan resiko kanker kolon.

Konsultasi pada dokter ahli bila anda menemukan atau mengalami gejala, seperti darah pada kotoran, perubahan pada usus, penurunan berat badan, sakit perut maupun gejala pada pencernaan yang lain.

diagram sistem pencernaan

diagram sistem pencernaan

Jagalah berat badan anda tetap stabil dan dalam bobot yang ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas dapat meningkatkan terjadinya kanker kolon.

Kanker kolon merupakan suatu bentuk penyakit ganas yang terjadi pada kolon, rektum maupun pada usus buntu atau apendix. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa dengan melakukan perubahan gaya hidup dapat mencegah perkembangan kanker kolon sebesar 70%.

Untuk melindungi anda dari bahaya penyakit kanker kolon, maka sudah saatnya untuk melakukan program diet yang benar dan tepat , dengan mengkonsumsi makanan yang dipercaya dapat menjadi musuh utama dari kanker kolon.

  • Makanan kaya asam folat

Kacang-kacangan dikatakan mampu mencegah penyakit kanker kolon. Kacang-kacangan kaya akan serat, asam folat serta vitamin B yang dapat melindungi kerusakan sel DNA. Orang yang mengkonsumsi lebih dari 400 mikrogram folat setiap hari, mengalami penurunan resiko kanker kolon sebanyak 52% jika dibandingkan dengan orang yang mengkonsumsi kurang dari 400 mikrogram folat. Dengan mengkonsumsi buncis  sebanyak1 cangkir anda sudah mendapatkan sebanyak 100 sampai 150 mikrogram folat.

  • Susu

Susu selain dapat membantu dalam membangun pertumbuhan tulang yang kuat serta juga dapat melindungi anda dari kanker kolon. Namun sebaiknya konsumsilah susu yang rendah lemak karena lemak yang berlebih juga tidak baik untuk kesehatan.

  • Sayuran

Sayuran seperti brokoli, bayam, kembang kol, kubis serta lobak juga dapat melawan berbagai macam kanker termasuk kanker kolon. Orang yang mengkonsumsi sayuran sebanyak 50% memiliki resiko lebih rendah terhadap kanker kolon daripada orang yang makan sayuran kurang dari 50%.

  • Makanan tinggi serat

fruits-and-vegetablesMakanan tinggi serat seperti buah dan sayuran serta gandum dapat membantu kelancaran sistem pencernaan. Dengan sistem pencernaan yang lancar maka makanan yang mengandung karsinogen penyebab kanker akan dapat dikeluarkan dari tubuh kita sehingga kita terbebas dari kanker terutama kanker kolon. Orang yang banyak mengkonsumsi makanan berserat memiliki resiko 40% lebih rendah terserang kanker kolon.

  • Kunyit

Kunyit merupakan jenis rempah-rempah yang sangat terkenal di masyarakat dan sering sekali digunakan untuk bumbu masakan tertentu. Kunyit mengandung curcumin yang dipercaya sebagai agen antikanker serta dapat meredakan peradangan yang dapat menyebabkan pertumbuhan tumor. Curcumin dapat membantu membersihkan karsinogen salam tubuh sebelum merusak sel-sel DNA serta dapat memperbaiki kerusakan yang terjadi pada DNA.

  • Ikan serta ayam

Daging merah dapat menyebabkan kanker kolon. Kurangi mengkonsumsi daging merah dan mulailah mengkonsumsi ikan maupun ayam yang lebih aman untuk dikunsumsi. Ikan laut seperti makarel dan salmon mengandung omega 3 yang dapat membantu mengurangi peradangan pada usus. Bila anda tidak suka ikan, anda bisa mengkonsumsi ayam. Daging ayam tidak memicu munculnya kanker kolon. Namun anda perlu ingat bahwa lemak pada ayam terletak pada bagian kulitnya. Jadi sebisa mungkin jauhi kulit ayam.

  • Teh

Teh hijau maupun teh hitam memiliki senyawa antioksidan yang dapat mencegah munculnya kanker. Selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita. Dengan cara minum dua cangkir teh setiap hari dapat mengurangi terjadinya kanker kolon. Namun sebaiknya anda tidak menggunakan gula terlalu banyak, karena gula yang berlebihan justru dapat menyebabkan penyakit yang lain seperti diabetes.

  • Bawang
bawang putih dan bawang merah

bawang putih dan bawang merah

Bawang putih dan bawang merah mengandung sulfida yang dapat menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh kita. Dengan cara mengkonsumsi 1 sampai 2 siung bawang setiap minggunya dapat mengurangi resiko terjadinya kanker kolon sebanyak 32%. Maka dari itu biasakan mengkonsumsi bawang baik itu bawang putih maupun bawang merah setiap hari.

1 comment for “Upaya Serta Makanan Yang Baik Untuk Mencegah Kanker Colon

  1. Pingback: Dennis

Comments are closed.