Waspada Terhadap Rasa Nyeri

bagian tubuh yang sering terasa nyeri

bagian tubuh yang sering terasa nyeri

Rasa sakit seperti nyeri yang timbul pada bagian tubuh kita terkadang dating secara mendadak. Kita sering beranggapan bahwa rasa sakit seperti nyeri mendadak merupakan hal yang biasa karena biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, ternyata ada beberapa rasa sakit seperti nyeri yang datang secara mendadak yang perlu kita waspadai. Sebab, rasa nyeri yang datang secara mendadak bisa saja merupakan sebagian pertanda dari suatu penyakit tertentu.

Maka dari itu, jika tiba-tiba anda merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu, sebaiknya anda lebih waspada terhadap rasa nyeri tersebut serta memberitahukan apa yang anda rasakan pada dokter ahli sesegera mungkin.

Di bawah ini adalah beberapa rasa sakit seperti nyeri mendadak yang perlu kita waspadai:

  • Rasa nyeri yang menusuk di antara tulang belikat

Kemungkinan terburuk: serangan jantung

serangan jantung

serangan jantung

Ada sekitar 30% orang yang mengalami serangan jantung yang tidak segera ditangani. Rasa nyeri di antara tulang belikat juga terkadang sering dialami oleh para wanita. Rasa nyeri yang muncul terkadang merembet sampai ke rahang, menyebabkan sesak napas serta mual.

Bila anda pernah mengalami rasa nyeri di antara tulang belikat disertai dengan gejala lain seperti sesak napas, nyeri sampai ke rahang dna disertai mual, sebaiknya anda perlu segera berkonsultasi pada dokter ahli.

Nyeri otot biasa umumnya terasa sedikit menyengat. Namun, serangan jantung terasa seperti dihunjam pisau. Bila anda merasakan nyeri yang seperti itu, segera cari pertolongan. Jangan memaksakan diri untuk menyetir mobil anda ke rumah sakit sendiri, sebaiknya panggil orang lain untuk mengantar anda ke rumah sakit terdekat.

  • Rasa nyeri mendadak di kepala

Kemungkinan terburuk : pecahnya aneurisma

aneurismaPastinya kita sering mengalami sakit kepala baik ringan maupun sedang. Mengkonsumsi obat sakit kepala biasa yang dijual dipasaran akan mengurangi rasa sakitnya. Namun bila anda merasa sakit kepala disertai nyeri yang datang secara mendadak. Anda pasti berpikir, bisa saja itu gejala migraine.

Migraine biasanya disertai dengan gejala seperti mual-mual, sensitive terhadap cahaya dan suara serta rasa sakitnya akan berkembang secara perlahan.

Kemungkinan terburuk, bisa saja rasa nyeri dikepala yang dating secara tiba-tiba yang rasanya seperti tersambar petir disebabkan oleh pecahnya aneurisma. Pendarahan pada otak karena pecahnya aneurisma memang jarang sekali terjadi. Namun bila sampai terjadi, tindakan yang bisa dilakukan hanyalah operasi dengan menutup kembali daerah yang lemah.

Bila pecahnya aneurisma tidak segera ditangani, anda bisa saja meninggal. Karena dengan adanya pendarahan pada organ otak maka pengobatan akan semakin sulit dilakukan.

Bila anda merasa sakit kepala disertai nyeri yang dating secara tiba-tiba , jangan biasakan untuk mengkonsumsi aspirin. Aspirin justru semakin meningkatkan terjadinya pendarahan.

  • Rasa nyeri dibagian perut bawah sebelah kanan

Kemungkinan terburuk : apendisitis atau radang usus buntu

Apendisitis atau radang usus buntu biasanya disertai dengan rasa nyeri yang dimulai di bagian tengah perut yang secara bertahap bergerah ke bagian kanan. Bila usus buntu sampai pecah, nantinya akan menyebabkan munculnya komplikasi yang berbahaya karena bakteri yang ada dalam usus buntu akan masuk kedalam aliran darah dan menginfeksi seluruh tubuh.

Untuk menguji apakah rasa nyeri yang anda rasakan karena apendisitis atau bukan, cobalah untuk menekan perut anda. Perut akan terasa nyeri saat tekanan dilepas. Tes yang lain adalah mengangkat lutut anda sampai ke kepala lalu biarkan orang lain menekan otot bawah perut. Bila anda merasakan sakit, bisa jadi usus buntu anda sudah mengalami iritasi.

  • Nyeri gigi yang dapat membangunkan tidur anda

Kemungkinan terburuk : kertak gigi

Menggeretakkan gigi saat tidur terkadang terjadi tanpa kita sadari. Kebiasaan menggertakkan gigi saat tidur akan menyebabkan berbagai saraf dalam gigi mengalami peradangan serta dapat menghilangkan enamel atau pelindung gigi.

Bisa saja menggertakkan gigi sampai ke akarnya saat tidur, yang nantinya akan mengarah ke ekstraksi. Sebaiknya segera hubungi dokter gigi anda untuk mengetahui rasa nyeri yang timbul dibagian gigi. Cara pencegahan adalah dengan menggunakan pelindung gigi khusus saat tidur.

  • Nyeri punggung bagian tengah dan disertai demam

Kemungkinan terburuk : infeksi ginjal

nyeri karena infeksi ginjal

nyeri karena infeksi ginjal

Infeksi ginjal juga bisa menyebabkan seseorang merasakan demam, mual serta rasa nyeri dibagian punggung. Sebagian orang menganggap sensasi tidak enak seperti itu hanyalah gangguan perut biasa.

Kondisi seperti itu bisa saja terjadi bila bakteri yang telah berada di saluran kemih masuk dan menyebar ke ginjal, sehingga menyebabkan infeksi yang kondisinya akan semakin parah. Gejala dari infeksi ginjal kemungkinan dimulai dengan adanya infeksi pada saluran kemih, seperti rasa sakit yang terjadi saat buang air kecil.

Wanita lebih rentan terserang infeksi ginjal. Bila infeksi ginjal tidak segera diobati, bisa saja ginjal anda akan mati.

  • Rasa nyeri dan kram saat menstruasi

Kemungkinan terburuk : endometriosis

Bila konsumsi obat-obatan pereda rasa nyeri tidak mempan ketika and amerasakan nyeri saat menstruasi, bisa jadi anda mengalami endometriosis. Endometriosis adalah lapisan Rahim yang tumbuh ditempat lain.

Endometriosis dapat menghambat kesuburan serta sering terjadi. Sekitar 40 sampai 60% wanita di masa menstruasi sering mengalami hal seperti rasa nyeri saat menstruasi yang kemungkinan juga mengalami gangguan pada kesuburan. Bila rasa nyeri terus berlanjut meskipun anda tidak dalam siklus menstruasi, maka anda diharuskan untuk menjalani pembedahan jaringan.

  • Rasa nyeri di bagian betis

Kemungkinan terburuk : deep vein thrombosis atau DVT

ilustrasi DVTBila anda sering merasakan nyeri yang mendadak di bagian betis, anda bisa saja mengalami DVT, yaitu semacam pembekuan darah di vena dalam. Bagian yang mengalami pembekuan darah akan tampak merah serta ada rasa hangat ketika tersentuh tangan. DVT kemungkinan terjadi apabila anda mengkonsumsi pil KB atau setelah menempuh perjalanan jauh.

Apabila betis anda terasa nyeri yang snagat parah dan disertai bengkak, sebaiknya anda menunggu selama 1 hari untuk mendatangi dokter. Sebaiknya anda perlu berhati-hati karena gumpalan darah di kaki dapat tumbuh semakin besar dan bahkan bisa pecah. Gumpalan darah itu dapat bergerak mengarah ke paru-paru nantinya akan menghentikan aliran darah. Hal seperti ini nantinya akan mempengaruhi jantung serta dapat menyebabkan serangan jantung mendadak. Bila mempengaruhi organ otak nantinya akan menyebabkan stroke.