Vitamin C Untuk Mencegah Stroke

Vitamin C dalam bentuk tablet

Vitamin C dalam bentuk tablet

Semua orang membutuhkan asupan vitamin C untuk menjaga kesehatan tubuhnya. Karena selain sebagai antioksidan, vitamin C ternyata juga dapat mencegah penyakit stroke.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa mereka yang mengkonsumsi vitamin C dalam dosis yang tinggi ternyata memiliki tingkat resiko 40% lebih kecil terserang penyakit stroke bila dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar vitamin C yang rendah.

Penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan bernama Dr. Phyo K. Myint dari Inggris ini diterbitkan dalam jurnal kesehatan yaitu American Journal of Nutrition.

Dr. Phyo K, Myint menegaskan bahwa hasil penelitian tersebut menjadi bkti kuat bahwa mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin C secara konsisten, sangat berguna dalam melindungi diri dari bahaya stroke.

Mengkonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi tetap diperbolehkan, asal jumlahnya tetap terbatas serta tidak terlalu menggantungkan asupan vitamin C hanya dari suplemen.

penyebab stroke

penyebab stroke

Sebab, vitamin C yang berasal dari suplemen kemungkinan bisa saja tidak alami akibat dari banyaknya campuran zat-zat yang lain sehingga kandungan vitamin C dalam suplemen menjadi sedikit sekali.

Kadar vitamin C yang tinggi justru terdapat pada buah dan sayuran segar alami yang sangat bermanfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal berbagai radikal bebas dalam tubuh kita.

Berbagi radikal bebas di dalam tubuh kita berpotensi untuk merusak sel DNA dalam tubuh kita yang dapat menyebabkan penuaan dini serta munculnya berbagi penyakit kronis. Antioksidan diduga mampu melindungi tubuh kita dari penumpukan lemak pada pembuluh darah yang nantinya dapat memicu munculnya serangan penyakit stroke.

Dengan tercukupinya kebutuhan vitamin C serta diikuti dengan pola hidup yang sehat, tentu manfaatnya akan semakin baik bagi kesehatan kita.

Buah-buahan dan sayuran segar memiliki kandungan vitamin yang banyak sekali untuk menunjang kesehatan kita. Namun sayangnya setiap buah memiliki kandungan vitamin C yang berbeda.

buah-buahan

buah-buahan yang mengandung vitamin C

Berbagai jenis buah dan sayuran yang mengandung vitamin C adalah:

  • Jambu Biji

Dalam 100 gram buah jambu biji mengandung vitamin C sebanyak 116 mg.  Selain itu, jambu biji mengandung banyak nutrisi yang lain seperti karbohidrat, zat besi, fosfor, protein serta kalsium. Selain menyediakan banyak vitamin C, jambu biji dapat mengontrol gula darah, maag, serta dapat mencegah kanker.

  • Pepaya

Dalam buah pepaya yang beratnya sekitar 157 gram mengandung vitamin C sebesar 95,6 mg. Selain itu pepaya juga akan memberikan berbagai nutrisi yang lain seperti vitamin A, asam folat dan juga serat yang baik untuk pencernaan.

  • Paprika

Satu cangkir paprika merah mengandung vitamin C sebesar 190,3 mg. Sedangkan secangkir paprika hijau mengandung vitamin C sebanyak 119,8 mg vitamin C. Selain itu paprika juga memberikan berbagai nutrisi lain yang diperlukan oleh tubuh kita untuk menunjang kesehatan kita.

  • Brokoli

Satu porsi brokoli mengandung vitamin C sebanyak 132 mg. Sebaiknya brokoli diolah dengan cara dikukus, agar semua vitamin serta nutrisi yang terdapat di dalam brokoli tidak hancur atau hilang selama proses pemasakan.

  • Kubis

Sayuran kubis juga mengandung vitamin C. Dalam 2 cangkir kubis terdapat 160,8 mg vitamin C  yang baik untuk kesehatan tubuh kita. Selain itu, kubis juga akan memberikan berbagai nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita seperti vitamin A, K serta serat yang baik untuk kesehatan pencernaan.

  • Stroberi

Stroberi merupakan salah satu keluarga buah berry mengandung vitamin C cukup tinggi. Dalam satu cangkir buah stroberi mengandung 86,5 mg vitamin C, sehingga baik untuk menjaga kesehatan kita.

  • Buah Kiwi

Buah kiwi yang berukuran sebesar telur ayam atau berdiameter 4,5 sampai 5,5 cm mengandung banyak vitamin C dan juga serat yang baik untuk kesehatan tubuh dan organ pencernaan kita. Satu buah kiwi mengandung vitamin C sebesar 137,2 mg. Untuk mendapatkan semua manfaatnya untuk kesehatan kita konsumsilah 1 buah kiwi secara rutin setiap hari.

  • Grapefruit

Grapefruit masih satu keluarga dengan jeruk, sehingga grapefruit juga mengandung vitamin C. Selain itu grapefruit juga mengandung air dan serat yang baik untuk kesehatan tubuh serta kesehatan organ pencernaan.